Bagaimana cara memilih metode yang benar untuk melakukan customer research?

Sebelum melakukan customer research, ada baiknya kita menentukan metode customer research yang sesuai. Bagaimana cara menentukannya?

Customer research yang direncanakan dengan baik dan akurat akan membantu dalam membuat keputusan yang cerdas tentang bagaimana memasarkan dan memposisikan bisnis. Memilih metode yang tepat untuk customer research akan membantu dalam menjawab pertanyaan penting tentang pelanggan.

Mengidentifikasi Tujuan Research

Untuk memilih mretode research yang benar, kita harus dapat mengidentifikasi secara jelas tujuan dari melakukan research. Berikut adalah contoh dari tujuan research yang dapat dijadikan referensi :
Kita akan dapat :

  • Mencari tahu kebutuhan pelanggan
  • Mencari tahu preferensi pelanggan
  • Mencari cara bagaimana membuat pelanggan sadar akan produk dan layanan yang ditawarkan
  • Mencari cara untuk mengetahui apa yang memotivasi pelanggan untuk membeli produk kita
  • Mencari cara bagaimana meningkatkan perubahan atau mengubah produk atau layanan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan

Menemukan Metode Research Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pelanggan

Setelah mengidentifikasi hal-hal yang harus kita tahu, lalu tanyakan pada diri sendiri apakah metode research yang diinginkan akan memberikan semua informasi tersebut. Berikut terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan identifikasi research method yang akan digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dengan mengikuti kaidah 7Ps bagi pemasaran yang dapat mempengaruhi bisnis yaitu, product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence.

Product
image

Price
image

Promotion
image

Place
image

People
image

Process
image

Physical Evidence
image

Sumber :
https://www.business.qld.gov.au/starting-business/planning/market-customer-research/researching-customers/right-methods