Bagaimana cara memilih foundation untuk usia 20-an?

cara memilih foundation untuk usia 20-an

Foundation adalah make up dengan warna seperti kulit yang diaplikasikan ke wajah. Foundation juga dikenal dengan sebutan alas bedak, karena jenis kosmetik ini menjadi dasar aplikasi make up.

Bagaimana cara memilih foundation untuk usia 20-an?

Lapisan dasar makeup, salah satunya foundation, akan memengaruhi hasil akhir riasan. Cukup sulit menemukan produk yang cocok untuk kulit, terutama Anda yang berusia 20-an. Terlebih, jenis kulit yang bervariasi seperti kulit kering, berminyak, kombinasi, dan sebagainya juga turut andil dalam pemilihan foundation.

Karakteristik kulit pada usia 20-an


Karakteristik kulit pada usia 20-an

Pada usia 20-an, pembelahan sel berkembang pesat dan siklus regenerasi sel-sel kulit masih dalam kondisi normal. Kulit juga terlihat kencang dan memiliki warna yang sehat, sekilas tidak tampak terdapat masalah. Namun, kulit mudah terpengaruh oleh rangsangan dari luar dan juga ketidakseimbangan hormon. Selain itu, pergi tidur tanpa membersihkan makeup menjadi salah satu faktor yang dapat merusak kondisi kulit.

Sebagai tambahan, usia 20-an merupakan usia ketika karakteristik kulit mulai muncul secara mencolok. Paruh pertama, segelintir orang memproduksi sebum berlebihan dan terdapat hormonal acne. Selanjutnya, pada paruh kedua, kulit akan mulai terlihat kusam. Selain itu, kolagen dan ceramide yang bertugas untuk menjaga kulit tetap sehat pun semakin berkurang saat Anda mencapai penghujung usia 20-an.

Lakukanlah perawatan kulit dan gunakanlah makeup yang tepat ketika kondisi kulit Anda masih baik. Hal itu dapat Anda lakukan sebagai langkah pertama untuk menjaga kulit tetap indah di masa depan. Pastikan foundation yang Anda pilih merupakan produk yang tepat untuk kondisi kulit Anda dan tidak dipengaruhi oleh tren.

Simaklah informasi berikut yang harus Anda perhatikan dalam memilih foundation. Selain memilih produk yang sesuai dengan karakteristik kulit, sebaiknya produk pilihan juga dapat menjawab permasalahan kulit Anda.

Pilih foundation sesuai jenis kulit Anda


Poin yang harus diperhatikan saat memilih foundation juga bervariasi tergantung jenis kulit Anda. Kami akan menjelaskan tips memilih foundation sesuai jenis kulit Anda di usia 20-an berikut ini.

Untuk kulit kering, pilih foundation krim yang memiliki kadar pelembap tinggi

Untuk kulit kering, pilih foundation krim yang memiliki kadar pelembap tinggi

Jika Anda memiliki kulit kering dengan kelembapan kulit yang minim, sebaiknya pilihlah foundation jenis krim. Kadar kelembapan jenis ini lebih tinggi daripada jenis powder dan jenis cair sehingga dapat menanggulangi masalah kulit kering. Bila kulit terlalu kering, makeup dapat crack dan menciptakan garis-garis yang terlihat jelas pada kulit Anda.

Tipe ini ideal bagi Anda yang berusia akhir 20-an karena biasanya kulit mulai memproduksi lebih sedikit minyak. Untuk itu, foundation krim akan memberikan minyak dalam kadar yang cukup dan memberikan kilau pada wajah Anda.

Untuk kulit berminyak, pilih powder foundation yang memiliki kadar minyak lebih sedikit

Untuk kulit berminyak, pilih powder foundation yang memiliki kadar minyak lebih sedikit

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, lebih baik Anda memilih powder foundation. Tipe ini dapat mengurangi kadar minyak pada kulit Anda sehingga base makeup akan terlihat lebih mulus. Terutama pada awal usia 20-an saat banyak wanita mengalami sekresi sebum berlebih dan hormonal acne.

Jika foundation kurang menyatu akibat terlalu banyak minyak pada wajah, makeup Anda dapat dengan mudah rusak maupun luntur. Apabila Anda khawatir dengan kilap di wajah, Anda dapat mengendalikannya dengan powder foundation ini.

Pemilik kulit berminyak juga sebaiknya menghindari foundation jenis krim karena akan mudah luntur akibat minyak di wajah. Hal tersebut juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Namun, jika Anda ingin menggunakannya, aplikasikanlah secara tipis untuk menciptakan efek glowing dengan bantuan minyak alami di wajah.

Untuk kulit sensitif, pilih mineral foundation dengan bahan yang tidak mengiritasi kulit

Untuk kulit sensitif, pilih mineral foundation dengan bahan yang tidak mengiritasi kulit

Bila Anda memiliki kulit sensitif atau mudah iritasi, pilihlah foundation powder dengan tekstur seringan mungkin. Lebih dianjurkan untuk memilih powder foundation dengan kandungan mineral. Foundation yang mengandung mineral bagus untuk kulit Anda. Anda juga tidak perlu khawatir dengan adanya kemungkinan terjadi iritasi pada kulit.

Faktanya, banyak bahan-bahan yang mungkin saja tidak cocok dengan kulit Anda, bahkan bisa menyebabkan alergi. Kami sarankan untuk berhati-hati dengan produk yang berlabel organik atau berbahan alami. Terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi, pastikan selalu mengecek bahan yang terkandung sebelum membeli.

Untuk kulit kombinasi, pilih powder foundation yang mudah disesuaikan

Untuk kulit kombinasi, pilih powder foundation yang mudah disesuaikan

Bila Anda memiliki jenis kulit kombinasi, sangat penting untuk memilih foundation yang dapat menjadi base makeup sekaligus pelembap. Kulit kombinasi cenderung memiliki masalah berbeda pada beberapa area wajah. Contohnya, kulit berminyak di zona T, tetapi terasa kering di area pipi. Hal yang tepat Anda lakukan adalah mengontrol seberapa banyak powder foundation yang diaplikasikan pada wajah Anda.

Periksa karakteristik setiap foundation dan hasil akhirnya pada kulit


Umumnya, wanita berusia 20-an baru pertama kali menggunakan foundation. Akan tetapi, ada berbagai jenis foundation yang mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Untuk itu, mari cari tahu tipe-tipe foundation dan hasil akhirnya pada kulit Anda.

Untuk hasil akhir yang natural, matte, dan mudah digunakan, pilih foundation tipe powder

Untuk hasil akhir yang natural, matte, dan mudah digunakan, pilih foundation tipe powder

Powder foundation merupakan foundation jenis bubuk yang dipadatkan (pressed). Biasanya sudah terdapat spons juga sehingga memudahkan Anda untuk membawa dan memakainya di mana pun. Karena teksturnya ringan dan mudah diaplikasikan, foundation ini cocok untuk Anda yang baru mulai menggunakan makeup. Selain itu, tipe ini sempurna jika Anda menginginkan sentuhan akhir yang terlihat natural dan matte. Foundation jenis ini juga relatif lembut pada kulit karena kandungan pengawet dan surfaktannya sedikit.

Selain tipe yang dipadatkan, ada juga loose foundation yang tetap berbentuk bubuk tanpa pemadatan. Jenis foundation tanpa pemadatan itu memiliki kelebihan tekstur yang ringan dan lembut. Cocok untuk Anda yang tidak biasa menggunakan foundation yang berat.

Pada powder foundation, partikelnya hanya berada di permukaan dan sulit meresap ke dalam lapisan kulit. Hal ini tidak akan memberi beban berlebih pada kulit. Bagi Anda yang kulitnya sering bermasalah juga dapat memakainya dengan tenang. Namun, tipe ini memang sulit untuk mengubah tone kulit meski sudah diaplikasikan berulang kali. Solusinya, Anda bisa memakai concealer atau control color terlebih dahulu untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada kulit. Perpaduan itu akan membuat hasil akhir cantik dengan warna kulit yang rata.

Untuk kelembapan optimal dan daya coverage tinggi, pilih foundation tipe krim

Untuk kelembapan optimal dan daya coverage tinggi, pilih foundation tipe krim

Penggunaan foundation krim disarankan bagi Anda yang berusia akhir 20-an atau awal 30-an dan memiliki banyak permasalahan kulit. Contohnya, jerawat yang sulit disembuhkan atau munculnya flek dan noda hitam yang semakin terlihat akibat sinar ultraviolet.

Dibanding tipe powder atau cair, foundation krim ini lebih banyak memiliki kandungan minyak. Teksturnya yang pekat dapat lebih baik menyembunyikan permasalahan pada kulit. Efek pelembapnya yang tinggi akan membuat kulit Anda tampak indah sekaligus mencegah kekeringan kulit. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya karena tipe ini memiliki daya coverage paling tebal dibanding tipe lainnya.

Untuk kelembapan dan daya coverage seimbang, pilih foundation tipe cair

Untuk kelembapan dan daya coverage seimbang, pilih foundation tipe cair

Meski foundation cair tidak terlalu pekat, nyatanya tipe ini sangat seimbang dalam kemampuan melembapkan dan daya coverage-nya. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil akhir tampak natural.

Teksturnya bervariasi tergantung masing-masing produk, mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat. Namun, tidak seringan tipe powder dan tidak seberat tipe krim sehingga tidak terlalu membebani kulit. Lingkup pemakaiannya pun luas, Anda bisa menggunakannya untuk makeup pada acara besar maupun sehari-hari.

Untuk hasil bercahaya dan mudah digunakan, pilih foundation tipe cushion

Untuk hasil bercahaya dan mudah digunakan, pilih foundation tipe cushion

Foundation ini adalah kombinasi dari serum dan foundation yang memiliki sensasi melekat pada kulit dan tidak memerlukan base makeup. Anda dapat merasakan kulit terasa lembap seketika saat menggunakannya. Selain itu, foundation jenis ini menarik karena sangat mudah digunakan.

Selain itu, terdapat tipe all-in one yang tidak membutuhkan base makeup lain dan pengaplikasiannya cukup singkat. Tentunya cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan tinggi. Namun, karena kadar kelembapannya tinggi, kulit wajah cenderung mengilap setelah lama digunakan. Jadi, bila Anda memiliki jenis kulit berminyak, pilihlah tipe matte yang memiliki kandungan penyerap sebum agar hasilnya lebih natural.

Namun, dikatakan bahwa tipe ini lebih mudah luntur dibanding tipe lainnya. Untuk itu, setelah mengaplikasikan foundation, tekan-tekanlah lagi dengan tangan agar kulit tertutup foundation dengan sempurna.

Pilih foundation dengan kandungan pelembap dan anti-UV


Pilih foundation dengan kandungan pelembap dan anti-UV

Musuh besar bagi kulit yang indah adalah kekeringan. Permasalahan ini tidak hanya terbatas pada mereka yang memiliki kulit kering, tetapi juga untuk jenis kulit lainnya. Pemilihan makeup yang mengandung pelembap tinggi mampu membantu melindungi kulit di masa depan. Untuk itu, pertimbangkan foundation sebagai bagian dari perawatan kulit juga. Pilihlah produk yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, kolagen, royal jelly, dan sebagainya.

Keberadaan tabir surya juga sama pentingnya dengan pelembap. Dikatakan bahwa 80% penyebab penuaan kulit disebabkan oleh sinar UV. Pilihlah produk yang memiliki fitur anti-UV dan tertera kadar SPF/PA di dalamnya. Hal ini penting untuk Anda perhatikan mulai dari usia 20-an ketika masih memiliki kulit yang indah. Tujuannya tentu untuk mencegah kerusakan kulit di masa mendatang.