Bagaimana cara memilih essence untuk perawatan anti-aging?

cara memilih essence untuk perawatan anti-aging

Essence adalah cairan berbahan dasar air yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan di dalamnya. Meski memiliki formula yang cair, tekstur essence cenderung lebih kental dari air biasa dan toner.

Bagaimana cara memilih essence untuk perawatan anti-aging?

Ketika kulit memasuki masa titik balik seiring bertambahnya usia, mungkin sudah saatnya Anda mengganti essence yang digunakan dengan produk khusus untuk anti-aging.

Apa itu essence perawatan anti-aging?


Apa itu essence perawatan anti-aging?

Kebanyakan di antara masalah kulit yang muncul seiring bertambahnya usia disebabkan oleh kondisi kulit kering. Di usia 40-an, komponen yang penting bagi kulit, seperti kelembapan kulit, kolagen, atau hyaluronic acid berkurang hingga setengahnya. Hal ini mengakibatkan munculnya bintik hitam, keriput, kulit kendur, pori terbuka, dan lainnya. Untuk itu, essence perawatan anti-aging dapat berperan aktif dalam mengatasi masalah kulit pada usia lanjut yang mengganggu banyak wanita.

Ciri khas utama dari essence perawatan anti-aging adalah kandungan bahan retensi kelembapan yang tinggi. Usia kulit yang menua bisa menyebabkan turunnya kemampuan regenerasi kulit, melemahnya fungsi pelindung kulit, dan terganggunya siklus pergantian kulit sehingga sel-sel sehat tidak dapat diproduksi. Berbagai masalah kulit akibat penuaan semacam ini dapat diatasi dengan penggunaan essence khusus dengan daya pelembap yang tinggi dan mampu memberikan penetrasi hingga ke bagian stratum corneum.

Jika masalah kulit seperti perubahan tekstur kulit, munculnya bintik hitam, kerutan, dan lainnya terlihat mencolok, itu adalah pertanda penuaan. Untuk Anda yang merasa tidak puas dengan essence yang digunakan saat ini, kami merekomendasikan untuk menggunakan essence perawatan anti-aging yang dapat memberikan efek melembapkan yang tinggi.

Dari sini, kami akan menjelaskan secara rinci poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih essence perawatan anti-aging.

Perawatan anti-aging tidak cukup dengan pemakaian essence saja


Perawatan anti-aging tidak cukup dengan pemakaian essence saja

Ketika memilih essence untuk perawatan anti-aging, periksa kemasannya dan pastikan produk tersebut sesuai untuk perawatan anti-aging. Umumnya terdapat lebih banyak kandungan bahan yang efektif untuk mengatasi masalah penuaan dibandingkan essence biasa.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa perawatan anti-aging tidak cukup dengan pemakaian essence saja. Gunakanlah semua rangkaian produk perawatan kulit, mulai dari cleansing, sabun wajah, serum perawatan kecantikan, face emulsion, hingga krim pelembap. Hal ini berlaku tidak hanya untuk melawan dampak penuaan, tetapi juga bagi perawatan kulit secara umum.

Jadi, saat menggunakan essence perawatan anti-aging, pilihlah produk kosmetik dasar yang menunjang upaya melawan dampak penuaan. Anda tidak harus menggunakan produk dari satu rangkaian skincare yang sama. Akan tetapi, pemakaian produk yang saling menunjang semacam ini akan memaksimalkan efek dari essence perawatan anti-aging.

Pilih berdasarkan permasalahan kulit


Setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Jadi, pilihlah essence perawatan anti-aging dengan kandungan yang sesuai untuk mengatasi permasalahan kulit Anda.

1. Untuk kulit kusam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau plasenta

Untuk kulit kusam, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau plasenta

Bagi Anda yang khawatir dengan kulit kusam atau munculnya bintik-bintik hitam akibat terbakar sinar matahari maupun pergantian kulit, pilihlah essence yang dapat memberikan perawatan untuk memutihkan kulit. Produk dengan kandungan vitamin C derivatif atau plasenta yang efektif dalam memutihkan kulit bisa menjadi pilihan.

2. Untuk pori-pori terbuka atau kendur, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau kolagen

Untuk pori-pori terbuka atau kendur, pilih yang mengandung vitamin C derivatif atau kolagen

Bagi Anda yang mengalami masalah pori-pori kulit yang terbuka, disarankan untuk menggunakan essence dengan kandungan vitamin C derivatif yang dapat mengecilkan pori-pori. Anda juga bisa memilih produk yang mengandung kolagen untuk mengencangkan kulit dan mengembalikan elastisitasnya.

3. Untuk mengatasi garis halus dan keriput di wajah, kulit kering atau kendur, pilih yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide

Untuk mengatasi garis halus dan keriput di wajah, kulit kering atau kendur, pilih yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit kendur atau adanya garis halus di wajah, pilihlah essence yang kaya akan vitamin C derivatif yang mampu meningkatkan elastisitas kulit, atau produk yang mengandung kolagen, hyaluronic acid, dan ceramide yang populer sebagai bahan pelembap kulit. Dengan kelembapan yang terjaga, masalah kulit kering atau keriput pun bisa diatasi.

Periksa kandungan bahan perawatan anti-aging


Periksa kandungan bahan perawatan anti-aging

Saat memilih essence, pastikan untuk memeriksa tabel bahannya. Tabel komposisi produk biasanya ditulis dalam urutan kadar kandungannya. Oleh karena itu, jika bahan yang ingin Anda gunakan sudah jelas, Anda dapat memeriksanya pada tabel daftar bahan sehingga mudah untuk memilih essence perawatan anti-aging yang Anda cari.

Perhatikan harganya agar bisa digunakan secara berkelanjutan


Perhatikan harganya agar bisa digunakan secara berkelanjutan

Essence perawatan anti-aging harus digunakan secara rutin setiap hari dalam jumlah yang tepat. Jika Anda membeli produk perawatan kulit yang mahal dan hanya menggunakan dalam jumlah lebih sedikit dari yang ditentukan, Anda tidak akan merasakan efek yang diharapkan.

Produk perawatan anti-aging memang termasuk barang yang relatif mahal karena bahan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, pilihlah essence yang harganya relatif masuk akal agar bisa digunakan dalam jumlah yang tepat secara rutin dan berkelanjutan.

Langkah pertama untuk memilih esensi perawatan kulit terbaik adalah mencari tahu jenis kulit Anda. Pada dasarnya ada empat jenis kulit.

  1. Kulit kering
    Orang-orang dengan kulit kering sering mengalami kencang, gatal, kering, dan kurang bercahaya. Orang-orang ini tidak memiliki minyak yang cukup pada penghalang kulit mereka. Banyak orang berpikir bahwa orang-orang ini membutuhkan lebih banyak minyak pada kulit mereka, tetapi faktanya jenis kulit ini kurang hidrasi.

  2. Kulit Berminyak / Rawan Jerawat
    Orang-orang dengan jenis kulit yang berminyak / berjerawat berjuang dengan berbagai masalah kulit. Mereka berjuang untuk memerangi bersinar / rentan terhadap berjerawat. Dan, orang-orang ini memiliki pori-pori yang membesar dan kulit lebih tebal, yang merupakan masalah khas zona T. Kelenjar sebaceous menghasilkan minyak berlebih pada penghalang kulit, yang menyebabkan berbagai masalah kulit.

  3. Kulit kombinasi
    Tugas meningkatkan kesehatan kulit orang-orang dengan jenis kulit kombinasi tidaklah mudah. Mereka menangani masalah yang dihadapi oleh orang-orang dengan kulit berminyak dan juga orang-orang dengan kulit kering.

  4. Kulit normal
    Jenis kulit ini adalah jenis kulit terbaik. Pori-pori sangat minim, yang membuat kulit tidak terlalu kering atau berminyak. Orang-orang dengan kulit normal cenderung menerima banyak pelengkap yang bagus. Merupakan berkah memiliki kulit normal, dan bukan tugas yang sangat sulit untuk merawat kulit normal.

Berikut adalah tips khusus untuk memilih esensi terbaik, sesuai dengan jenis kulit.

  1. Kulit kering
    Orang-orang dengan kulit kering harus menggunakan esensi pelembab. Pastikan penuh dengan asam hidrolik. Ini dapat membantu mengatasi dehidrasi dengan cara yang lebih baik. Bagi orang-orang dengan kulit kusam, penting untuk mendapatkan esensi dengan tumbuhan zingy dan pigmen mutiara yang cerah. Berikut adalah produk untuk kulit kering dan sensitif.

  2. Jenis kulit berminyak / berjerawat
    Orang-orang dengan jenis kulit berminyak / rawan jerawat harus mencari esensi yang dapat membantu mengendalikan kelebihan minyak dan merawat kutub yang membesar.

  3. Kulit kombinasi
    Memilih esensi untuk jenis kulit kombinasi cukup menantang. Pipinya kering, tetapi T-Zone sering berminyak dengan jenis kulit ini. Esensi harus dipilih yang dapat melembabkan dan juga menangani masalah kulit berminyak. Esensi terbaik adalah yang dapat menenangkan dan melembabkan kulit, bahkan di musim dingin. Itu harus mengandung bahan-bahan yang dapat membuat penghalang untuk mengunci kelembaban dan menenangkan kulit.

  4. Kulit normal
    Memilih esensi untuk jenis kulit normal bukanlah tugas yang sulit. Tidak ada persyaratan khusus untuk memilih esensi untuk jenis kulit ini. Satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan adalah esensi harus efektif dalam melakukan tugasnya. Esensi yang sama, yang kami pilih untuk kulit berminyak dapat menjadi esensi yang bagus untuk orang dengan kulit normal.