Bagaimana cara memilih mangga yang manis?

Tips memilih buah mangga yang matang

  1. Cek batang mangga
    Sebaiknya pilih buah mangga yang batangnya tidak terlihat “digunting”. Cirinya adalah: bekas lubang batang terlihat dalam, tidak ada sisa batang yang masih melekat. Artinya mangga matang di pohon dan tidak di gunting saat dipetik.

  2. Lihat bentuknya
    Mangga yang bulat di bagian atas (bagian dekat batang) biasanya lebih manis dibandingkan mangga yang bentuknya gepeng dan lancip.

  3. Cek kulit mangga
    Pilih mangga yang kulitnya tipis. Mangga yang masih muda, kulitnya cenderung lebih tebal. Mangga matang, kulitnya juga sering terlihat bercak getah kehitaman di dekat batangnya.

Namun hati-hati, bercak hitam yang terlalu banyak menandakan mangga mulai busuk, apalagi jika terasa lembek saat dipegang.

1. Perhatikan warna dari buah mangga

Jenis warna seperti hijau, orange dan kuning tidak menentukan bahwa mangga tersebut matang dan manis. Beberapa jenis mangga ada yang matang dengan warna hijau, orange atau kuning. Seperti halnya buah harum manis yang warnanya hijau dan ada kuningnya di bagian pangkal, buah mangga kweni yang kuning ada juga mangga kemang yang ke merah merahan. Sebaiknya jangan terlalu bersandar terhadap warna. Butuh pengalaman banyak dan ketelitian yang ekstra jika ingin memilih mangga berdasarkan warnanya.

2. Tekan atau pijit buah mangga

Pilihlah buah buah mangga yang lembut ketika di tekan. Jangan memilih buah yang keras karena itu sudah pasti masih muda atau belum matang. Jangan pula memilih buah mangga yang terlalu lembek karena bisa saja buah tersebut sudah mulai membusuk.

3. Jangan memilih buah yang memiliki memar

Sistem pengepakan dan pengiriman buah mangga kadang kadang dilakukan secara ngawur. Banyak buah buahan memiliki memar gara gara sering dilempar pada saat proses pengiriman. Perlu diketahui pada saat dipetik, buah mangga belum terlalu empuk (masih agak keras tetapi sudah tua atau sudah saatnya panen) petani biasanya memperhitungkan tingkat kematangan dengan jarak tempuh dan lamanya waktu pada saat pengiriman. Diharapkan pada saat sampai di pasar atau super market buah itu sudah benar benar matang.