Bagaimana cara memilih essence untuk remaja?

cara memilih essence untuk remaja

Ketika memasuki usia remaja, kondisi kulit juga akan mulai berubah. Selain itu, kegiatan baru yang menyibukkan membuat para remaja mulai membutuhkan essence sebagai perawatan kulit

Bagaimana cara memilih essence untuk remaja?

Ketika memasuki usia remaja, kondisi kulit juga akan mulai berubah. Selain itu, kegiatan baru yang menyibukkan membuat para remaja mulai membutuhkan essence sebagai perawatan kulit. Namun, ada begitu banyak produk essence yang bertebaran di pasaran dengan keunikannya masing-masing. Sudah tahu mau pilih yang mana?

Karena itu, di bawah ini kami akan membahas cara memilih produk yang tepat untuk kulit remaja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Hal yang perlu diketahui oleh remaja mengenai kulit


Banyak para remaja yang mulai menyadari perubahan pada kulit mereka. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

1. Apa masalah kulit yang dialami oleh remaja?

Apa masalah kulit yang dialami oleh remaja?

Masalah kulit pertama yang mungkin terjadi pada remaja adalah jerawat. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mulai memasuki masa pubertas sehingga keseimbangan hormon terganggu. Karena itu, jerawat di usia remaja memang tidak bisa dihindari. Namun, tetap saja banyak remaja yang menatap cermin setiap hari dan mencuci muka secara berlebihan untuk menghindari jerawat.

Faktanya, menatap cermin setiap hari dan mencuci muka terlalu sering adalah salah satu penyebab masalah kulit, lho. Kegiatan mencuci muka yang berlebihan akan merusak keseimbangan sebum dan air pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering sehingga masalah kulit mudah muncul. Lalu, menatap cermin setiap hari dapat memunculkan perasaan ingin memencet jerawat, yang akan membuat jerawat bertambah parah. Karena itu, kami akan memaparkan tentang cara perawatan kulit yang benar di artikel ini.

2. Perlukah remaja memakai essence?

Perlukah remaja memakai essence?

Mencuci muka penting dilakukan untuk mengurangi sebum dan melenyapkan jerawat akibat ketidakseimbangan hormon. Namun, terkadang mencuci muka dapat menghilangkan sebum yang diperlukan oleh kulitmu.

Sebum sering dikatakan sebagai penyebab jerawat, tetapi sebenarnya sebum muncul karena kondisi kulit yang mengalami kekeringan. Kekeringan kulit sendiri bisa disebabkan oleh pembersihan wajah yang berlebihan. Sebagai akibatnya, kandungan air dan lemak di kulit mengalami ketidakseimbangan. Jadi, kekeringan kulit akan menyebabkan kelebihan sebum, dan kelebihan sebum akan menyebabkan jerawat.

Untuk memutus lingkaran setan tersebut, gunakanlah essence yang tepat setelah mencuci muka supaya kulit kembali lembap. Mungkin beberapa orang merasa ini terlalu dini untuk dilakukan, tetapi penggunaan essence untuk melembapkan diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Di pasaran, ada begitu banyak jenis essence yang beredar. Berikut ini akan kami paparkan poin-poin penting dalam memilih essence yang sesuai dengan kulit remaja!

Pilihlah essence yang sederhana


Kulit remaja hanya perlu perawatan minimal, yaitu cuci muka dan pelembap saja. Maka dari itu, essence yang diperlukan pun cukup yang sederhana. Berikut ini akan kami jelaskan yang dimaksud dengan essence sederhana.

1. Berharga ekonomis

Berharga ekonomis

Ada begitu banyak produk perawatan kulit yang dijual di bagian kosmetik di pusat perbelanjaan. Produk seperti face emulsion dan serum biasanya diletakkan di rak yang sama dengan essence. Jadi, jangan sampai salah mengambil produk.

Essence tersedia dalam berbagai harga. Namun, untuk para remaja, pilihlah yang paling ekonomis. Kami merekomendasikan essence berharga Rp 150.000–Rp 300.000 dengan isi yang banyak dan fungsi sederhana. Karena memiliki struktur kulit yang masih bagus, remaja belum membutuhkan essence dengan kandungan kompleks.

Semakin kompleks kandungan sebuah essence, maka semakin mahal pula harganya. Daripada membuang uang untuk membeli produk yang tidak sesuai dengan usia, lebih baik simpan uangmu untuk kebutuhan lainnya.

2. Tanpa kandungan pemutih wajah

Tanpa kandungan pemutih wajah

Berbagai produk kosmetik yang menyertakan kandungan pemutih masih kerap dijumpai. Namun, kandungan pemutih belum diperlukan bagi para remaja karena kondisi kulit yang masih dalam tahap pertumbuhan. Lain halnya jika sudah berusia 20-an, kandungan pemutih dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih muda.

Kandungan pemutih seperti hidrokuinon dan arbutin berfungsi untuk menormalkan kembali siklus metabolisme kulit agar noda dan bintik hitam tersamarkan. Namun, kulit remaja masih memiliki metabolisme yang bagus sehingga tidak memerlukan kandungan pemutih. Selain itu, karena hormon baru mulai aktif, penggunaan essence dengan pemutih pada remaja dapat menyebabkan jerawat. Jadi, andalkan kemampuan penyembuhan alami kulit daripada menggunakan kandungan yang tidak sesuai.

Pilihlah yang bebas alkohol untuk meminimalkan iritasi


Selain yang sederhana, pilihlah juga essence yang bebas alkohol. Berikut ini adalah pemaparan mengenai kandungan alkohol dalam kosmetik.

1. Hati-hati dengan kandungan alkohol bagi si kulit kering

Hati-hati dengan kandungan alkohol bagi si kulit kering

Alkohol (etanol) pada kosmetik memiliki kemampuan membersihkan serta membasmi bakteri. Selain itu, alkohol juga dikenal ampuh sebagai penghilang sebum di wajah, pengencang kulit, bahkan sebagai pengawet dan pengemulsi. Tidak heran banyak produsen yang memasukkan alkohol pada produk essence mereka.

Sayangnya, si kulit kering dan sensitif perlu berhati-hati dengan kandungan ini. Kulit mungkin akan terasa halus dan mulus setelah penggunaan produk beralkohol. Akan tetapi, sebenarnya pada saat itu kandungan air pada kulit telah terambil. Dengan kata lain, penggunaan essence yang mengandung alkohol akan membuat kelembapan kulit hilang.

Untuk kulit sensitif, kandungan alkohol bisa menyebabkan kulit terasa perih dan memerah. Jika mengalaminya, segeralah beralih ke produk yang bebas alkohol.

2. Apakah bebas alkohol berarti tidak mengandung alkohol sama sekali?

Apakah bebas alkohol berarti tidak mengandung alkohol sama sekali?

Kandungan alkohol yang biasa digunakan pada essence adalah etanol. Produk yang tidak mengandung etanol biasanya diklaim sebagai produk bebas alkohol. Namun, banyak kandungan alkohol lain yang biasanya terdapat dalam suatu produk, seperti stearyl alcohol, lauryl alcohol, cetearyl alcohol, dan behenyl alcohol. Jadi, bagi pemilik kulit kering dan sensitif harap tetap berhati-hati dengan kandungan-kandungan tersebut.

Sebenarnya, alkohol tidak selalu membuat kulit menjadi kasar dan harus dihindari sepenuhnya, lho. Alkohol juga memiliki kelebihannya tersendiri. Kenali jenis kulitmu dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakan produk dengan alkohol. Mengganti essence yang biasa dipakai dengan kondisi kulit saat itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Pilihlah yang memiliki kandungan obat untuk kulit berjerawat


Pilihlah yang memiliki kandungan obat untuk kulit berjerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit remaja memiliki sekresi sebum yang aktif karena pengaruh hormon. Hal inilah yang menyebabkan jerawat mudah muncul. Sebenarnya, jerawat bisa dicegah dengan mencuci muka secukupnya. Namun, bagi yang sering berkeringat, masalah jerawat tetap menjadi kekhawatiran tersendiri.

Sebagai solusi, pilihlah essence dengan kandungan obat jerawat, seperti salicylic acid dan isopropyl methylphenol. Bahan-bahan ini ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat dan melunakkan kulit mati agar jerawat tidak mudah muncul. Hanya saja, jika jerawatmu hanya sedikit, biarkanlah jerawat sembuh alami tanpa penggunaan kandungan obat jerawat.

Cara efektif dalam menggunakan essence


Selain produk yang baik, diperlukan juga cara penggunaan yang tepat agar manfaatnya bisa maksimal. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan essence.

1. Bagaimana penggunaan essence yang efektif?

Waktu yang paling baik untuk menggunakan essence adalah setelah mencuci muka, terutama setelah mandi. Kulit yang baru saja dibersihkan akan mudah menyerap air. Jadi, tidak perlu lagi mempermasalahkan air yang tersisa di wajah setelah mandi karena kulit akan menyerapnya dengan baik.

Setelah wajah dibersihkan, tuangkan essence dan ratakan di kedua telapak tangan. Usahakan agar essence terbaur rata di telapak tangan. Lalu, aplikasikan essence dengan menekan wajah secara perlahan selama 5–10 detik. Panas dari tangan akan membuat essence lebih mudah menyerap. Untuk mengunci kelembapan, tambahkan face emulsion dengan cara penggunaan yang sama. Namun, untuk para remaja yang sibuk di pagi hari, gunakan produk essence yang menjadi satu dengan face emulsion.

2. Bagaimana cara merawat wajah yang tepat?

Bagaimana cara merawat wajah yang tepat?

Untuk menghilangkan masalah kulit, berhati-hatilah saat membersihkan wajah. Pertama-tama, cucilah tangan sampai bersih. Spons cuci muka dapat digunakan untuk membuat busa dan membersihkan wajah. Hindari menggosok wajah dengan kuat supaya kulit tidak iritasi.

Pernah melihat iklan di televisi yang menggambarkan penggunaan essence dengan cara menepuk wajah? Jangan menirunya, ya! Menepuk kulit wajah tidak akan membuat essence lebih mudah terserap, tetapi malah akan melukai kulit wajah.

Selain itu, penggunaan essence dengan kapas bisa membuat kulit menjadi kasar akibat serat kapas yang tersisa. Jadi, gunakanlah essence menggunakan tangan saja. Namun, pastikan kulit tangan bersih ketika akan mengaplikasikan essence.