Bagaimana Cara memilih eye mask untuk hilangkan mata panda?

Cara memilih eye mask untuk hilangkan mata panda

Bagaimana Cara memilih eye mask untuk hilangkan mata panda?

Mata panda atau lingkaran di bawah mata sering kali muncul karena berbagai faktor, mulai dari kurang tidur sampai penuaan kulit. Hal tersebut terkadang dirasa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan eye mask. Di pasaran, terdapat berbagai produk eye mask untuk menghilangkan mata panda.

Apa penyebab mata panda?


Apa penyebab mata panda?

Mata panda merupakan kondisi di mana terdapat lingkaran hitam di bawah mata Anda. Mata panda dapat disebabkan karena kurang tidur, tetapi kondisi ini hanya bersifat sementara. Ketika jam tidur Anda berkurang, darah tidak dapat mengalir dengan baik sehingga terkumpul di bawah mata. Kulit di sekitar mata yang sangat tipis membuat kumpulan aliran darah tersebut terlihat menghitam. Jika jam tidur Anda sudah normal kembali, lingkaran hitam tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Terlalu sering menatap monitor atau smartphone dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu munculnya mata panda. Kebiasaan ini membuat mata menjadi tegang dan pembuluh darah di sekitarnya membesar sehingga kulit di sekitar mata menghitam. Penyebab lainnya adalah pertambahan usia. Bertambahnya usia menyebabkan elastisitas kulit berkurang sehingga pembuluh darah di bawah mata makin terlihat jelas.

Alergi juga bisa menyebabkan mata panda. Saat Anda mengalami alergi, akan terjadi hiperpigmentasi sehingga area sekitar mata jadi menggelap. Selain itu, mata panda dapat muncul karena dehidrasi ringan, hidung tersumbat, anemia, dan kehamilan. Masih banyak hal lain yang dapat memicu munculnya mata panda, seperti faktor genetik, paparan sinar UV, serta konsumsi alkohol dan kafein berlebih.

Mata panda dapat dihilangkan dengan cara sederhana, antara lain memperbaiki jam tidur, mengompres mata, mencukupi kebutuhan air harian, serta menghindari kafein dan alkohol. Untuk membantu mengurangi tampilan mata panda, Anda bisa menggunakan eye mask, eye cream, dan tabir surya. Di samping itu, hindarilah menggosok mata karena akan membuat kulit iritasi.

Berbagai produk eye mask dapat Anda temui di pasaran. Tips berikut ini akan membantu Anda menemukan produk eye mask yang tepat untuk Anda. Baca secara saksama, ya.

Pilih bahan aktif sesuai penyebab mata panda


Pemilihan bahan aktif dalam eye mask yang sesuai dengan penyebab mata panda akan memberikan efek yang maksimal untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa bahan aktif yang dapat mengatasi mata panda sesuai dengan penyebabnya.

1.Kolagen dan hyaluronic acid untuk mata panda karena usia

Kolagen dan hyaluronic acid untuk mata panda karena usia

Pertambahan usia membuat kulit di bawah mata makin menipis. Dengan demikian, pembuluh darah jadi lebih terlihat dan kantong mata pun muncul. Jika Anda mengalami mata panda seiring dengan pertambahan usia, pilihlah eye mask yang mengandung kolagen dan hyaluronic acid atau asam hialuronat.

Kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit Anda, sedangkan hyaluronic acid membantu pembentukan kolagen pada kulit. Menggunakan eye mask yang mengandung kedua bahan ini akan membantu mengencangkan kulit di bawah mata, serta mengurangi tampilan kantong mata. Di samping itu, hyaluronic acid juga bersifat sebagai anti-inflamasi.

2. Kafein untuk mata yang lelah

Kafein untuk mata yang lelah

Mata panda juga dapat disebabkan karena kurang tidur dan rasa lelah pada mata. Untuk masalah ini, Anda dapat menggunakan eye mask yang mengandung kafein. Kafein dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain mencerahkan warna kulit, kafein dapat membuat daerah di sekitar mata lebih rileks sehingga menjadi lebih segar dan tidak sembap. Di samping kafein murni, Anda dapat memilih kandungan ekstrak daun teh atau Camellia sinensis. Meskipun sedikit, daun teh juga mengandung kafein.

3. Allantoin untuk alergi di area sekitar mata

Allantoin untuk alergi di area sekitar mata

Alergi di area sekitar mata bisa terjadi karena penggunaan kosmetik atau skincare yang tidak sesuai, juga karena faktor lainnya. Alergi dapat menyebabkan kulit di bawah mata Anda menghitam dan membengkak. Agar alergi Anda mereda, pilihlah bahan allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain allantoin, Anda juga dapat memilih eye mask yang mengandung Aloe vera. Sifat Aloe vera yang mendinginkan dapat membuat iritasi lebih cepat mereda.

4. Niacinamide untuk hilangkan dark circle membandel

Niacinamide untuk hilangkan dark circle membandel

Jika Anda memiliki dark circle yang membandel, cobalah eye mask dengan kandungan niacinamide. Niacinamide atau vitamin B3 memang sudah dikenal dapat mencerahkan warna kulit. Di samping itu, niacinamide juga dapat mengencangkan kulit di area sekitar mata.

Kandungan lain yang juga dapat mencerahkan kulit adalah antioksidan dan vitamin C. Antioksidan dapat Anda peroleh dari eye mask yang kaya akan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Pilih eye mask yang mengandung pelembap


Pilih eye mask yang mengandung pelembap

Selain memperhatikan bahan aktifnya, Anda juga perlu memilih eye mask yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap pada eye mask sangat membantu membuat kulit Anda lebih kenyal, juga menjaga dari kemungkinan munculnya kerutan.

Castor oil, Aloe vera, dan snail secretion filtrate merupakan contoh kandungan pelembap yang dapat Anda temui dalam eye mask. Kulit di bawah mata Anda akan lebih terhidrasi sehingga pembuluh darah Anda lebih rileks.

Pilih jenis eye mask yang nyaman digunakan


Terdapat 2 jenis eye mask yang dapat mengatasi mata panda yaitu sleeping mask dan eye patch. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Pada poin berikutnya, kami akan menjelaskan keunggulan masing-masing jenis eye mask.

1. Sleeping mask, untuk efek lembap di pagi hari

Sleeping mask, untuk efek lembap di pagi hari

Sleeping mask adalah masker yang Anda pakai sepanjang malam saat sedang tidur. Anda tidak perlu khawatir karena masker ini aman untuk diaplikasikan pada kulit di bagian bawah mata. Menggunakan sleeping mask akan membantu proses regenerasi kulit sehingga keesokan harinya Anda akan bangun dengan tampilan mata yang lebih segar.

Jika Anda memiliki banyak aktivitas di pagi hari, Anda dapat menggunakan sleeping mask agar mata Anda selalu terlihat fresh.

2. Eye patch, menyegarkan dalam sekejap

Eye patch, menyegarkan dalam sekejap

Eye patch merupakan sheet mask berbentuk bulan sabit. Dengan bentuk ini, eye patch jadi pas saat digunakan di bagian bawah mata. Berbeda dengan sleeping mask, eye patch hanya dipakai dalam beberapa menit saja sesuai dengan petunjuk penggunaan. Kandungan essence yang kaya di dalamnya membuat area di sekitar mata terasa lebih segar dalam sekejap.

Eye patch sendiri memiliki 2 jenis bahan, hydrogel dan fabric. Eye patch dari bahan hydrogel tidak dibasahi dengan essence karena di dalamnya langsung mengandung bahan aktif. Bentuk hydrogel juga lebih dapat merekat di kulit Anda.

Sementara itu, eye patch dengan bahan fabrics dirancang agar lebih lembut di kulit Anda. Eye patch ini menggunakan tambahan essence. Jika essence-nya berlebih, Anda dapat mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata merupakan masalah kecantikan yang dialami banyak orang. Kebanyakan orang akan menyimpulkan bahwa munculnya mata panda disebabkan karena kurang tidur atau tanda kelelahan.

Menurut dr. Shari Lipner, ahli kulit di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian, terjadinya kemunculan mata panda tidak hanya ditandakan dengan pigmentasi gelap di bawah mata. Tak sedikit keluhan mata panda disertai bengkak atau edema, kantong di bawah mata atau bahkan kerutan. Penyebab munculnya mata panda bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik.

Dr. Maryam Zamani, ahli bedah okuloplastik berbasis di London mengatakan bahwa faktor ini banyak dialami dikarenakan secara turun temurun dan berhubungan dengan genetika. Menurut catatannya, orang-orang Asia Tenggara maupun keturunannya, cenderung memiliki pigmentasi gelap di bawah mata. Tak sedikit orang yang mencari berbagai macam cara untuk menghilangkan mata panda, mulai dari yang paling modern hingga tradisional dengan bahan alami.

Masker Alami untuk Mata Panda

1. Masker Alami dari Kopi

Saat ini kopi tidak hanya dijadikan sebagai minuman atau pun makanan, kopi juga dapat dijadikan bahan sebagai masker untuk perawatan kulit, salah satunya adalah menghilangkan lingkaran hitam. Kopi dengan kandungan kafein yang cukup tinggi dicampur dengan minyak zaitun yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan sirkulasi darah di bawah mata.

Takarannya sekitar 1 sendok teh bubuk kopi dan 2 sendok teh minyak zaitun yang dicampur dan dioleskan ke seluruh area di bawah mata.

Cara lain adalah menggunakan ampas kopi. Setelah meminum kopi, pisahkan ampas kopi dan masukan ke dalam lemari es, setelah dingin dapat langsung dioleskan ke area di bawah mata diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas.

2. Masker Alami dari Teh Witch Hazel

Witch hazel atau nama latinnya, Hamamelis virginiana merupakan salah satu tanaman yang dikenal untuk meredakan peradangan dan kulit sensitif. Witch hazel juga merupakan larutan murni yang dapat mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak berlebih pada kulit.

Teh witch hazel dapat dijadikan masker alami untuk menghilangkan mata panda. Kombinasikan 1 sendok teh witch hazel , 1 sendok gel lidah buaya, dan 3-4 tetes minyak esensial lavender. Campuran bahan tersebut dioleskan ke bagian bawah mata selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

3. Masker Alami dari Putih Telur

Putih telur juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan mata panda, sebab dapat mengurangi retensi air dan peradangan pada bagian bawah mata.

Campurkan putih telur dengan 1 sendok teh tepung, dan 1 sendok makan perasan air lemon.

Setelah jadi, oleskan masker ke area bawah mata, diamkan 15-20 menit, dan cuci dengan air hangat.

4. Masker Alami dari Timun

Timun mungkin adalah bahan yang paling familiar didengar. Nonverbal Learning Disorders Association mengatakan bahwa timun bisa mencerahkan hitam di bawah mata. Hanya dengan 2 sendok makan parutan timun, 1 kapsul vitamin E, dan 1 sendok teh susu.

Oleskan campuran bahan tersebut sambil pijat perlahan selama beberapa menit, diamkan 15 menit dan bilan sengan air hangat. Masker alami di atas merupakan cara menghilangkan mata panda yang mudah dibuat dan diaplikasikan.

Setiap masker akan bekerja dengan baik jika dipakai secara teratur dan penggunaaan yang tepat.

Referensi

Sumber : https://parenting.orami.co.id/magazine/cara-menghilangkan-mata-panda-dengan-eye-mask-nalami