Bagaimana cara memilih indukan berkualitas dari ikan koi ?

Ikan Koi

Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Bagaimana cara memilih indukan berkualitas dari ikan koi? Apa saja yang perlu di perhatikan?

Indukan berperan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan dengan gen yang bagus akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. Jika sulit menemukan indukan yang baik, Anda bisa meminjamnya dari para pecinta ikan koi yang memelihara ikan ini dalam waktu lama. Pecinta koi biasanya mengoleksi ikan koi yang berkualitas untuk dipelihara sendiri maupun untuk keperluan kontes. Para pecinta koi ini sebagian besar tidak punya keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikannya. Perkawinan dapat menjaga ikan tetap sehat.

Hal seperti ini dimanfaatkan oleh para pembudidaya dengan melakukan kerja sama dengan para pemilik ikan. Para pemilik ikan diuntungkan karena ikannya bisa dikawinkan sedangkan pembudidaya senang karena bisa mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalan biasanya pemilik memberi izin kepada pembudidaya memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan.

Indukan ikan koi yang sehat harus memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Umur ikan sudah lebih dari 2 tahun.
  2. Jenis ikan yang dipelihara sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku.
  3. Bentuk tubuh ideal dan memiliki lekukan dari atas tampak seperti torpedo.
  4. Gaya berenang ikan cukup tenang dan seimbang (tidak terlalu lambat atau terlalu cepat).
  5. Ikan berwarna cemerlang dan kontras.
  6. Ikan wajib sehat dan gerakannya gesit atau tidak banyak diam di dasar kolam.
  7. Indukan jantan dan betina telah sama-sama matang untuk dikawinkan.

Indukan betina dan jantan sebaiknya dipelihara di kolam yang berbeda agar saat dikawinkan indukan tidak perlu mengalami pemberokan (puasa untuk dikawinkan) lagi. Umumnya pemeliharaan kolam indukan sama dengan pemeliharaan kolam pembesaran.

sumber: https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-koi