Bagaimana cara memilih hair cream?

hair cream

Seluruh bagian tubuh kita, wajib hal nya untuk dijaga tak terkecuali bagian rambut. salah satu cara merawat rambut adalah menggunakan produk-produk yang dapat menjaga kesehatan dan kebersihan rambut, salah satunya adalah hair cream.

Bagaimana cara memilih hair cream?

Jika Anda sering mewarnai atau mengeriting rambut, tentu rambut lebih rentan rusak. Rambut yang rusak menjadikan tampilan Anda terlihat lebih tua dibanding usia Anda sebenarnya. Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra, seperti menggunakan hair cream agar rambut tetap sehat ternutrisi.

Apakah rambut Anda memerlukan hair cream?


Apakah rambut Anda memerlukan hair cream?

Selain hair cream, terdapat beberapa jenis produk perawatan rambut lain, seperti hair oil dan hair mist. Masing-masing produk memiliki manfaatnya tersendiri. Hair cream sendiri sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki rambut kering sehingga terkesan megar. Selain itu, hair cream juga cocok untuk rambut yang terlalu bervolume atau rambut rusak akibat styling atau coloring.

Hair cream mampu memberikan berbagai nutrisi pada rambut, termasuk mengembalikan kelembapannya. Rambut yang megar karena kering atau terlalu lebat pun akan terlihat lebih rapi bila menggunakan hair cream. Hasilnya, rambut juga akan lebih mudah diatur dan ditata dengan berbagai macam gaya.

Seperti yang disebutkan di atas, hair cream mampu memberikan nutrisi hingga ke bagian dalam helai rambut. Jadi, rambut yang rusak akibat pewarnaan dan pengeritingan dapat dikembalikan vitalitasnya. Selain itu, menggunakan hair cream secara rutin dengan benar juga akan membuat rambut Anda semakin indah.

Di bawah ini kami akan memaparkan empat poin yang harus diperhatikan ketika memilih hair cream. Simaklah informasi di bawah ini agar Anda dapat memilih hair cream yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Pilih hair cream dengan aroma favorit Anda


Pilih hair cream dengan aroma favorit Anda

Salah satu poin penting dalam memilih hair cream yang tidak boleh dilupakan adalah memilih aromanya. Karena posisi rambut dekat dengan hidung, wangi produk yang dipakai akan mudah tercium oleh Anda sendiri. Bila Anda memilih produk yang aromanya kurang disukai, tentu Anda akan merasa terganggu. Tidak seperti aroma parfum yang kuat, aroma hair cream sangat lembut dan halus. Sangat cocok bila Anda ingin tampil wangi tanpa terkesan berlebihan!

Tentu Anda akan merasa senang jika setiap kali bergerak, aroma favorit Anda muncul semerbak. Jadi, silakan pilih hair cream dengan aroma yang Anda sukai agar dapat digunakan setiap hari. Meski begitu, produk yang beredar di Indonesia sendiri cenderung tidak menuliskan secara jelas jenis aroma yang dikandungnya. Anda bisa mencari informasi tambahan dari review para penggunanya.

Periksa adanya manfaat lain untuk melindungi rambut


Periksa adanya manfaat lain untuk melindungi rambut

Ada berbagai faktor penyebab rambut menjadi rusak. Akan tetapi, panas dari hair dryer dan paparan sinar matahari sering kali menjadi penyebab utama. Sebagian produk hair cream pun telah diformulasikan untuk memberi perlindungan dari faktor eksternal perusak rambut tersebut.

Apabila terdapat label ‘heat protection‘, berarti produk tersebut mampu melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan hair dryer. Jika Anda menggunakan hair cream berlabel anti-UV, rambut Anda pun akan terlindungi dari bahaya sinar UV. Untuk rambut yang rentan terhadap kerusakan, pilihlah hair cream dengan label-label tersebut.

Periksa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya


Hal yang paling penting saat memilih hair cream adalah memeriksa bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Secara garis besar, terdapat dua jenis kandungan yang sebaiknya Anda periksa. Mari simak lebih jauh penjelasan kami!

1. Perhatikan jenis minyak yang digunakan

Perhatikan jenis minyak yang digunakan

Hair cream merupakan produk perawatan rambut berbahan baku minyak dan air yang diproses dengan cara emulsifikasi. Berhubung minyak selalu digunakan sebagai bahan dasar hair cream, Anda pun perlu mengetahui jenis minyak di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil sesuai harapan.

Contoh minyak yang umum digunakan pada hair cream adalah camellia oil dan macadamia nut oil. Selain kedua minyak tersebut, masih banyak jenis minyak lain yang juga bermanfaat untuk rambut Anda. Karena setiap minyak memiliki manfaat berbeda, pilihlah produk dengan kandungan minyak yang sesuai dengan kondisi rambut Anda.

2. Perhatikan kandungan bahan kecantikan lain yang ditambahkan

Perhatikan kandungan bahan kecantikan lain yang ditambahkan

Hair cream diharapkan mampu memperbaiki helaian rambut yang rusak. Oleh karena itu, tidak hanya jenis minyaknya saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga bahan-bahan kecantikan di dalamnya.

Setiap produk hair cream bisa memiliki bahan-bahan tambahan yang berbeda tergantung pada produsennya. Sebagai contoh, perbedaan penggunaan bahan untuk meningkatkan efek melembapkan rambut, seperti kolagen, hyaluronic acid, dan vitamin.

Namun, semakin banyak tambahan bahan yang bermanfaat untuk kecantikan rambut, umumnya semakin mahal pula harganya. Bila harganya terlalu mahal, Anda mungkin akan ragu untuk menggunakannya secara rutin. Untuk itu, pilihlah produk yang harganya sesuai dengan anggaran belanja Anda.

Pilih tekstur hair cream sesuai waktu dan tujuan penggunaan


Pilih tekstur hair cream sesuai waktu dan tujuan penggunaan

Dibandingkan dengan minyak rambut, hair cream memiliki tekstur yang tidak lengket. Namun, bukan berarti semua hair cream akan otomatis terasa nyaman untuk Anda pakai. Kenyamanannya tergantung pada produk dan preferensi Anda masing-masing.

Fungsi utama hair cream bukanlah untuk hair styling. Namun, hair cream tetap bisa digunakan untuk menata rambut di pagi hari atau untuk perawatan rambut di malam hari. Bila ingin menggunakannya untuk hair styling, Anda dapat memilih produk yang menambah keindahan tekstur rambut. Namun, bila Anda ingin memakainya untuk perawatan pada malam hari, pilihlah produk yang menghaluskan tekstur rambut. Anda dapat menyesuaikan produk pilihan Anda dengan waktu dan tujuan penggunaan.