Bagaimana cara memilih ikan koi yang baik?

Bagaimana cara memilih ikan koi yang baik?

images (7)

Dalam memilih ikan koi super ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan tips yang akan kami berikan kali ini bisa anda gunakan sebagai panduan supaya tidak salah saat membeli ikan koi.

Pilih bentuk badan ikan koi yang ideal dengan perbandingan antara panjang dan tinggi badan koi 12 atau 13. Apabila dilihat dari atas maka badan koi akan tampak membulat panjang namun tidak terlalu gemuk.
Pilihlah ikan koi yang mempunyai garis punggung lurus dan tidak melengkung.
Ikan koi yang berkualitas super akan berenang dengan seimbang sebab sepasang sirip yang dimiliki dibagian kanan serta kiri seimbang yang dikenal dengan sebutan mempunyai jitai baik.
Pilih juga ikan koi dengan sirip dada serta sirip perut berukuran sama besar.
Pilih ikan koi dengan ukuran sirip punggung dan juga sirip ekor yang proporsional seimbang dan juga sesuai dengan panjang serta tinggi badan ikan koi. Selain itu, pilih juga sirip punggung yang tegak, tidak miring ataupun terjuntai ke arah kiri dan kanan.
Untuk bentuk area kepala yang meliputi mulut, mata serta insang yang serasi dan proporsional. Jangan pilih ikan koi yang memiliki hidung terlalu mancung ataupun sebaliknya yakni terlalu masuk seperti masuk ke dalam timbunan daging.
Perhatikan juga area hidung ikan koi, apabila hidung terlalu terbuka, ini mungkin disebabkan ikan koi pernah terkena penyakit khususnya penyakit pada insang.
Pilih juga ikan koi dengan warna kontras dan cerah. Batas pola warna yang terlihat jelas merupakan pilihan paling tepat untuk ikan koi super. Sebagai contoh jika koi koahku pilihlah warna merah yang cerah dan bagian warna putihnya sangat bersih dan tidak terdapat warna lain atau warna merah tidak kekuningan.
Pilih juga ikan koi yang sehat dan tidak tampak lemas, lamban berenang, berenang tidak seimbang atau sering diam di dasar kolam sementara bagian insangnya bergerak dengan cepat. Hal tersebut menjadi pertanda jika ikan sedang mengalami kesulitan bernapas dan tidak sedang dalam keadaan sehat.
Selain itu, ikan koi kualitas super juga sangat senang berkumpul dalam kawanan dan hindari juga memilih ikan koi yang lebih senang menyendiri dan menjauh dari kawanan ikan koi lainnya. Ini menjadi pertanda jika koi sedang sakit atau mempunyai kebiasaan tidak baik sebagai ikan hias.