Bagaimana Cara memilih lip tint merek lokal?

Cara memilih lip tint merek lokal

Bagaimana Cara memilih lip tint merek lokal?

Sejak munculnya tren riasan ala Korea, lip tint menjadi kosmetik yang cukup terkenal. Merek lokal pun ikut bersaing untuk mengeluarkan produk lip tint yang banyak diminati. Harganya lebih terjangkau, tetapi kualitasnya tidak kalah dengan lip tint produksi Korea ataupun negara lainnya.

Jika Anda tertarik memiliki lip tint lokal yang berkualitas, simak tips dari kami dalam artikel ini.

Lip tint merek lokal memiliki berbagai pilihan warna dan karakteristik lainnya. Simak tips berikut ini untuk menemukan lip tint lokal yang pas untuk Anda.

Beberapa merek lokal dan karakteristiknya


Ada beberapa merek lokal yang banyak diminati. Merek-merek ini memiliki karakteristik tersendiri dan unik jika dibandingkan produk lainnya.

1. Wardah : merek lokal bertema halal

Wardah : merek lokal bertema halal

Wardah merupakan brand pertama di Indonesia yang mengusung tema halal. Didukung dengan brand ambassador yang mayoritas berhijab makin meyakinkan masyarakat bahwa merek ini memang halal. Hal ini sangat memudahkan para umat Muslim untuk memilih kosmetik yang aman dan terpercaya.

2. Mineral Botanica : formulasi bahan-bahan alami

Mineral Botanica : formulasi bahan-bahan alami

Berawal dari kesadaran bahwa bahan-bahan tambahan dalam kosmetik ternyata cukup berbahaya, Mineral Botanica hadir dengan produk berbahan alami. Brand ini memiliki produk kosmetik yang tidak membahayakan penggunanya, juga lingkungan.

Produk Mineral Botanica dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami dan essential oil yang unik. Tidak hanya aman di kulit, produk alami ini tentu juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit Anda.

3. Emina : gambaran wanita ceria

Emina : gambaran wanita ceria

Emina memiliki brand image yang sesuai untuk anak muda dengan jiwa yang fun. Kemasannya pun dirancang lebih menarik dengan pilihan warna dan desain yang kekinian. Memiliki target anak muda, produk-produk dari Emina juga memiliki harga yang lebih ekonomis di kantong.

Piilh jenis lip tint sesuai dengan kenyamanan penggunaan


1. Water tint : pigmen lebih pekat

Water tint : pigmen lebih pekat

Jenis water tint merupakan lip tint yang banyak dijual di pasaran. Tekstur dari jenis ini sangat ringan, seperti air dengan tingkat pigmentasi yang tinggi. Anda dapat memilih water tint yang memberikan hasil akhir matte atau semi-matte.

Sayangnya, setelah kandungan air dari tint ini terserap dan menyisakan pigmen warna, bibir Anda dapat menjadi kering. Karena itu, gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir Anda tetap nyaman setelah menggunakan jenis ini.

2. Oil tint : melembapkan bibir kering

Oil tint : melembapkan bibir kering

Jenis yang satu ini mengandung lebih banyak minyak di dalamnya. Oil tint akan memberikan hasil akhir yang sedikit lebih glossy pada bibir Anda sehingga terlihat lebih fresh. Jika Anda cenderung memiliki bibir yang kering, cobalah memilih produk oil tint karena sanggup melembapkan.

3. Creamy tint : tekstur lebih creamy dan lembut

Creamy tint : tekstur lebih creamy dan lembut

Berbeda dengan jenis tint lainnya, creamy tint memiliki tekstur yang lebih creamy, hampir seperti lip cream. Namun, teksturnya tetap lebih ringan dan tidak sepekat lip cream.

Creamy tint dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama di bibir. Selain itu, creamy tint juga mengandung oil sehingga dapat melembapkan bibir Anda.

4. Glossy tint : bibir lebih berkilau

Glossy tint : bibir lebih berkilau

Glossy tint akan memberikan hasil akhir yang sangat berkilau seperti lip gloss. Hasil akhir ini membuat bibir Anda terlihat penuh dan lebih sexy. Sayangnya, pigmen pada glossy tint biasanya tidak terlalu melekat kuat di bibir Anda.

Pilih warna yang sesuai warna kulit


Pilih warna yang sesuai warna kulit

Pemilihan warna menjadi hal yang penting ketika memilih lip tint. Jangan sampai warna pilihan Anda tidak cocok dengan warna kulit atau outfit Anda.

Lip tint memang biasanya hadir dalam pilihan warna yang terang seperti coral dan pink. Pilihan warna ini sangat cocok bagi pemilik kulit berwarna terang atau fair. Warna tersebut membuat Anda terlihat segar dan tidak pucat. Anda juga dapat memilih warna yang lebih gelap untuk menciptakan tampilan yang lebih dewasa dan misterius.

Selain warna terang, ada beberapa merek yang memproduksi lip tint dengan warna yang lebih gelap. Warna yang lebih gelap cocok untuk Anda yang memiliki kulit berwarna tan atau sawo matang. Warna gelap seperti wine dan maroon akan cocok untuk Anda karena tidak membuat kulit terlihat kusam.

Ada juga lip tint dengan warna nude. Bagi pemilik kulit terang, sebaiknya hindari warna ini karena akan membuat wajah Anda terlihat pucat. Warna nude lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit sawo matang.

Periksa kandungan pelembapnya


Periksa kandungan pelembapnya

Kandungan pelembap memang perlu Anda perhatikan ketika membeli kosmetik untuk bibir, terutama jika Anda memiliki bibir kering. Salah satu kandungan pelembap yang banyak ditambahkan pada lip tint adalah glycerin. Selain memberikan konsistensi pada lip tint, glycerin dapat memberikan kelembapan untuk bibir Anda.

Di samping glycerin, ada juga kandungan alami lainnya yang dapat berperan sebagai pelembap. Castor oil, shea butter, olive oil, jojoba oil, dan sweet almond oil adalah beberapa bahan pelembap yang bisa Anda dapati di produk lip tint. Selain itu, ada juga vitamin E yang mampu melembapkan sekaligus melindungi bibir dari paparan sinar UV.

Periksa sertifikasi produk untuk keamanan penggunaan


Meskipun diproduksi di dalam negeri, pastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. Agar lebih mudah, Anda dapat memeriksanya melalui website BPOM. Produk yang telah terdaftar di BPOM tentu memiliki kandungan bahan yang sudah diperiksa terlebih dahulu sehingga keamanannya lebih terjamin.

Jangan sampai Anda tergiur membeli produk yang belum terdaftar di BPOM. Anda tentu tidak mau bibir Anda menjadi iritasi setelah menggunakan produk yang belum jelas keamanannya. Karena itu, keamanan produk merupakan hal yang sangat penting.untuk diperhatikan.

Cara memilih Liptint yang bagus

Tentunya Anda tidak ingin salah dalam membeli produk, bukan? Maka dari itu, kami sarankan Anda melihat bagian ini hingga akhir. Di bagian ini kami akan jabarkan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan sebagai panduan dalam memilih lip tint yang bagus. Silakan disimak!

1. Pilih Berdasarkan Jenis Lip Tint

Secara garis besar, lip tint dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni water type , oil type , pack type , gloss type , balm type , gel type , dan creamy type . Pilihlah jenis lip tint yang paling cocok dengan kebutuhan kulit bibir.

a. Jenis Water Type , Cocok untuk Anda yang Suka Warna Kuat dan Membuat Gradasi

Di pasaran tersedia beberapa jenis lip tint , seperti water type salah satunya. Tipe lip tint ini dapat memberikan warna dengan tingkat yang lebih tinggi. Lip tint water type mempunyai tekstur yang sangat lembut seperti air dan mampu memberikan hasil akhir tampilan matte .

Water type lip tint sangat cocok digunakan untuk Anda yang suka dengan warna bibir yang kuat. Untuk memberikan gradasi atau aksen, lip tint jenis ini juga bisa diandalkan kemampuannya. Tips jika ingin membeli tinta bibir water type , sebaiknya Anda bubuhkan pelembab sebelum atau lip gloss setelah memakainya. Hal tersebut akan membantu bibir tidak terasa kering.

b. Jenis Oily Type , Mampu Memberikan Efek Kilau dan Kelembapan Bibir

Apabila kulit pada bibir Anda kerap pecah-pecah setelah memakai kosmetik, kemungkinan Anda salah memilih produk atau kondisi bibir Anda memang rentan kering. Jika demikian, disarankan untuk menggunakan lip tint berjenis oily . Lip tint ini mengandung minyak yang akan memberikan efek kilau atau glossy serta mampu meningkatkan kelembapan bibir.

Tekstur yang dimiliki oleh lip tint oily type tidak jauh berbeda dengan water type , namun pada perbedaannya bisa dilihat pada warna-warna yang lebih natural dari oily type dibandingkan lip tint water type . Selain itu, lip tint yang berbasiskan minyak ini juga sangat cocok dipakai oleh orang-orang yang punya masalah bibir kering.

c. Jenis Pack Type , Berbeda Cara Pemakaian dan Warnanya Lebih Tahan Lama

Dua jenis sebelumnya mungkin hanya mampu bertahan hingga jam makan siang atau bahkan kurang. Tapi untuk tipe ini, lip tint waterproof bisa bertahan bahkan hingga 12 jam, meskipun dipakai untuk makan atau minum. Adanya keunggulan semacam ini dikarenakan lip tint pack type diformulasikan dengan cara pemakaian berbeda, yakni dioleskan pada bibir, kemudian dikelupas setelah 10 menitan dari awal pengaplikasian.

Anda bisa melihat beberapa video di YouTube yang mengulas lip tint berjenis ini, pasti langsung tertarik! Selain bisa memberikan warna yang bertahan lama, lip tint pack type juga terasa sangat ringan di bibir, bahkan seperti tidak sedang menggunakan produk apapun. Di balik kelebihannya, lip tint jenis ini cukup sulit untuk dibersihkan sehingga diperlukan lip remover agar warnanya bisa hilang sempurna.

d. Jenis Creamy Type , Formula Cepat Mengering dan Meninggalkan Kelembapan

Lip tint tipe ini mengadopsi tekstur seperti krim, namun cenderung cair untuk memudahkan pengaplikasian. Anda tidak usah ragu memakai lip tint creamy type sebab tetap terasa ringan seakan tidak sedang menggunakan riasan apa pun di bibir Anda.

Warna dari creamy type cukup kuat dan tahan lama. Efek matte yang halus diberikan oleh lip tint jenis ini. Umumnya, lip tint tipe krim dibekali formula pelembap sehingga tidak akan menjadikan bibir terasa kering ketika memakainya.

e. Jenis Gloss Type , Menghasilkan Bibir yang Terlihat Lebih Bervolume

Bukan cuma membuat bibir terlihat berkilau, lip tint tipe ini mampu menampilkan kesan bibir lebih bervolume. Apabila Anda meratakannya secara sempurna, hasil warna yang indah akan muncul dan memenuhi permukaan bibir.

Lip tint tipe gloss menawarkan warna yang stay lebih laam karena formulanya dicampur dengan bahan sejenis tinta. Walau menghasilkan warna yang indah, lip tint gloss type memiliki kadar warna lebih rendah. Anda perlu mempertimbangkan hal tersebut jika mengharapkan warna kuat.

f. Jenis Balm Type , Penggunaannya Mudah Sehingga Cocok untuk Pemula

Tekstur lip tipt tipe balm sedikit berminyak karena di dalamnya tercantum formula pelembap. Produk ini dapat menjadi pilihan ideal bagi Anda yang masih pemula atau baru pertama kali menggunakan lip tine. Cara pemakaiannya pun tak jauh beda dengan pemakaian krim bibir.

Balm type cenderung berwarna lebih natural dibandingkan lip tint tipe lain. Untuk Anda yang belum mahir mengaplikasikan lip tint bisa mencoba tipe ini. Warnanya yang terkesan natural juga menjadikannya difavoritkan banyak remaja.

g. Jenis Gel Type , Mempermudah Penggunaan dan Mengatur Ketebalan

Tipe lip tint satu ini termasuk dalam golongan medium. Maksudnya, soal warna gel type berada antara water type dan creamy type . Kemudian, hasil akhirnya pun lebih glossy dibandingkan water type , namun efek kilau tersebut lebih cepat hilang daripada dengan gloss type .

Menyoal tekstur, lip tint gel type begitu ringan sehingga Anda bisa dengan mudah mengatur ketebalannya. Perlu diingat bahwa lip tint tipe gel membuat bibir terasa kering karena gampang teroksidasi, Anda sebaiknya mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan gel type lip tint .

2. Pilihlah Lip Tint dengan Warna yang Sesuai Skin Tone

Kemungkinannya sangat kecil kalau skin tone bibir Anda bisa sama dengan artis Korea atau selebgram idola Anda. Karena itu, untuk tetap memperoleh tampilan sempurna setelah memakai lip tint , pastikan Anda memilih produk yang cocok dengan skin tone bibir Anda. Tidak ada salahnya untuk bermain warna, namun utamakan untuk bermain aman, ya!

Bagi yang belum ahli dengan aktivitas merias wajah, disarankan untuk memilih lip tint dengan warna nude . Namun ketika terlalu sering memakai warna nude , pastinya akan bosan juga. Karena itu Anda bisa mengksplorasi warna-warna cerah seperti punch , light pink , berry , dan apricot jika punya skin tone terang. Sedangkan bagi pemilik bibir gelap bisa memakai warna seperti berry yang bisa fit dengan skin tone bibir gelap.

3. Periksa Komponen Pelembap dan Bahan Pendukung Lain

Ceklah kandungan pelembap pada lip tint yang Anda hendak beli. Keberadaan pelembap sangat membantu Anda memperoleh warna yang bertahan lebih lama tanpa membuat bibir terlihat pecah-pecah. Lip tint jenis oil type biasanya telah dibekali bahan pelembap sehingga tidak perlu lagi Anda menerapkan lip gloss di atasnya.

Kemudian, untuk Anda yang bibirnya mudah kering dan pecah-pecah dianjurkan mencari lip tint yang diperkaya komponen pelembap. Hyaluronic acid , ceramide , dan agen pelembap sejenis akan membantu mencegah bibir kering. Tentu manfaatnya terasa optimal apabila lip tint tersebut juga dicantumkan bahan tinggi nutrisi lain yang berguna menyehatkan bibir.