Bagaimana cara memilih masker wajah?

cara memilih masker wajah

Masker wajah merupakan bagian dari perawatan wajah berkala yang dibuat dari berbagai macam bahan-bahan dengan kelebihannya masing-masing. Ragam masker wajah tergantung pada jenis dan masalah kulit. Contohnya seperti masker wajah untuk kulit kering yang bertujuan membantu menghidrasi dan mengembalikan kelembaban kulit, atau masker bervitamin untuk membantu mencerahkan kulit kusam. Masker tidak harus digunakan setiap hari, cukup 1-2 kali saja setiap minggu.

Bagaimana cara memilih masker wajah?

Tentunya semua orang pasti ingin memiliki kulit yang cantik, cerah, dan terawat. Berbagai macam produk perawatan kecantikan banyak dijual, salah satunya adalah masker wajah. Dengan masker wajah, Anda dapat terbebas dari permasalahan kulit, seperti kulit kering, kusam, atau keriput karena faktor usia.

Masker wajah ada yang berbentuk oles, gel, ada pula yang berbentuk lembaran atau krim yang terkadang membuat Anda bingung memilih yang mana.

Untuk memilih masker wajah yang baik, ada beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut.

Pilihlah masker sesuai dengan tipe kulit Anda


Masker wajah dalam kemasan biasanya memiliki berbagai macam efek. Selanjutnya, kami akan memperkenalkan jenis masker apa saja yang dapat dipilih sesuai dengan kualitas kulit Anda, termasuk masker mana saja yang sebaiknya dihindari. Silakan disimak.

1. Untuk kulit kering, pilih jenis masker gel yang memiliki kombinasi pelembap

Untuk kulit kering, pilih jenis masker gel yang memiliki kombinasi pelembap

Untuk Anda yang memiliki kulit kering dan keriput sebaiknya memilih masker yang memiliki banyak kandungan pelembap di dalamnya. Misalnya, tipe masker dengan kandungan asam hyaluronic, kolagen, ceramide, preteoglycan, ekstrak bunga camomile, dan lain sebagainya. Khususnya untuk tipe masker yang memiliki kandungan asam hyaluronic dan kolagen akan lebih kami rekomendasikan untuk Anda.

2. Untuk kulit sensitif dan kering, hindari penggunaan masker berkarbonasi atau masker tanah liat

Untuk kulit sensitif dan kering, hindari penggunaan masker berkarbonasi atau masker tanah liat

Kandungan bahan kolagen dan asam hyaluronic sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Sebaliknya, tipe masker yang mengurangi keratin kulit, seperti masker tanah liat dan masker berkarbonasi harus dihindari apabila Anda memiliki kulit kering. Selain itu, untuk kulit sensitif yang memiliki lapisan kulit yang tipis dan mudah iritasi, masker tipe karbonasi dan tanah liat juga tidak cocok digunakan.

3. Untuk kulit berminyak dan keratin berlebih, pilih masker tanah liat atau masker berkarbonasi

Untuk kulit berminyak dan keratin berlebih, pilih masker tanah liat atau masker berkarbonasi

Orang dengan tipe kulit berminyak sering kesulitan untuk mengontrol kandungan minyak berlebih di wajah sehingga mengakibatkan timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, jika kulit Anda berminyak sebaiknya pilihlah tipe masker tanah liat atau masker berkarbonasi yang mampu mengurangi keratin pada kulit Anda. Dengan demikian, kulit Anda yang berminyak akan menjadi lebih kesat dan tampak segar.

4. Pilih yang mudah digunakan. Untuk penggunaan yang praktis, pakailah masker tipe lembaran

Pilih yang mudah digunakan. Untuk penggunaan yang praktis, pakailah masker tipe lembaran

Biasanya masker wajah ada yang digunakan setiap hari atau seminggu sekali. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan masker juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Contohnya, apabila Anda menggunakan jenis masker oles, penting untuk memastikan bahwa masker tersebut mudah untuk dioleskan di wajah Anda.

Berdasarkan jenisnya, masker tipe oles memiliki perbedaan tekstur dan daya perataan yang juga berbeda pada kulit. Apabila terlalu kental, masker tipe oles akan susah untuk dipoleskan pada wajah. Namun sebaliknya, apabila terlalu banyak menggunakan air, masker tipe oles akan menjadi terlalu encer sehingga susah dipakai. Maka dari itu, pastikan Anda meracik masker dengan pas agar mudah untuk digunakan.

Selanjutnya, untuk masker tipe sheet atau lembaran, apabila bahannya mudah robek, Anda akan kesulitan memasangnya pada wajah. Sementara itu, apabila bungkus kemasannya susah untuk dibuka, Anda juga dapat berisiko merobek beberapa lembar masker sekaligus pada saat akan digunakan.

Apabila hanya melihat produknya saja, mungkin Anda akan kesulitan untuk memilih yang terbaik. Oleh sebab itu, perhatikan juga ulasan dari pembeli lain serta rating yang diberikan konsumen agar memudahkan Anda menemukan masker yang sesuai kebutuhan.

Pilihlah masker sesuai dengan masalah kulit Anda


Masker wajah memiliki beraneka macam tipe yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut akan kami uraikan penjelasannya.

1. Untuk melembapkan kulit, pilih tipe sheet atau lembaran

Untuk melembapkan kulit, pilih tipe sheet atau lembaran

Bagi Anda yang ingin menggunakan masker untuk melembapkan kulit, kami menyarankan Anda untuk memilih jenis masker sheet atau lembaran. Selain mampu melembapkan kulit, masker wajah berbentuk lembar tipis ini mudah digunakan dan lebih praktis.

Dengan menggunakan masker wajah tipe ini, Anda akan terbebas dari kulit kusam dan kering, atau kulit keriput karena faktor usia. Berbeda bahan lembaran maskernya, berbeda juga tingkat kenyamanan yang dihasilkan. Oleh karena itu, pastikan Anda mencoba beberapa produk sample masker lembaran terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakainya sebagai perawatan rutin wajah Anda.

2. Tipe krim: untuk memancarkan wajah Anda agar terlihat semakin berkilau ketika dirias

Tipe krim: untuk memancarkan wajah Anda agar terlihat semakin berkilau ketika dirias

Bagi Anda yang tidak terlalu memiliki banyak masalah pada permukaan kulit, tetapi tetap ingin melakukan perawatan wajah, masker tipe krim direkomendasikan untuk Anda.

Tipe masker berbentuk krim relatif lebih mild. Masker ini mampu membuat kulit Anda lebih cerah tanpa merusak kulit. Ditambah lagi, karena terdapat efek pelembap di dalamnya, masker ini mampu membuat kulit Anda terlihat semakin bersinar dan cantik ketika memakai riasan make up.

3. Ingin merawat kulit wajah agar terbebas dari kulit hitam, jerawat, dan bekas jerawat? Pilih masker tipe tanah liat

Ingin merawat kulit wajah agar terbebas dari kulit hitam, jerawat, dan bekas jerawat? Pilih masker tipe tanah liat

Masker jenis ini banyak mengandung bahan-bahan lumpur dan rumput laut yang kaya akan mineral. Kandungan mineral yang tinggi di dalamnya mampu menyerap kotoran sehingga masker ini cocok bagi Anda yang ingin terbebas dari kulit hitam, berjerawat, atau yang memiliki bekas jerawat. Karena noda pada kulit wajah Anda dapat terangkat dengan mudah, masker tipe tanah liat ini akan menjadikan kulit lebih cerah dan cantik.

4. Tipe gel: memiliki kandungan pelembap yang lebih banyak

Tipe gel: memiliki kandungan pelembap yang lebih banyak

Kaya akan asam hyaluronic dan kolagen, masker tipe gel ini memiliki kandungan pelembap yang tinggi dibandingkan masker tipe lainnya. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang sering merasa tidak cukup membersihkan riasan hanya dengan cairan pembersih make up saja. Uniknya lagi, apabila digunakan setelah didinginkan di dalam kulkas, masker berbentuk gel mampu memberikan efek relaksasi dan nyaman pada kulit Anda.

5. Masker karbonasi: untuk mengencangkan pori-pori dan mencerahkan kulit

Masker karbonasi: untuk mengencangkan pori-pori dan mencerahkan kulit

Tipe masker ini memiliki efek soda di dalamnya yang mampu meningkatkan metabolisme sel-sel kulit wajah Anda untuk sementara waktu. Hal tersebut membuat aliran darah pada wajah Anda menjadi semakin lancar.

Tipe karbonasi ini adalah jenis masker serbaguna yang efektif untuk mengurangi peradangan kulit, mengencangkan pori-pori, memutihkan, mencerahkan, serta menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

Pilihlah masker dengan harga yang sesuai. Apakah untuk penggunaan harian atau untuk perawatan khusus


Pilihlah masker dengan harga yang sesuai. Apakah untuk penggunaan harian atau untuk perawatan khusus

Bagi orang-orang yang menggunakan masker untuk penggunaan sehari-hari, tentunya harga merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan. Semakin banyak bahan kecantikan yang terkandung di dalam masker, semakin jelas pula efeknya pada kulit yang dapat terwujud. Akan tetapi, apabila harga masker terlalu mahal, biasanya Anda menjadi ragu untuk memakai atau membelinya. Selanjutnya, perhatikan juga apakah produk masker tersebut aman digunakan setiap hari atau lebih dikhususkan untuk produk perawatan yang hanya digunakan seminggu sekali.