Bagaimana Cara memilih lipstik untuk bibir kering?

Bagaimana Cara memilih lipstik untuk bibir kering?

Bagaimana Cara memilih lipstik untuk bibir kering?

Lipstik adalah salah satu senjata wanita untuk tampil lebih memesona. Akan tetapi, bagaimana jika Anda memiliki bibir yang kering? Mungkin tidak mudah untuk menemukan lipstik yang dapat memperindah bibir kering Anda. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi lipstik terbaik untuk bibir kering.

L’Oreal, Make Over, Maybelline, dan Wardah adalah beberapa merek lipstik yang kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Namun, pertama-tama simaklah dahulu cara memilih lipstik untuk bibir kering supaya Anda tidak salah memilih. Mari kita mulai!

Anda dapat menjumpai berbagai jenis lipstik dengan varian warna yang beragam di pasaran. Ada lipstik padat, liquid, dan juga tint. Namun, bagi pemilik bibir kering akan sedikit merepotkan untuk menemukan lipstik yang tepat. Banyaknya varian lipstik juga mungkin membuat Anda makin galau.

Terlebih, ada kemungkinan riasan Anda makin terlihat tidak rapi apabila menggunakan produk yang salah. Bisa-bisa, bibir Anda jadi tampak kering, kusam, hingga pecah-pecah. Untuk itu, simaklah informasi berikut ini agar Anda terhindar dari kondisi tersebut.

Sesuaikan dengan warna bibir alami Anda


Sesuaikan dengan warna bibir alami Anda

Riasan akan terlihat indah apabila Anda menggunakan lipstik yang sesuai dengan warna kulit dan bibir Anda. Lipstik yang sama bisa saja terlihat berbeda ketika dipakai oleh orang yang berbeda. Sebagai contoh, tampilan akhir lipstik nude akan berbeda apabila dioleskan pada pemilik bibir gelap, pucat, dan merah alami.

Oleh karena itu, pastikan warna lipstik pilihan Anda sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan. Untuk memperoleh warna yang tepat, cobalah aplikasikan lipstik pada bibir bawah, lalu bandingkan dengan warna bibir atas yang belum dipakaikan lipstik. Sebagai panduan, pilihlah warna lipstik yang lebih gelap jika dibanding dengan warna bibir atas Anda. Warna tersebut akan memberikan hasil akhir yang natural. Namun, sebaiknya Anda tidak memilih warna yang terlalu berbeda jauh dengan warna alami bibir Anda.

Bibir kering biasanya memiliki dua jenis warna yaitu pucat atau justru cenderung gelap. Apabila bibir Anda kering dan pucat, hindarilah warna soft. Lipstik berwarna cerah, seperti pink, fuchia, atau peach akan membuat riasan Anda terlihat lebih segar dan berkesan hangat.

Sementara itu, jika bibir kering Anda warnanya cenderung gelap, sebaiknya gunakan warna-warna dengan pigmen yang kuat. Contohnya adalah warna deep red, maroon, deep brown, atau plum. Fungsinya untuk menyamarkan warna gelap pada bibir kering Anda. Untuk pemakaian sehari-hari, warna deep brown akan tampak natural. Namun, untuk menghadiri pesta saat malam hari, warna deep red, maroon, atau plum akan membuat Anda tampak lebih percaya diri.

Perhatikan kandungan yang ada di lipstik


Pemilik bibir kering harus benar-benar memperhatikan kandungan dalam lipstik pilihan Anda. Jangan sampai bibir menjadi makin kering karena kandungan lipstiknya tidak tepat. Agar Anda dapat menentukan kandungan lipstik yang sesuai, simaklah informasi berikut ini.

1. Pilih kandungan yang dapat melembapkan bibir

Pilih kandungan yang dapat melembapkan bibir

Salah satu bahan kandungan utama di lipstik yang dapat melembapkan bibir adalah lilin. Lilin yang umumnya digunakan untuk lipstik adalah beeswax dan candelilla wax. Beeswax adalah polimer tertua yang diproduksi dari sarang lebah. Kandungan ini diyakini dapat merawat kulit kering dan kasar pada bibir.

Bagaimana dengan candelilla wax? Candelilla wax adalah lilin yang diproduksi dari semak candelilla dan banyak dibudidayakan di Amerika. Adanya asam lemak dan resin yang tinggi di lilin ini dapat menjaga bibir kering supaya tidak pecah-pecah. Biasanya, kosmetik yang mengandung candelilla wax banyak dicari para vegan karena tidak melalui proses eksploitasi hewan.

Di samping itu, ada juga kandungan lain yang dapat diandalkan untuk melembapkan bibir Anda, seperti shea butter, kolagen, madu, jojoba oil, cocoa butter, olive oil, vitamin A dan E, serta mild hidroxy.

2. Periksa kandungan zat aditif yang ada di lipstik

Periksa kandungan zat aditif yang ada di lipstik

Salah memilih lipstik berisiko membuat bibir Anda makin kering. Ada beberapa orang yang tidak cocok dengan zat aditif, seperti pewarna, pewangi, dan pengawet yang ada di lipstik.

Zat aditif yang umumnya ada di lipstik antara lain methylparaben dan polyparaben. Keduanya merupakan bahan pengawet yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang membahayakan. Selain itu, ada juga zat antioksidan yang termasuk dalam zat aditif yaitu BHT (butylated hydroxy toluene). Jika jumlah kandungannya tidak sesuai dengan standar, BHT dapat menyebabkan iritasi.

Namun, hampir semua produk lipstik memang mengandung zat aditif. Hanya takarannya saja yang berbeda-beda. Selama kandungannya masih berada dalam taraf aman, maka produk tersebut tidak akan menimbulkan dampak buruk pada kulit. Untuk itu, pastikan produk pilihan Anda telah terdaftar di BPOM sehingga Anda lebih yakin bahwa takarannya sesuai batas yang ditentukan.

Meski begitu, bagi Anda yang kulit bibirnya cenderung sensitif, akan lebih baik jika Anda memilih lipstik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Pilih jenis lipstik yang dapat membuat bibir kering jadi lebih memesona


Pilih jenis lipstik yang dapat membuat bibir kering jadi lebih memesona

Produk lipstik yang dijual di pasaran terdiri dari beberapa jenis, seperti matte, glossy, creamy, dan sebagainya. Namun, apabila Anda memiliki bibir yang kering, sebaiknya menghindari lipstik matte karena cenderung membuat bibir Anda terlihat makin kering.

Untuk membuat penampilan Anda jadi lebih segar, Anda dapat menggunakan lipstik dengan hasil akhir yang glossy. Sementara itu, jika Anda menginginkan lipstik yang pekat, tetapi tetap lembap dan memiliki efek mengilap, lipstik yang creamy adalah solusinya.

Anda menginginkan hasil akhir yang semi-matte? Cobalah lipstik satin. Anda akan mendapat warna yang lebih pekat dan tidak terlalu creamy, tetapi tetap ringan dan lembap.

Jenis-jenis lipstik tersebut akan dapat memperindah bibir Anda. Namun, jenis lipstik tersebut umumnya tidak dapat bertahan lama. Karena itu, usahakanlah untuk senantiasa membawa lipstik Anda supaya Anda dapat melakukan touch up nantinya.

Jika Anda tetap ingin menggunakan lipstik matte, pastikan untuk terlebih dahulu melapisi bibir dengan lip balm agar bibir Anda tidak tampak kering.

Perhatikan daya tahan lipstik saat digunakan


Perhatikan daya tahan lipstik saat digunakan

Bagi Anda yang memiliki aktivitas harian yang padat, tentu merepotkan jika harus berkali-kali mengoleskan lipstik. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang dapat bertahan lama saat dipakai.

Cara paling mudah untuk mengetahui daya tahan lipstik tentu dengan mencobanya secara langsung. Ini bisa Anda lakukan saat pergi ke mal atau toko resmi dari brand yang Anda pilih. Di sana, biasanya ada produk contoh yang dapat Anda coba. Cobalah oleskan pada pergelangan tangan Anda, lalu diamkan selama beberapa waktu untuk mengetahui daya tahannya.

Namun, jika Anda hendak membeli lipstik secara online, kami sarankan Anda membaca review dari pembeli lainnya. Ulasan dari beauty blogger juga dapat Anda simak agar mendapat gambaran lebih detail dan lengkap mengenai produk pilihan Anda.

Cara Memilih Lipstik untuk Bibir Kering

Meski bisa menyamarkan bibir kering, tidak semua lipstik cocok untuk kondisi ini. Oleh karena itu, kamu juga harus jeli memilih lipstik yang mengandung pelembab ( mild hydroxy) , sehingga kekeringan pada bibir tidak bertambah parah.

Selain itu, jangan keseringan gonta-ganti merk lipstik. Ini juga bikin bibir tambah kering sekaligus pecah-pecah.

Nah, ini dia 3 (tiga) cara memilih lipstik untuk bibir kering untuk kamu perhatikan nih:

1. Ada Kandungan Madu

Madu merupakan salah satu bahan favorit dalam pembuatan kosmetik. Namun, rupanya, madu tidak hanya mampu melembabkan bibir, lho. Bila bibir jadi hitam atau kering karena pengaruh bahan kimia, madu juga bisa mencerahkan pigmentasinya.

2. Banyak Mengandung Vitamin E

Ingin bibirmu sehat meski pakai lipstik? Cari yang banyak mengandung vitamin E. Biar bibir tidak kering sekaligus kusam, vitamin E pada lipstik mampu memberi nutrisi tambahan pada kulit bibir kita. Karena itu, carilah kosmetik bibir yang banyak mengandung vitamin E ini.

3. Pilih Lipstik yang Cair, Jangan yang Matte

Bentuk pewarna bibir ternyata juga mempengaruhi loh. Karenanya, usahakan untuk mencari lipstik yang tidak mudah membuat bibir semakin kering. Lipstik yang cari jelas mengandung air yang bisa membantu menjaga kelembaban bibir kita.

Namun, sayangnya, seringkali pemulas jenis ini tidak bertahan lama seperti jenis matte. Namun, setidaknya lipstik jenis ini nggak bikin bibir terasa berat dan bisa merusak kulit tipis bibir.