Bagaimana Cara Memilih Kolibri Ninja Betina Untuk Breeding Atau Setingan Betina?

image

Kriteria dari betina sendiri seperti apa?

Akhir-akhir ini marak didalam perlombaan kolibri ninja yang menerapakan setingan beti. Dan akhir-akhir juga sudah banyak para kolibri mania yang mencoba melakukan breeding.

Dalam hal lomba setingan betina memang makin banyak digunakan karena dinilai mampu membuat burung tampil oke saat digantang. Dengan memakai betina burung lebih cenderung bongkar isian dan tampil nagen.

Dulu penggunaan betina hanya dipakai buat ngecash konin jantan ketika mau digantang saja dengan cara melihatkan burung jantan dan betina. Tapi kini penerapan menyatukan betina dikandang (jodoh) merupakan cara baru yang dinilai sangat bagus selain setingan tunggal.

Dengan menjadikan satu antara konin jantan dengan konin betina maka birahi burung jantan menjadi stabil. Burung yang awalnya saat digantang terlalu banyak loncat dan nembak-nembak saja setelah diterapkan cara ini burung menjadi stabil.

Setingan ini tidak semudah membalikan telapak tangan sebab perlu dilakukan penjodohan terlebih dahulu penyeesuaian kapan saatnya betina dipisah. Semua itu harus dilakukan trial error dan uji coba saat burung digantang untuk menentukan setingan yang tepat.

Disisi yang lain betina kini juga diburu untuk dilakukan breeding konin. Sudah banyak orang yang mencoba bahkan ada yang sudah berhasil.

Ada beberapa kriteria betina yang bisa kita gunakan dalam memilih betina yang bagus untuk dijadikan setingan lomba maupun di pakai untuk breeding kolibri ninja.

Umur
Pilihlah betina yang sudah berumur dengan kata lain minimal sudah mabung 2 kali semenjak ijoan. Bisa dilihat dari paruh yang sudah menghitam dan bulu berubah menjadi abu-abu.

Birahi
Pilihlah burung yang sudah birahi (lenjeh) dimana ketika dilihatkan burung jantan betina ngeper (menggerakan sayapnya) pertanda sudah siap dikawin. Betina seperti ini biasanya cepat dalam proses penjodohan.

Body (katuranggan)
Untuk dijadikan breeding pilihlah betina yang memiliki tubuh yang panjang dengan kaki yang seimbang dengan panjang tubuh. Jangan pilih betina yang pendek dan bulat untuk mencetak generasi yang bagus. Untuk setingan beti pilihlah burung yang rajin bunyi dan tampak sehat dan mudah berjodoh dengan konin jantan milik anda.