Bagaimana Cara memilih parfum aroma buah?

Cara memilih parfum aroma buah

Bagaimana Cara memilih parfum aroma buah?

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita kerap berkeringat karena tingginya suhu udara. Tubuh yang berkeringat menyebabkan kita merasa gerah dan tidak fresh. Karena itu, kita membutuhkan parfum untuk menyegarkan tubuh, terutama yang beraroma buah. Namun, parfum beraroma buah atau fruity jumlahnya tak terhitung. Mungkinkah Anda kebingungan dalam memilih parfum fruity yang sesuai?

Tak usah khawatir karena kali ini kami akan membahas cara memilih parfum berkualitas yang aroma buah.

Karakteristik parfum aroma buah


Karakteristik parfum aroma buah

Parfum aroma buah atau fruity mengambil inspirasi wanginya dari buah atau kombinasi berbagai macam buah. Contoh beberapa buah yang sering muncul dalam parfum ini adalah peach, stroberi, ceri, dan coconut. Umumnya, parfum aroma buah memiliki karakteristik fresh, ceria, dan energizing. Karena itu, parfum ini cocok dipakai saat cuaca sedang panas. Selain itu, wanginya juga membangkitkan semangat sehingga pas menemani Anda melakukan aktivitas outdoor.

Namun, karena karakteristiknya tersebut, wangi parfum aroma buah terkadang memiliki kesan seperti anak muda. Hal ini menyebabkan parfum ini tidak terlalu populer dikalangan usia yang lebih dewasa. Akan tetapi, sekarang ini, formula parfum fruity sudah lebih inovatif sehingga anggapan tersebut hilang. Aroma buah yang dipadukan dengan aroma floral, woody, atau musk dapat menciptakan kesan yang tidak selalu fresh dan youthful. Kemungkinannya tak terbatas!

Sebelum mengintip produk rekomendasi kami, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih parfum aroma buah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan parfum yang sesuai keinginan dan antigagal.

Pilih berdasarkan kekuatan wanginya


Kekuatan wangi parfum dipengaruhi oleh konsentrasi fragrance oil yang terkandung di dalam parfum. Semakin tinggi konsentrasinya, maka semakin lama pula wanginya akan bertahan di tubuh Anda.

1. Eau de parfum : keharuman yang bertahan 4-6 jam

Eau de parfum : keharuman yang bertahan 4-6 jam

Eau de parfum atau EDP mengandung tingkat konsentrasi fragrance oil sebanyak 10-15%. Berkat konsentrasinya yang tinggi, harum dari EDP dapat bertahan selama 4-6 jam di tubuh Anda. Namun, karena hal itu juga, harga EDP cenderung lebih mahal dibanding tipe parfum lain yang konsentrasinya rendah.

Akan tetapi, bila Anda mencari parfum yang wanginya cukup tahan lama, EDP bisa menjadi pilihan. Sebab, walaupun wanginya sedikit kuat saat pertama disemprotkan, aroma EDP perlahan akan melembut menjadi harum yang nyaman di hidung. Ditambah lagi, harum ini akan bersama Anda lebih lama. Tidak perlu sering-sering memakainya ulang!

2. Eau de toilette : wanginya awet selama 2-3 jam

Eau de toilette : wanginya awet selama 2-3 jam

Tipe parfum selanjutnya adalah eau de toilette atau EDT. Kandungan fragrance oil dalam EDT berkisar antara 4-15%. Walaupun harumnya tidak setahan lama EDP, parfum ini cenderung lebih ringan aromanya sehingga sangat sesuai untuk pemakaian sehari-hari.

Biasanya, formula EDT mengandung lebih banyak alkohol dibandingkan dengan fragrance oil. Karena itu, wanginya akan memudar lebih cepat dibanding EDP, yaitu 2-3 jam setelah pemakaian. EDT cocok bagi Anda yang menginginkan parfum dengan wangi tidak terlalu kuat dan lebih soft.

3. Body spray & mist : aroma yang melekat selama 2 jam

Body spray & mist : aroma yang melekat selama 2 jam

Tidak seperti dua tipe parfum sebelumnya, body spray dan mist memiliki kadar air dan alkohol jauh lebih banyak dibanding fragrance oil. Kandungan fragrance oil pada body spray yang hanya sekitar 2-5%, menyebabkan wanginya memudar setelah 2 jam pemakaian. Kadar air dan alkohol yang tinggi juga membuat teksturnya sangat cair seperti air. Itulah sebabnya, body spray dan mist sebagian besar dijual dalam botol spray berkapasitas besar.

Harganya yang terjangkau dan kapasitas kemasan yang besar adalah salah satu keunggulan parfum ini. Selain itu, wanginya juga sangat ringan sehingga tak perlu khawatir bila Anda ingin memakainya berulang-ulang.

Pilih berdasarkan kesan yang ingin ditunjukkan


Bergantung dari wangi lain yang terkandung di dalamnya, parfum aroma buah bisa menimbulkan kesan berbeda. Tidak melulu fresh dan ceria, apa saja kesan lain yang dapat ditimbulkannya? Cek penjelasan di bawah ini!

1. Kombinasi aroma buah dan citrus untuk kesan youthful

Kombinasi aroma buah dan citrus untuk kesan youthful

Apakah Anda berpikir aroma citrus juga termasuk ke dalam aroma fruity? Memang, umumnya, jeruk atau lemon juga termasuk ke dalam kategori buah-buahan. Namun ternyata, kedua aroma tersebut jatuh ke dalam dua kategori yang berbeda, lho. Aroma citrus memiliki karakteristik utama asam, tangy, dan zesty yang membedakannya dari aroma fruity.

Akan tetapi, bukan berarti kedua wangi tersebut tidak bisa bersatu. Malah, banyak terdapat parfum aroma buah yang mengandung citrus tone seperti grapefruit, lemon, atau jeruk nipis. Perpaduan dua wangi yang segar dan terkesan bersemangat ini membuat parfum terkesan youthful. Sangat sesuai bagi Anda yang aktif dan gemar melakukan kegiatan di luar ruangan.

2. Kombinasi aroma buah dan bunga untuk kesan feminin

Kombinasi aroma buah dan bunga untuk kesan feminin

Bila ingin terkesan feminin, parfum kombinasi aroma buah dan bunga tidak boleh ketinggalan. Aroma buah seperti stroberi dan ceri kerap dipadukan dengan jasmine, lili, atau mawar untuk menciptakan kesan feminin. Saking femininnya, sebagian besar parfum dengan kombinasi aroma ini dibuat untuk wanita, lho!

Selanjutnya, semakin kaya kandungan aroma lain di dalamnya, semakin luas juga kemungkinan kesan yang bisa ditimbulkan oleh parfum. Parfum aroma buah yang dilabeli fresh juga bisa menjadi sensual dan flirty dengan kombinasi wangi bunga tertentu.

3. Kombinasi aroma buah dan gourmand note untuk kesan sweet

Kombinasi aroma buah dan gourmand note untuk kesan sweet

Kabar gembira bagi Anda pencinta wewangian beraroma sweet! Kini, Anda bisa menambahkan parfum fruity yang juga sweet ke jajaran koleksi Anda. Pilih saja parfum fruity yang memiliki kandungan gourmand notes!

Gourmand notes biasa juga disebut sebagai edible notes. Ciri khasnya yaitu memiliki wangi yang berasal dari bahan-bahan makanan, contohnya vanilla, cokelat, dan permen. Bagi penyuka aroma-aroma tersebut, kemungkinan besar Anda juga akan menyukai parfum perpaduan fruity dan gourmand.

4. Kombinasi aroma buah dan woody note untuk kesan maskulin

Kombinasi aroma buah dan woody note untuk kesan maskulin

Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan maskulin dengan parfum aroma buah, carilah parfum dengan woody note. Contoh wewangian yang termasuk ke dalam woody note adalah sandalwood, almond, dan kayu cemara. Di dunia parfum generasi baru, elemen buah yang manis dicampur dengan aroma almon, sandalwood, dan sedikit hint aroma floral. Hasilnya adalah wewangian pria yang sensual. Ternyata, parfum aroma buah tidak hanya mampu memberikan kesan cheerful, ya!

Pilih aroma yang uniseks bila ingin berbagi dengan pasangan


Pilih aroma yang uniseks bila ingin berbagi dengan pasangan

Seiring berkembangnya gender-neutral beauty, kini ide tentang parfum yang sepenuhnya maskulin atau feminin mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, merek-merek parfum ternama mulai mengeluarkan seri parfum yang cocok dipakai oleh pria maupun wanita.

Keunggulan parfum uniseks adalah dapat disesuaikan dengan karakter siapa saja yang memakainya. Misalnya, bila Anda wanita yang kurang menyukai note-note yang dianggap girly, Anda bisa memakai parfum uniseks sebagai alternatifnya. Begitu pula dengan pria yang tidak ingin wewangian yang terlalu maskulin, parfum inilah solusinya. Harumnya yang terkesan genderless membuat Anda bisa sharing parfum ini bersama pasangan, lho!

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita kerap berkeringat karena tingginya suhu udara. Tubuh yang berkeringat menyebabkan kita merasa gerah dan tidak fresh . Karena itu, kita membutuhkan parfum untuk menyegarkan tubuh, terutama yang beraroma buah. Namun, parfum beraroma buah atau fruity jumlahnya tak terhitung.

Karakteristik parfum aroma buah

Parfum aroma buah atau fruity mengambil inspirasi wanginya dari buah atau kombinasi berbagai macam buah. Contoh beberapa buah yang sering muncul dalam parfum ini adalah peach , stroberi, ceri, dan coconut . Umumnya, parfum aroma buah memiliki karakteristik fresh , ceria, dan energizing . Karena itu, parfum ini cocok dipakai saat cuaca sedang panas. Selain itu, wanginya juga membangkitkan semangat sehingga pas menemani Anda melakukan aktivitas outdoor .

Namun, karena karakteristiknya tersebut, wangi parfum aroma buah terkadang memiliki kesan seperti anak muda. Hal ini menyebabkan parfum ini tidak terlalu populer dikalangan usia yang lebih dewasa. Akan tetapi, sekarang ini, formula parfum fruity sudah lebih inovatif sehingga anggapan tersebut hilang. Aroma buah yang dipadukan dengan aroma floral , woody , atau musk dapat menciptakan kesan yang tidak selalu fresh dan youthful . Kemungkinannya tak terbatas!

Cara memilih parfum aroma buah

Sebelum mengintip produk rekomendasi kami, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih parfum aroma buah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan parfum yang sesuai keinginan dan antigagal.

1. Pilih berdasarkan kekuatan wanginya

Kekuatan wangi parfum dipengaruhi oleh konsentrasi fragrance oil yang terkandung di dalam parfum. Semakin tinggi konsentrasinya, maka semakin lama pula wanginya akan bertahan di tubuh Anda.

a. Eau de parfum : keharuman yang bertahan 4-6 jam

Eau de parfum atau EDP mengandung tingkat konsentrasi fragrance oil sebanyak 10-15%. Berkat konsentrasinya yang tinggi, harum dari EDP dapat bertahan selama 4-6 jam di tubuh Anda. Namun, karena hal itu juga, harga EDP cenderung lebih mahal dibanding tipe parfum lain yang konsentrasinya rendah.

Akan tetapi, bila Anda mencari parfum yang wanginya cukup tahan lama, EDP bisa menjadi pilihan. Sebab, walaupun wanginya sedikit kuat saat pertama disemprotkan, aroma EDP perlahan akan melembut menjadi harum yang nyaman di hidung. Ditambah lagi, harum ini akan bersama Anda lebih lama. Tidak perlu sering-sering memakainya ulang!

b. Eau de toilette : wanginya awet selama 2-3 jam

Tipe parfum selanjutnya adalah eau de toilette atau EDT. Kandungan fragrance oil dalam EDT berkisar antara 4-15%. Walaupun harumnya tidak setahan lama EDP, parfum ini cenderung lebih ringan aromanya sehingga sangat sesuai untuk pemakaian sehari-hari.

Biasanya, formula EDT mengandung lebih banyak alkohol dibandingkan dengan fragrance oil . Karena itu, wanginya akan memudar lebih cepat dibanding EDP, yaitu 2-3 jam setelah pemakaian. EDT cocok bagi Anda yang menginginkan parfum dengan wangi tidak terlalu kuat dan lebih soft .

c. Body spray & mist : aroma yang melekat selama 2 jam

Tidak seperti dua tipe parfum sebelumnya, body spray dan mist memiliki kadar air dan alkohol jauh lebih banyak dibanding fragrance oil . Kandungan fragrance oil pada body spray yang hanya sekitar 2-5%, menyebabkan wanginya memudar setelah 2 jam pemakaian. Kadar air dan alkohol yang tinggi juga membuat teksturnya sangat cair seperti air. Itulah sebabnya, body spray dan mist sebagian besar dijual dalam botol spray berkapasitas besar.

Harganya yang terjangkau dan kapasitas kemasan yang besar adalah salah satu keunggulan parfum ini. Selain itu, wanginya juga sangat ringan sehingga tak perlu khawatir bila Anda ingin memakainya berulang-ulang.

2. Pilih berdasarkan kesan yang ingin ditunjukkan

Bergantung dari wangi lain yang terkandung di dalamnya, parfum aroma buah bisa menimbulkan kesan berbeda. Tidak melulu fresh dan ceria, apa saja kesan lain yang dapat ditimbulkannya? Cek penjelasan di bawah ini :

a. Kombinasi aroma buah dan citrus untuk kesan youthful

Apakah Anda berpikir aroma citrus juga termasuk ke dalam aroma fruity ? Memang, umumnya, jeruk atau lemon juga termasuk ke dalam kategori buah-buahan. Namun ternyata, kedua aroma tersebut jatuh ke dalam dua kategori yang berbeda, lho. Aroma citrus memiliki karakteristik utama asam, tangy , dan zesty yang membedakannya dari aroma fruity . Akan tetapi, bukan berarti kedua wangi tersebut tidak bisa bersatu. Malah, banyak terdapat parfum aroma buah yang mengandung citrus tone seperti grapefruit , lemon, atau jeruk nipis. Perpaduan dua wangi yang segar dan terkesan bersemangat ini membuat parfum terkesan youthful . Sangat sesuai bagi Anda yang aktif dan gemar melakukan kegiatan di luar ruangan.

b. Kombinasi aroma buah dan bunga untuk kesan feminin

Bila ingin terkesan feminin, parfum kombinasi aroma buah dan bunga tidak boleh ketinggalan. Aroma buah seperti stroberi dan ceri kerap dipadukan dengan jasmine , lili, atau mawar untuk menciptakan kesan feminin. Saking femininnya, sebagian besar parfum dengan kombinasi aroma ini dibuat untuk wanita, lho!

Selanjutnya, semakin kaya kandungan aroma lain di dalamnya, semakin luas juga kemungkinan kesan yang bisa ditimbulkan oleh parfum. Parfum aroma buah yang dilabeli fresh juga bisa menjadi sensual dan flirty dengan kombinasi wangi bunga tertentu.

c. Kombinasi aroma buah dan gourmand note untuk kesan sweet

Kabar gembira bagi Anda pencinta wewangian beraroma sweet ! Kini, Anda bisa menambahkan parfum fruity yang juga sweet ke jajaran koleksi Anda. Pilih saja parfum fruity yang memiliki kandungan gourmand notes !

Gourmand notes biasa juga disebut sebagai edible notes . Ciri khasnya yaitu memiliki wangi yang berasal dari bahan-bahan makanan, contohnya vanilla , cokelat, dan permen. Bagi penyuka aroma-aroma tersebut, kemungkinan besar Anda juga akan menyukai parfum perpaduan fruity dan gourmand .

d. Kombinasi aroma buah dan woody note untuk kesan maskulin

Bagi Anda yang ingin menampilkan kesan maskulin dengan parfum aroma buah, carilah parfum dengan woody note . Contoh wewangian yang termasuk ke dalam woody note adalah sandalwood , almond, dan kayu cemara. Di dunia parfum generasi baru, elemen buah yang manis dicampur dengan aroma almon, sandalwood , dan sedikit hint aroma floral. Hasilnya adalah wewangian pria yang sensual. Ternyata, parfum aroma buah tidak hanya mampu memberikan kesan cheerful , ya!

3. Pilih aroma yang uniseks bila ingin berbagi dengan pasangan

Seiring berkembangnya gender-neutral beauty , kini ide tentang parfum yang sepenuhnya maskulin atau feminin mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, merek-merek parfum ternama mulai mengeluarkan seri parfum yang cocok dipakai oleh pria maupun wanita.

Keunggulan parfum uniseks adalah dapat disesuaikan dengan karakter siapa saja yang memakainya. Misalnya, bila Anda wanita yang kurang menyukai note-note yang dianggap girly , Anda bisa memakai parfum uniseks sebagai alternatifnya. Begitu pula dengan pria yang tidak ingin wewangian yang terlalu maskulin, parfum inilah solusinya.