Bagaimana cara memilih bodysuit?

bodysuit

Bodysuit adalah pakaian terusan yang menutupi bagian torso hingga bagian selangkangan dan biasanya terbuat dari bahan yang elastis seperti spandex, katun, atau nilon. Pakaian jenis ini biasanya digunakan untuk olahraga seperti renang, senam lantai, dan tari.
Bagaimana cara memilih bodysuit?

Memiliki lekuk tubuh yang indah tentu adalah impian setiap wanita. Bodysuit akan membantu Anda mewujudkannya. Bahkan di usia muda sekalipun, penggunaan bodysuit juga direkomendasikan.

Ada berbagai tipe bodysuit, yaitu one-piece, two-piece, dan yang mirip seperti korset. Bodysuit seperti apa yang cocok untuk Anda? Di bawahl ini, kami akan menjelaskan cara memilih bodysuit

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu untuk Anda. Mari simak poin-poin pentingnya berikut ini!

Pilih tipe one-piece atau two-piece


Tipe bodysuit yang paling umum adalah one-piece dan two-piece. Kedua tipe ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Tipe one-piece : untuk yang menginginkan correction effect

Tipe one-piece : untuk yang menginginkan correction effect

One-piece bodysuit dapat membentuk payudara, pinggang, dan pinggul secara keseluruhan. Dengan tipe ini, Anda akan mendapatkan tiga fungsi sekaligus, yaitu sebagai bra, waist nipper, dan korset. Perpaduan ketiga fungsi tersebut tentu akan memberi lekukan tubuh yang indah. Tipe ini nyaman dipakai saat mengenakan gaun yang ketat dan juga celana.

2. Tipe two-piece/separate : mudah dilepas dan dipakai kembali

Tipe two-piece/separate : mudah dilepas dan dipakai kembali

Sekilas, two-piece bodysuit terlihat mirip dengan tipe one-piece. Namun, sebenarnya tipe ini memiliki bentuk yang dipotong di sekitar bagian panggul. Jika Anda merasa panjang dari bodysuit tipe one-piece tidak ada yang pas dengan ukuran tubuh Anda, tipe ini bisa dijadikan pilihan.

Meski tidak memberi efek mengangkat pinggul, two-piece bodysuit populer karena mudah dipakai dan dilepas. Untuk Anda yang ingin payudaranya tampak terangkat dengan pinggang yang lebih terbentuk, tipe ini cocok untuk Anda.

Pilih ada atau tidaknya cup bra sesuai kebutuhan


Beberapa bodysuit sudah memiliki cup bra, tetapi ada juga yang tidak. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan poin-poin penting di bawah ini, ya!

1. Dengan cup : pilihlah yang strap-nya dapat disesuaikan

Bodysuit yang sudah dilengkapi cup tentunya lebih nyaman dipakai sehingga Anda tidak perlu menggunakan bra lagi. Namun, Anda tetap harus memilih ukuran cup yang tepat. Sama seperti ketika memilih ukuran untuk bra, ukuran cup bodysuit yang tidak pas akan memengaruhi style Anda secara keseluruhan.

Hal yang harus dilakukan adalah mencobanya terlebih dahulu sebelum memilih. Cobalah beberapa ukuran hingga menemukan yang pas untuk Anda. Selain itu, akan lebih baik jika Anda memilih bodysuit yang dilengkapi dengan strap. Strap akan membantu mengangkat payudara agar terlihat lebih kencang.

2. Tanpa cup (cupless) : pilihlah yang memberi efek mengencangkan

Cupless bodysuit dapat dibeli dengan mudah secara online tanpa perlu mengkhawatirkan ukurannya. Anda juga tidak akan merasa sesak di bagian dada karena tidak ada tekanan di bagian tersebut. Karena itu, pilihlah bodysuit dengan efek mengencangkan untuk hasil terbaik.

Cek bagian selangkangan (crotch) untuk tipe one-piece


Bagian selangkangan (crotch) pada bodysuit tipe one-piece biasanya dibuat sedemikian rupa supaya mudah dilepas saat harus ke toilet. Namun, cara pemakaiannya berbeda-beda tergantung modelnya. Ingin tahu apa saja modelnya? Cek ulasannya di bawah ini.

1. Model pengait atau snap button : digunakan setelah celana dalam

Model pengait atau snap button : digunakan setelah celana dalam

Bodysuit ini memiliki pengait atau kancing snap button pada bagian selangkangan yang memudahkan pemakaian. Awalnya mungkin akan sedikit sulit menyesuaikan diri, tetapi setelah terbiasa, memakai bodysuit model ini tidak lagi memakan waktu. Umumnya, bodysuit dengan snap button digunakan setelah celana dalam.

2. Model open crotch : dipakai sebelum celana dalam

Model open crotch : dipakai sebelum celana dalam

Bodysuit model open crotch memiliki lubang di bagian selangkangan. Biasanya, model ini berbentuk full body hingga ke paha. Kebalikan dari model snap button, model open crotch dipakai sebelum celana dalam sehingga Anda tidak perlu melepasnya saat akan ke toilet. Praktis, bukan? Meski tampilannya sedikit unik, model ini tidak membuat Anda kerepotan saat ingin ke toilet.

Pilih level shaping sesuai dengan tujuan


Level shaping bodysuit tergantung pada variasi produknya. Soft adalah level yang nyaman untuk tubuh. Hard menawarkan pressure yang kuat untuk merampingkan tubuh Anda. Sementara itu, medium memiliki tingkat keketatan yang berada di antara keduanya. Supaya dapat memilih level yang pas, tentukan tujuan penggunaannya terlebih dahulu.

Apabila tujuan Anda adalah untuk mempertahankan bentuk tubuh saat ini, level soft dan medium akan lebih cocok. Namun, apabila Anda ingin membuat tubuh terlihat lebih ramping, level medium dan hard dapat dicoba.

Sebagai permulaan, kami menyarankan untuk membeli produk dengan level medium terlebih dahulu. Apabila kurang pas dengan yang diinginkan, Anda dapat menggantinya dengan level soft yang lebih longgar atau hard yang lebih ketat. Pada awalnya, mungkin bodysuit yang Anda kenakan akan terasa ketat. Akan tetapi, Anda akan terbiasa setelah sering mengenakannya, apalagi bahan yang digunakan pada bodysuit biasanya akan melar. Jadikanlah juga poin ini sebagai pertimbangan.

Pilih berdasarkan ukuran payudara dan pinggul


Bodysuit sebenarnya memiliki peranan yang sama dengan underwear sehingga ukuran payudara (bust) dan pinggul (hip) juga harus tepat. Di toko online, ukuran biasanya ditulis dalam bentuk lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul. Pastikan Anda mengecek lingkar bagian tubuh tersebut sebelum membeli.

Namun, beberapa produk seperti two-piece type dan cupless type biasanya hanya menuliskan ukuran umum seperti M dan L. Untuk kasus seperti itu, Anda bisa mengacu pada poin-poin referensi berikut ini.

  • Cek level shaping-nya, pilih yang pas dan jangan yang terlalu longgar atau terlalu ketat.
  • Pastikan bagian selangkangan (crotch) dan strap terbuat dari bahan yang nyaman dan elastis.
  • Pastikan bagian cup dan area perut tidak longgar. Ukuran yang tepat akan membungkus payudara serta perut dengan baik.
  • Pastikan bodysuit dapat membentuk dan menyangga pinggul sehingga tidak ada gelambir yang tampak.

Tentu saja cara terbaik untuk menemukan ukuran yang paling tepat adalah dengan mencobanya secara langsung. Namun, poin-poin yang telah kami paparkan di atas akan berguna untuk memeriksa ukuran sebelum membeli.