Bagaimana cara memilih burung merpati untuk dipelihara?

Ada berapa kriteria untuk memilih burung merpati?

Beli burung merpati yang sehat
Tips pertama adalah anda harus membeli burung merpati yang sehat . Adapun cirri burung merpati sehat yaitu meliputi burung tersebut memiliki bulu yang bagus, pada bagian ujung sayap burung merpati tersebut tidak melor atau tidak turun dan yang terakhir yaitu jika burung merpati tersebut ditangkap oleh Anda dengan tangan maka reaksi atau perlawanan burung merpati sangatlah besar.

Jangan pilih merpati yang tua
Tips kedua adalah Anda usahakan jangan membeli burung merpati yang sudah tua. Hal tersebut dikarenakan sangat kecil kemungkinan burung tersebut untuk bereproduksi atau bahkan burung tersebut waktu hidupnya tidak dapat berlangsung lama. Nah, adapun ciri-ciri burung merpati yang sudah berusia tua yaitu daging di sekitar paruhnya terlihat tebal, bagian lubang hidungnya juga terlihat adanya kerutan daging tebal , dan yang terakhir paruhnya tidak mengkilat ketika Anda lihat secara cermat.

Perhatikan burung merpati dari jauh
Tips ketiga adalah jika pada saat anda memilih burung merpati di antara banyak burung merpati lainnya yang ada di dalam satu sangkar, sebaiknya Anda jangan terlalu dekat dengan sangkar burung merpati tersebut. Yang Anda lakukan yaitu mencermati perilaku para burung merpati tersebut dari kejauhan.

Hal yang harus Anda ketahui ketika Anda mencermati perilaku burung merpati tersebut, Anda akan melihat satu burung merpati di dalam sangkar tersebut memiliki sifat yang paling dominan diantara yang lainnya, burung tersebutlah merupakan raja dari burung- burung merpati yang lainnya tersebut.

Pilih indukan dan pejantan yang tepat
Tips terakhir adalah sebelum memilih burung merpati sebelum diternakan atau dirawat sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu khususnya tentang hal ciri- ciri antara induk pejantan burung merpati dan induk betina burung merpati. Induk pejantan burung merpati biasanya memiliki paruh yang lebih tebal dibandingkan dengan induk betina.