Bagaimana cara memilih hand sanitizer?

hand sanitizer

Bagaimana cara memilih hand sanitizer?

Di tengah mewabahnya COVID-19 (coronavirus disease 2019), wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kebersihan. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, tersebut dapat masuk ke tubuh melalui tangan yang tidak higienis. Karena itu, selain mencuci tangan, Anda juga membutuhkan hand sanitizer yang ampuh membunuh virus dan kuman.

Namun, kini banyak sekali merek hand sanitizer yang dijual di pasaran. Tahukah Anda jenis hand sanitizer seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan? Kali ini kami akan membahas cara memilih produk.

Manfaat memakai hand sanitizer


Manfaat memakai hand sanitizer

Memang, cara terbaik untuk membersihkan tangan dari segala virus dan kotoran lain adalah dengan mencucinya. Namun, kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat memberikan perlindungan ekstra bila dipakai setelah Anda mencuci tangan. Hand sanitizer juga solusi yang mudah dalam membersihkan tangan ketika air dan sabun tidak tersedia. Bila dipakai dengan benar, ia dapat membunuh virus, kuman, dan bakteri yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Memakai hand sanitizer juga menumbuhkan kebiasaan menjaga tangan tetap higienis. Bila sudah memiliki kebiasaan tersebut, Anda jadi lebih kebal dari infeksi virus-virus merugikan. Nah, sudah yakin akan kehebatan cairan antiseptik ini, kan?

Sebelum melihat produk-produknya, ada baiknya Anda mengetahui hand sanitizer seperti apa yang patut dipilih. Jadikan ulasan di bawah ini sebagai referensinya, ya!

Periksa bahan kandungannya


Walaupun sama-sama berfungsi membunuh virus dan kuman, kandungan dalam hand sanitizer dapat berbeda-beda bergantung dari mereknya. Yuk, kenali kandungan apa yang sebaiknya ada di dalam hand sanitizer!

1. Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa kebanyakan produk hand sanitizer mengandung alkohol. Namun, tahukah Anda bahwa kadar alkohol yang dikandung setiap produk berbeda? Menurut para ahli, sebaiknya pilih produk yang mengandung sedikitnya 60% alkohol. Alasannya, hand sanitizer yang mengandung 60-95% alkohol lebih efektif membunuh virus dan kuman

Bila kadar alkoholnya kurang dari itu, hand sanitizer tidak mampu membunuh virus yang kuat, misalnya norovirus. Akibatnya, pencegahan infeksi virus jadi kurang efektif. Jadi, jangan lupa perhatikan hal ini sebelum membeli, ya!

2. Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Beberapa produk hand sanitizer mengandung bahan kimia yang sebenarnya tidak krusial keberadaannya. Bahan-bahan ini bila terus kita gunakan dapat membahayakan kesehatan. Sebelum membeli, cek apakah suatu produk mengandung triklosan, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Triklosan banyak digunakan dalam produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan pasta gigi karena bersifat antibakteri. Meskipun begitu, triklosan tidak sanggup membunuh virus, termasuk virus penyebab flu dan demam. Beberapa hasil penelitian mengasosiasikan triklosan dengan beragam masalah kesehatan, contohnya gangguan hormon dan kanker.

Lalu, sebisa mungkin hindari juga produk yang mengandung paraben. Bahan yang banyak ditemukan pada produk kosmetik ini berfungsi untuk mengawetkan produk. Sayangnya, paraben dihubungkan dengan berbagai penyakit seperti iritasi kulit dan kanker. Karena itu, jauhi produk dengan kandungan bahan-bahan tersebut.

3. Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Akibat kandungan alkoholnya yang tinggi, menggunakan hand sanitizer terus menerus dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Ironisnya, virus dan kuman akan semakin nyaman berkembang biak di kulit yang kering dan pecah-pecah. Seram, kan? Solusinya, Anda bisa memilih hand sanitizer dengan kandungan pelembap dan vitamin. Dengan demikian, selain higienis, kelembapan kulit kita dapat terjaga.

Bila hand sanitizer Anda tidak mengandung pelembap atau vitamin, Anda bisa memakai moisturizer setelah hand sanitizer mengering. Namun, pastikan juga moisturizer pilihan Anda tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ya.

Pilih berdasarkan merek terpercaya


Pilih berdasarkan merek terpercaya

Jika bingung memilih, Anda bisa memilih berdasarkan merek yang telah Anda percaya. Coba cek apakah merek produk kesehatan favorit Anda juga memproduksi hand sanitizer. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang menggunakannya.

Di Indonesia, merek hand sanitizer lokal seperti Antis sudah populer sejak dulu. Alasannya, harga produk merek tersebut tidak menguras kantong dan mudah ditemui di berbagai toko. Selain itu, merek luar seperti The Body Shop mungkin bisa Anda coba juga jika tertarik. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget!

This post was flagged by the community and is temporarily hidden.