Bagaimana cara memilih makeup remover?

Bagaimana cara memilih makeup remover?

Menjaga kesehatan kulit bisa dimulai dengan memilih makeup remover yang tepat. Bagaimana cara memilih makeup remover?

Menjaga kesehatan kulit bisa dimulai dengan memilih makeup remover yang tepat. Jika Anda tidak membersihkan kulit secara benar, sisa makeup dan kotoran yang menempel akan menimbulkan masalah kulit pada kemudian hari. Saat ini, ada berbagai jenis makeup remover yang dibedakan dari teksturnya.

Supaya Anda dapat memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kami akan membagikan tips cara memilih makeup remover.

Supaya bisa menemukan produk yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih makeup remover.

Pilih berdasarkan jenis kulit


Sama seperti memilih skincare, Anda juga harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum memilih makeup remover. Tujuannya agar Anda dapat menemukan formula makeup remover yang pas sehingga terasa nyaman di kulit.

1. Bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah bahan kandungan yang ramah untuk kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah bahan kandungan yang ramah untuk kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya periksalah komposisi dari sebuah produk makeup remover terlebih dahulu. Hindari bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, seperti pewarna, pewangi, paraben, dan alkohol. Selain itu, akan lebih baik jika di dalamnya terdapat kandungan yang berfungsi untuk menenangkan kulit.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa keadaan kulit setiap orang berbeda-beda. Jika kulit Anda menunjukkan tanda-tanda iritasi, gatal, atau memerah setelah membersihkan wajah, hentikan pemakaian makeup remover tersebut.

2. Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Produk yang melembapkan sangat disarankan untuk kulit kering

Seperti yang Anda sudah ketahui, kulit kering membutuhkan pelembap dengan proporsi yang lebih besar dibandingkan jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat mencari makeup remover dengan kandungan glycerin, tocopheryl acetate, olive oil, jojoba oil, hyaluronic acid, dan castor oil yang memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi.

Kandungan-kandungan tersebut juga akan meminimalkan rasa kering dan kesat yang mungkin muncul pada kulit setelah membersihkan makeup. Namun, jika Anda tidak sempat memeriksa komposisinya secara mendalam, Anda dapat langsung memilih makeup remover yang mengandung minyak.

3. Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang tidak meninggalkan rasa lengket

Sama halnya dengan skincare untuk kulit berminyak, sebaiknya Anda juga mencari makeup remover dengan formula yang ringan. Umumnya, kulit berminyak juga akan diikuti dengan masalah jerawat. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup remover yang mengandung salicylic acid atau allantoin karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan mempercepat proses penyembuhan.

Di samping itu, produk dengan kandungan aloe vera extract, camellia sinensis leaf extract, dan cucumber extract juga dapat dijadikan pilihan. Mengapa? Karena bahan-bahan tersebut berperan sebagai soothing agent yang akan menenangkan kulit dan meredam kemerahan akibat jerawat aktif.

Pilih makeup remover berdasarkan kebutuhan


Saat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makeup remover dengan tekstur yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik dari setiap tekstur agar Anda dapat memilih yang paling nyaman untuk Anda gunakan secara rutin.

1. Cleansing water: populer dan dapat digunakan semua jenis kulit

Cleansing water: populer dan dapat digunakan semua jenis kulit

Makeup remover bertekstur cair adalah yang paling populer dibandingkan jenis lainnya. Dibuat dengan bahan dasar air, produk ini memiliki formula yang ringan sehingga dapat digunakan semua jenis kulit. Cleansing water juga tidak meninggalkan rasa lengket, melainkan membuat kulit Anda terasa segar setelah mengaplikasikannya. Untuk menggunakannya, Anda perlu menyiapkan kapas sebagai aplikator.

2. Cleansing oil: tepat untuk pemilik jenis kulit kering

Cleansing oil: tepat untuk pemilik jenis kulit kering

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, makeup remover bertekstur minyak ini pas untuk Anda. Oleh karena berbahan dasar minyak, kulit Anda akan terasa lembap dan kenyal sehingga jauh dari kekeringan. Produk ini juga efektif membantu Anda membersihkan makeup yang memiliki formula waterproof.

3. Cleansing balm: melunturkan makeup di wajah dan memberikan kelembapan

Cleansing balm: melunturkan makeup di wajah dan memberikan kelembapan

Cleansing balm umumnya dijual dalam kemasan jar. Saat pertama kali diaplikasikan, makeup remover ini bertekstur seperti balsam. Namun, setelah Anda memijatnya pada wajah, teksturnya akan berubah menjadi oil. Nah, saat itulah makeup di wajah Anda akan ikut luntur. Makeup yang telah luntur tersebut dapat diangkat dengan menggunakan tisu atau kapas. Untuk memastikan bahwa tidak ada residu yang tertinggal, Anda dapat melanjutkan membersihkan wajah dengan facial wash.

4. Cleansing cream: nyaman digunakan pada kulit sensitif

Cleansing cream: nyaman digunakan pada kulit sensitif

Makeup remover bertekstur cream ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda juga dapat menggunakannya saat merasa kulit Anda sedang ada pada kondisi kurang baik akibat hormon yang tidak seimbang. Selain itu, apabila Anda termasuk tipe orang yang kerap menggunakan daily makeup yang ringan, makeup remover ini tepat untuk dijadikan pilihan.

5. Cleansing milk: tekstur creamy-nya lembut menyentuh kulit wajah

Cleansing milk: tekstur creamy-nya lembut menyentuh kulit wajah

Cleansing milk memiliki tekstur creamy sehingga terasa lembut saat menyentuh kulit wajah Anda. Makeup remover ini dapat membersihkan makeup tanpa mengangkat minyak alami yang berperan sebagai pelembap bagi kulit. Jika makeup remover yang diperkaya kandungan minyak akan meninggalkan rasa licin pada wajah, tidak demikian dengan produk ini. Namun, tidak perlu khawatir karena cleansing milk tetap dilengkapi bahan pelembap. Hanya saja, kelembapannya tidak se-ekstrem saat Anda menggunakan cleansing oil atau cleansing balm.

6. Cleansing wipes: praktis dan mudah dibawa bepergian

Cleansing wipes: praktis dan mudah dibawa bepergian

Untuk Anda yang sering bepergian atau memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya Anda selalu membawa produk ini di dalam tas. Cleansing wipes hampir mirip dengan tisu basah, tetapi dilengkapi dengan kandungan pembersih sehingga bisa digunakan untuk membersihkan makeup. Jenis ini akan tepat untuk Anda yang mencari makeup remover yang praktis dan tidak memakan banyak tempat penyimpanan.

Sebaiknya pilihlah produk yang mampu membersihkan makeup waterproof


Sebaiknya pilihlah produk yang mampu membersihkan makeup waterproof

Setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin merasa malas dan terlalu lelah untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Terlebih saat Anda menggunakan makeup waterproof. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu hingga semua makeup tersebut dapat dibersihkan.

Karena alasan itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup remover dengan formula yang mampu mengangkat makeup waterproof. Selain mempercepat waktu, kulit wajah Anda juga akan terhindar dari iritasi dan penipisan akibat terlalu lama menggosoknya. Produk seperti ini sangat tepat Anda gunakan untuk membersihkan maskara waterproof karena kulit di area mata lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya.