Bagaimana cara memilih kapas untuk makeup?

memilih kapas untuk makeup

Kapas sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk membersihkan makeup, mengaplikasikan toner atau essence.

Bagaimana cara memilih kapas untuk makeup?

Kapas khusus untuk makeup sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi wanita yang gemar menggunakan makeup atau skincare. Anda pasti telah familier dengan merek-merek kapas yang terkenal di pasaran seperti Selection, The Body Shop, hingga Sephora. Namun, tahukah Anda mana yang paling cocok untuk kulit Anda? Kali ini kami akan menjelaskan dengan saksama tentang cara memilih kapas untuk makeup.

Kapas untuk makeup tersedia di pasaran dalam jenis, ukuran, hingga harga yang bervariasi. Anda bahkan dapat menemukan produk massal hingga keluaran merek terkenal. Silakan pilih yang paling sesuai untuk Anda!

Periksa kesesuaian antara kuantitas dengan harga

Periksa kesesuaian antara kuantitas dengan harga

Berhubung kapas untuk makeup biasanya digunakan setiap hari, Anda tentu ingin memilih produk dengan kuantitas yang banyak, bukan? Bagi Anda yang membutuhkan kapas untuk makeup dalam jumlah banyak dengan harga terjangkau, pilihlah produk yang menjual beberapa set sekaligus.

Dalam satu kotak kapas untuk makeup biasanya berisi sekitar 40-80 lembar kapas. Jika Anda memilih produk yang dijual dalam beberapa set, masa pemakaiannya tentu akan lebih lama. Produk dalam set seperti ini cocok bagi Anda yang sering memakai kapas, seperti untuk perawatan kulit dan kuku. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak hanya melihat dari sisi harga karena bisa jadi produk tersebut isinya sedikit dan kualitasnya tidak bagus. Jadi, pastikan juga untuk memeriksa kualitas kapas, jumlah lembar isinya, dan kemudahan penggunaannya.

Selain itu, ada juga orang yang tidak terlalu banyak memakai kapas sehingga tidak memerlukan produk dengan isi terlalu banyak dan lebih mementingkan harga yang terjangkau. Jadi, mari periksa banyaknya kapas yang akan Anda butuhkan dan gunakan sebelum membeli produk pilihan Anda.

Pilih kapas yang mudah menyerap cairan dan tidak berbulu

Pilih kapas yang mudah menyerap cairan dan tidak berbulu

Ketika mempertimbangkan kemudahan penggunaan kapas untuk makeup, cukup banyak orang yang tidak menyukai tekstur berbulu pada permukaan kapas. Jika serat kapas tertinggal di wajah saat memakai lotion atau menempel pada kuku saat Anda membersihkan kuteks, tentu akan sulit membersihkannya dan ada risiko melukai kulit wajah.

Ketika memilih kapas untuk makeup, penting untuk diingat bahwa bulu halus kapas tersebut bisa saja muncul dan jadi mengganggu. Jadi, pilihlah kapas yang tidak terlalu berbulu sehingga seratnya tidak mudah menempel pada kulit atau kuku Anda. Dengan demikian, Anda bisa melakukan perawatan kulit atau membersihkan kuteks tanpa masalah.

Sebagai tambahan, tekstur berbulu pada kapas juga bisa berubah saat dibasahkan. Pada kapas yang tidak menyerap lotion atau makeup remover dengan baik, teksturnya bisa berubah di tengah pemakaian dan muncul bulu-bulu yang menggulung. Selain itu, Anda jadi harus menuangkan cairan makeup berkali-kali sehingga pemakaiannya lebih boros dari yang seharusnya. Karena itu, perhatikan juga kehalusan tekstur permukaan kapas dan kemampuannya dalam menyerap cairan, seperti halnya mempertimbangkan kuantitas dan harga.

Pilih ukuran yang besar

Pilih ukuran yang besar

Saat ini kapas dengan ukuran yang lebih besar dari kapas biasa juga tersedia di pasaran. Produk seperti ini nyaman digunakan terutama ketika Anda ingin mengaplikasikan masker pada wajah dengan menggunakan kapas. Anda bisa memotongnya sesuai ukuran wajah sehingga cairan masker juga akan menempel dengan lebih baik.

Selain itu, ukuran yang lebih besar juga memungkinkan kapas untuk makeup ini digunakan untuk fungsi lain, misalnya untuk menyeka kulit bayi yang sensitif. Jadi, bila Anda menginginkan kapas yang bisa digunakan untuk berbagai kegunaan atau ingin memakainya untuk mengaplikasikan cairan masker pada wajah, sediakanlah juga kapas ukuran besar di samping kapas berukuran normal.

Pilih berdasarkan mereknya

Pilih berdasarkan mereknya

Sama halnya seperti ketika memilih kosmetik, Anda juga bisa memilih kapas untuk makeup berdasarkan merek yang telah dikenal dengan kualitasnya yang baik. Tentu saja harganya tidak murah, tetapi kualitas yang terpercaya merupakan daya tarik tersendiri pada produk semacam ini. Selain itu, sering kali bahan atau ketebalan kapas dibuat agar cocok dengan produk perawatan kulit dari merek yang sama sehingga disarankan untuk membelinya dalam satu set.

Kapas untuk makeup yang dibuat oleh merek ternama memiliki kelebihan tersendiri, misalnya desain kemasan yang cantik, nyaman digunakan, hampir tidak ada serat atau bulu pada permukaannya yang menempel. Ada juga kapas yang memiliki berbagai fungsi tambahan, misalnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati sembari Anda membersihkan makeup. Jumlah lembaran kapas dari merek ternama ini biasanya berjumlah 60-120 lembar. Karena beberapa kelebihan ini, tidak heran ada banyak orang melakukan pembelian ulang kapas dari merek ternama ini.

Pilih yang ramah terhadap kulit

Pilih yang ramah terhadap kulit

Meski kapas untuk makeup merupakan barang yang sangat diperlukan untuk perawatan kulit sehari-hari, para pemilik kulit sensitif sering kesulitan dalam memilih produk yang cocok. Hal ini disebabkan pemilihan produk tidak bisa dilihat hanya dari sisi harga atau terlihat meyakinkan saja.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, direkomendasikan untuk memilih kapas organik. Akhir-akhir ini di pasaran tersedia produk yang tidak menggunakan bahan pemutih dan tidak menyebabkan iritasi. Kapas organik nyaman digunakan karena teksturnya yang halus dan lembut. Bahkan, tidak sedikit orang yang kulitnya tidak sensitif sekalipun turut memilih menggunakan kapas semacam ini.

Sebagai tambahan, kapas untuk makeup organik yang ramah pada kulit juga dapat digunakan untuk bayi atau hewan peliharaan. Jika Anda tidak tahu jenis kapas yang harus Anda pilih dan tidak ingin menimbulkan iritasi pada kulit, mengapa tidak mencoba kapas organik saja?