Bagaimana cara memilih makeup primer?

Bagaimana cara memilih makeup primer?

Primer juga dapat membuat kulit Anda lebih halus sehingga makeup di atasnya akan terlihat lebih menyatu.
Bagaimana cara memilih makeup primer?

Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Selain efektif dalam menjaga makeup agar tahan lama, primer juga dapat membuat kulit Anda lebih halus sehingga makeup di atasnya akan terlihat lebih menyatu.

Supaya Anda lebih mengetahui perbedaan makeup primer yang ada saat ini, di bawah ini akan membahasn secara detail. Anda bisa membaca mulai dari berbagai bagaimana cara memilih makeup primer.

Sebelum menentukan pilihan, pahamilah terlebih dahulu mengenai cara memilih makeup primer yang tepat berdasarkan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

Sesuaikan makeup primer berdasarkan kondisi kulit Anda


Setiap kondisi kulit tentunya membutuhkan makeup primer yang berbeda. Makeup primer yang dibutuhkan kulit berminyak akan berbeda dengan kulit kering. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui jenis kulit Anda agar dapat menemukan produk yang sesuai kondisi kulit.

1. Kulit berminyak: pilih yang menawarkan long lasting effect

Kulit berminyak: pilih yang menawarkan long lasting effect

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, cobalah untuk memilih makeup primer yang memberi efek matte. Dengan begitu, produksi minyak akan lebih terkontrol. Akibatnya, makeup Anda menjadi tidak mudah luntur dan malah tampak lebih halus.

Kulit kering: pilih yang memunculkan glowing effect

Kulit kering: pilih yang memunculkan glowing effect

Masalah yang sering dihadapi kulit kering adalah makeup yang sulit menempel. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memilih makeup primer yang dilengkapi bahan pelembap. Kandungan bahan pelembap dalam suatu makeup primer akan meninggalkan sedikit kesan basah dan rasa lengket. Hal itu yang akan membantu menempelkan makeup di atasnya. Anda juga dapat memilih primer dengan efek glowing karena dapat membuat wajah tampak lebih segar dan tidak kusam.

2. Kulit berjerawat: pilih yang mengandung formula non-comedogenic

Kulit berjerawat: pilih yang mengandung formula non-comedogenic

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Oleh karenanya, ada baiknya Anda memilih primer dengan formula non-comedogenic. Di samping itu, produk yang mengandung hanya sedikit bahan-bahan aditif juga pas untuk Anda karena tidak memicu peradangan pada kulit.

Pilih makeup primer berdasarkan kandungan utamanya


Umumnya, primer yang Anda temui di pasaran terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kandungan terbesarnya, yaitu water based dan silicone based. Nah, apa saja perbedaan di antara keduanya? Yuk, kita bahas bersama!

1. Silicone based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone based, membantu menyamarkan pori-pori yang besar

Silicone based makeup primer berfungsi untuk mengisi pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Dengan demikian, produk ini akan sesuai bagi Anda yang bermasalah dengan tekstur kulit atau yang kulitnya berlubang akibat bekas jerawat. Primer ini akan mengisi bagian kosong dan membentuk lapisan baru agar tekstur kulit terlihat lebih merata. Dikatakan silicone based karena proporsi terbesar jenis primer ini adalah turunan silikon, seperti dimethicone, trimethicone, cyclopentasiloxane, atau trisiloxane.

Setelah menggunakan primer ini, Anda akan merasakan kulit yang lebih halus. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya. Mengapa? Karena primer ini sedikit meninggalkan rasa berat sehingga akan membuat Anda tidak nyaman jika digunakan secara berlebihan. Selain itu, silicone based makeup primer juga mengandung hanya sedikit pelembap. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu.

2. Water based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

Water based, ringan dan menawarkan kemampuan coverage

Jika proporsi terbesar silicone based primer adalah kandungan silikon, maka kandungan terbesar yang ada di water based makeup primer adalah air. Namun, bukan berarti tekstur primer ini akan cair. Anda justru akan banyak menemukan water based makeup primer dalam tekstur krim. Biasanya, primer jenis ini memiliki warna, tidak seperti silicone based makeup primer yang transparan. Oleh karenanya, primer ini sering dijadikan pilihan untuk menyamakan warna kulit sebelum menggunakan foundation atau BB cream.

Selain itu, water based primer juga terasa lebih ringan. Pengaplikasiannya pun lebih mudah, seakan Anda sedang mengaplikasikan pelembap saja. Namun, primer jenis ini kurang pas digunakan pemilik kulit berminyak karena oil control-nya tidak terlalu baik.

Produk yang mampu menyamarkan pori-pori akan membuat makeup lebih flawless


Produk yang mampu menyamarkan pori-pori akan membuat makeup lebih flawless

Untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless, pilihlah primer yang mampu menyamarkan pori-pori. Primer jenis ini efektif dalam mengatasi tekstur seperti pori-pori besar atau kerutan. Dengan formulanya yang dapat mengisi pori-pori, kulit Anda akan tampak lebih mulus. Selain itu, setelah menggunakan primer ini, Anda akan lebih mudah dalam mengaplikasikan makeup di atasnya. Hasilnya pun akan terlihat lebih menyatu. Jadi, untuk Anda yang mengharapkan hasil makeup yang sempurna, terlebih untuk acara penting, gunakanlah pore-minimizing primer.

Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection


Lindungi kulit dengan makeup primer yang dilengkapi UV protection

Dampak buruk dari paparan sinar matahari, radiasi, dan polusi dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit. Mulai dari bintik hitam, kulit kusam, kulit terbakar, hingga kulit kering menjadi sangat mungkin untuk Anda alami. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya melindungi kulit dengan menggunakan primer yang mengandung UV protection.

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan sunblock, Anda dapat memilih primer ber-SPF rendah. Namun, jika Anda tidak menggunakan sunblock, pilihlah primer dengan kandungan SPF yang lebih tinggi. Di samping itu, perhatikan pula berapa lama Anda akan berada di luar ruangan, serta kondisi cuaca pada hari tersebut.