Bagaimana cara memilih indukan burung Cucak Hijau?

image

Bagaimana cara memilih indukan burung Cucak Hijau?

Memilih indukan burung Cucak Hijau seharusnya memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Memperhatikan umur
    Umur calon indukan cucak hijau yang akan dibudidayakan sangat menentukan kualitas dari anakan-anakan cucak hijau yang nantinya dihasilkan. Anakan cucak hijau yang berasal dari induk terlalu muda biasanya memiliki kondisi fisik lemah, di samping juga memiliki volume kicauan yang tidak terlalu keras. Sebaliknya, anakan-anakan cucak hijau yang berasal dari induk terlalu tua biasanya kurang sehat atau rawan mati sebelum mencapai umur dua bulan. Maka, sebaliknya pilihlah calon indukan jantan yang berumur 1,8 tahun dan indukan betina berumur 1,5 tahun. Pada umur tersebut, calon indukan cucak hijau telah mencapai masa kematangan kelamin, sehingga bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas baik ketika dibudidayakan.

  2. Memperhatikan kesehatan
    Dalam proses memilih calon indukan cucak hijau, sebaiknya pilihlah yang memiliki kesehatan baik, secara fisik maupun mental. Hindari memilih calon indukan cucak hijau yang terganggu kesehatannya, bahkan cacat. Sebab, calon indukan cucak hijau seperti ini pasti tidak akan menghasilkan keturunan yang baik seperti yang diharapkan. Jadi, sekali lagi, pilihlah calon indukan cucak hijau yang memiliki kesehatan baik agar bisa menghasilkan anakan-anakan yang baik dan berkualitas.

  3. Memprioritaskan calon indukan cucak hijau jawa
    Dalam kenyataannya, tidak semua jenis cucak hijau disukai oleh para penghobi. Cucak hijau yang tidak disukai penghobi tentu memiliki harga yang rendah. Sebaliknya, cucak hijau yang disukai penghobi adalah jenis cucak hijau jawa atau yang lebih dikenal dengan sebutan cucak hijau jatim atau banyuwangi. Maka, dalam proses memilih calon indukan cucak hijau, sebaiknya anda juga memprioritaskan calon indukan cucak hijau jawa disbanding calon indukan jenis lain. Hal ini dimaksudkan agar anakan-anakan yang dihasilkan memiliki harga tinggi, sama seperti indukannya.

  4. Berasal dari induk yang sama
    Jika anda masih pemula dalam menjalankan budi daya cucak hijau, sebaiknya pilihlah calon indukan yang berasal dari induk sama atau dari satu tetesan. Biasanya, calon indukan cucak hijau seperti ini lebih mudah untuk dibudidayakan, sehingga bisa menghasilkan anakan yang banyak. Akan tetapi, jika anda merasa memiliki cukup pengalaman, dapat memilih calon indukan cucak hijau yang berasal dari induk berbeda.

  5. Telah dipelihara lama
    Calon indukan cucak hijau yang telah dipelihara lama tidak akan takut dengan kehadiran manusia di sampingnya. Selain itu, calon indukan cucak hijau ini juga mempunyai kemampuan beradaptasi yang tinggi, sehingga tidak mudah stress jika dipindahkan ke dalam kandang khusus budi daya. Hal berbeda pasti akan ditunjukkan oleh caon indukan cucak hijau yang berasal dari tangkapan hutan dan belum pernah dipelihara lama. Calon indukan cucak hijau seperti ini akan merasa takut dengan kehadiran manusia dan mudah stress, bahkan sakit, jika dipindahkan ke dalam kandang khusus budi daya. Oleh karena itu, dalam proses pemilihan calon indukan cucak hijau, sebaiknya anda lebih memprioritaskan memilih calon indukan yang telah lama dipelihara