Bagaimana cara memilih pisang yang matang?

Suka makan pisang? Seringkali saat memilih pisang, buah belum matang dan kadang tidak manis.

image

  1. Lihat dari warna kulitnya

Tips pertama yang dapat Anda coba dalam memilih buah pisang adalah dengan memeriksa warna kulitnya. Pilihlah pisang yang berwarna kuning cerah karena hal ini merupakan indikasi buah sudah matang dengan sempurna. Jangan hindari buah pisang dengan kulit kuning berbintik coklat, ya! Kenapa? Karena pisang dengan kondisi tadi memiliki rasa yang lebih manis dibanding dengan pisang berkulit kuning mulus.

  1. Perhatikan tandan pisang

Selain kulit, yang dapat Anda perhatikan sebelum membeli pisang adalah kondisi tandannya. Pilihlah tandan pisang yang berwarna hijau karena ini menandakan pisang masih dalam keadaan segar dan baru dipanen. Jika warnanya sudah berubah menjadi hijau kecoklatan dan terlihat kering, dapat dipastikan bahwa pisang sudah tidak terlalu segar.

  1. Periksa teksturnya

Tips lainnya dalam memilih buah pisang yang bagus adalah dengan memegang atau menekan pisang. Anda harus cermat, lho! Karena jika pisang terasa keras, maka bisa dipastikan bahwa buah masih mentah dan belum layak dikonsumsi. Di sisi lain, jika terasa lembek, maka buah tergolong over riped atau terlalu matang. Membingungkan, ya!

Solusinya; pilihlah pisang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika tujuannya untuk dikonsumsi langsung, maka pilihlah pisang dengan tekstur yang agak lembek. Namun, jika berniat untuk mengolah pisang menjadi jenis makanan lain, maka pisang dengan tekstur yang agak keras bisa menjadi opsi ideal Anda.

  1. Lihat tanda-tanda kerusakan pada kulit pisang

Hindari membeli pisang dengan kulit yang hancur atau rusak. Mengapa? Karena hal tersebut menunjukkan bahwa pisang disimpan dalam kondisi yang kurang ideal. Selain itu, kerusakan pada kulit juga mengindikasikan bahwa pisang tidak matang secara merata atau mengalami proses ‘pengarbitan’.

  1. Pilihlah pisang yang disimpan di udara terbuka

Sebaiknya, Anda memilih pisang yang disimpan di udara terbuka. Hindari membeli pisang yang disimpan di kondisi yang terlalu panas atau terlalu dingin karena buah yang satu ini terbilang sensitif terhadap suhu ekstrem.

Referensi: