Bagaimana Cara memilih face emulsion untuk kulit berjerawat?

Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Berjerawat

Bagaimana Cara memilih face emulsion untuk kulit berjerawat?

Mengapa face emulsion penting untuk kulit berjerawat?


Tidak sedikit orang yang meragukan keefektifan penggunaan face emulsion untuk kulit berjerawat. Hal tersebut karena adanya anggapan bahwa face emulsion hanya cocok digunakan untuk kulit kering. Jika Anda termasuk yang beranggapan demikian, bacalah penjelasan di bawah ini.

1. Perbedaan penyebab jerawat saat remaja dan saat usia dewasa

Perbedaan penyebab jerawat saat remaja dan saat usia dewasa

Jerawat dibagi menjadi jerawat remaja yang biasa muncul saat pubertas dan jerawat dewasa yang timbul setelah seseorang mencapai usia dewasa. Penyebab jerawat remaja adalah produksi sebum berlebihan akibat hormon aktif. Kelebihan sebum ini akan menyumbat pori-pori, lalu mengakibatkan bakteri penyebab jerawat berkumpul dan menyebabkan peradangan. Biasanya, kondisi ini sering muncul di zona T.

Di sisi lain, jerawat dewasa biasanya muncul akibat stres, hormon yang tidak seimbang, dan kulit kering. Penyebab yang paling serius adalah kondisi kulit yang kering. Saat kelembapan menurun, kulit akan menghasilkan sebum untuk mengembalikan kelembapan kulit. Ditambah lagi, dengan bertambahnya usia, kemampuan sel kulit untuk memperbaiki diri pun ikut menurun. Hal ini menyebabkan tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati.

Selain itu, kurangnya kelembapan kulit juga menjadi penyebab menurunnya fungsi pertahanan kulit. Keadaan tersebut mengakibatkan kulit rentan terhadap bakteri dan sejenisnya. Hal ini pula yang menyebabkan jerawat dewasa lebih mudah meradang dan terjadi berulang kali.

2. Kelembapan adalah kunci semua masalah jerawat

Kelembapan adalah kunci semua masalah jerawat

Untuk jerawat remaja, kulit harus memiliki kelembapan yang cukup untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh sebum. Baik jerawat remaja maupun jerawat dewasa, kelembapan kulit yang cukup adalah hal yang penting untuk menjaga fungsi perlindungan kulit. Dengan kata lain, kunci dari masalah kulit berjerawat adalah kelembapan kulit.

Oleh sebab itu, peran face emulsion dibutuhkan di sini. Fungsi face emulsion sendiri adalah untuk melindungi permukaan kulit agar kelembapan dari dalam kulit dan kelembapan dari skincare lain tidak menguap. Jika Anda menggunakan face emulsion dengan benar setelah perawatan wajah, kulit Anda akan terjaga kesegarannya. Face emulsion akan mencegah penumpukan sebum di dalam pori-pori, menekan produksi minyak, dan membantu menyembuhkan jerawat.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, kami merekomendasikan Anda memilih face emulsion dengan tekstur yang tidak terlalu lengket. Kemudian, kenali juga kondisi kulit Anda agar dapat memilih face emulsion yang sesuai kebutuhan.

Cara memilih face emulsion untuk kulit berjerawat


Setelah Anda mengetahui pentingnya penggunaan face emulsion untuk kulit berjerawat, kami akan memberikan tips memilih face emulsion yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

1. Untuk jerawat remaja, pilih face emulsion yang mengandung bahan anti-inflamasi

Untuk jerawat remaja, pilih face emulsion yang mengandung bahan anti-inflamasi

Jerawat remaja disebabkan oleh produksi sebum berlebihan karena pengaruh hormon. Biasanya, kondisi kulit berminyak ini lebih sering terjadi di zona T wajah. Untuk jerawat jenis ini, kami merekomendasikan produk yang mengandung anti-inflamasi. Kandungan salicylic acid, glycyrrhizic acid, dan bahan antibakteri lainnya dinilai efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Jika Anda terganggu dengan tekstur lengket dari produk face emulsion, tidak ada salahnya memilih produk dengan efek oil control atau mengandung sebum absorption powder. Dengan demikian, wajah Anda akan selalu terlihat segar dan bebas minyak.

2. Untuk jerawat dewasa, pilihlah face emulsion yang kaya bahan pelembap

Untuk jerawat dewasa, pilihlah face emulsion yang kaya bahan pelembap

Jerawat yang muncul setelah usia dua puluh tahun termasuk jenis jerawat dewasa. Tidak seperti jerawat remaja, jerawat dewasa terjadi ketika keseimbangan kulit rusak. Penyebabnya sendiri berbeda-beda tergantung pada masing-masing orang. Kebanyakan orang bermasalah dengan jerawat sebelum masa menstruasi akibat stres, pola makan, dan ketidakseimbangan hormon. Kurangnya kelembapan di kulit wajah juga menjadi penyebab munculnya jerawat pada usia dewasa.

Bagi mereka yang rentan terhadap jerawat dewasa, pilihlah face emulsion yang memiliki efek pelembap yang tinggi sehingga dapat mencegah kulit kering. Produk dengan bahan anti-inflamasi juga penting untuk mengatasi jerawat dewasa.

3. Prioritaskan produk non-comedogenic

Prioritaskan produk non-comedogenic

Non-comedogenic di dalam suatu produk perawatan kulit dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika suatu produk face emulsion bertuliskan non-comedogenic di labelnya, artinya kandungan di dalam produk tersebut dapat mencegah penumpukan sebum di pori-pori. Dengan begitu, produk ini cocok digunakan untuk berbagai masalah kulit jerawat.

4. Bagi kulit sensitif, pilih produk yang rendah bahan aditif

Bagi kulit sensitif, pilih produk yang rendah bahan aditif

Untuk kulit sensitif dengan masalah jerawat, Anda dapat memilih face emulsion yang mengandung zat aditif seminimal mungkin. Pilih juga produk dengan kandungan yang dapat mempertahankan kelembapan kulit seperti ceramide untuk memulihkan tekstur dan fungsi pertahanan kulit.

5. Pilih tekstur yang ringan dan mudah menyerap

Pilih tekstur yang ringan dan mudah menyerap

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat dan produksi sebum berlebihan, pilihlah face emulsion bertekstur ringan yang tidak lengket di kulit. Selain itu, kami juga merekomendasikan produk berbentuk gel penyegar yang lebih cepat meresap di kulit.