Bagaimana cara memilih body scrub yang tepat?

Bagaimana cara memilih body scrub yang tepat?

Banyak sekali pilihan body scrub di pasaran. Tentunya kita harus memilih body scrub yang tepat untuk kulit kita. Bagaimana cara memilih body scrub yang tepat?

1. Pilih berdasarkan jenis kulit

Dewasa ini, body scrub tidak hanya mengandung partikel gula atau garam, tetapi juga baking soda dan bahan-bahan alami lainnya. Perhatikan informasi dari kami di bawah ini, kemudian pilihlah jenis scrub yang cocok untuk Anda.

  • Salt scrub, efektif mengangkat sel kulit mati pada bagian siku dan lutut

Salt scrub direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kasar dan gelap di bagian siku, lutut, dan tumit. Kandungan garam dikenal mampu mengikis penumpukan keratin. Jika tidak dihilangkan, keratin yang menumpuk dapat menyebabkan kulit menjadi kasar dan tebal.

Selain itu, memijat menggunakan salt scrub dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga cocok untuk mengatasi kaki yang letih atau membengkak. Namun, tekstur butiran salt scrub umumnya cukup besar sehingga berisiko menimbulkan iritasi. Oleh karena itu, hindari penggunaan di bagian kulit yang tipis seperti ketiak dan wajah.

  • Sugar scrub, melembapkan dan aman digunakan di seluruh tubuh

Kami merekomendasikan sugar scrub untuk Anda yang ingin mendapatkan kulit halus pada seluruh tubuh. Tekstur butirannya lebih halus dibandingkan salt scrub sehingga dapat menurunkan risiko timbulnya iritasi pada kulit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya pada bagian kulit yang tipis, seperti ketiak, payudara, hingga area wajah.

Kandungan pelembap pada sugar scrub juga cukup tinggi sehingga efektif untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Dengan demikian, sugar scrub merupakan pilihan tepat bagi Anda dengan masalah kulit yang kering.

  • Baking soda scrub, efektif menghilangkan komedo dan membersihkan pori yang tersumbat

Kami merekomendasikan scrub yang mengandung baking soda untuk Anda yang memiliki masalah pori-pori tersumbat. Kandungan bikarbonat di dalam scrub ini memiliki kemampuan membersihkan yang amat tinggi sehingga banyak dipakai untuk mencegah timbulnya jerawat. Scrub ini sangat efektif untuk mengikis kulit mati dan daki yang dapat menimbulkan jerawat.

Namun, kami tidak merekomendasikan baking soda scrub bagi Anda pemilik kulit sensitif atau sangat kering. Selain itu, kami juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan scrub ini karena dapat menyebabkan kulit jadi kering. Sebaiknya, gunakan hanya beberapa kali dalam seminggu sembari memperhatikan kondisi kulit Anda.

  • Scrub berbahan alami, tepat untuk membersihkan kulit wajah dan kulit tubuh yang sensitif

Apabila Anda memiliki kulit sensitif, kami merekomendasikan scrub yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti rice bran , ubi jalar ungu, dan tanah liat (lumpur alami). Tekstur partikel scrub ini cukup kecil dan halus sehingga lebih ramah bagi Anda pemilik kulit sensitif. Namun, scrub ini biasanya memiliki kemampuan membersihkan yang relatif lebih rendah.

2. Pilih scrub dengan bahan pelembab yang tinggi

Scrub akan membuat kulit Anda menjadi lebih licin akibat proses perontokan sel-sel kulit mati. Akan tetapi, sering kali kulit menjadi kering setelahnya. Oleh sebab itu, pastikan body scrub pilihan Anda mengandung bahan pelembap sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

Pilihlah body scrub yang mengandung bahan pelembap tinggi, seperti jojoba oil , madu, dan shea butter . Anda juga disarankan menggunakan sugar scrub yang bertekstur halus dan mengandung pelembap tinggi.

3. Pilih kemasan sesuai penggunaan

Body scrub pada umumnya tersedia dalam kemasan tube dan jar. Apabila Anda ingin mengaplikasikan scrub dengan cara mudah, pilihlah kemasan tube . Biasanya, body scrub dalam kemasan tube memiliki bentuk gel lembut dan creamy sehingga lebih mudah untuk dioleskan secara merata. Selain itu, isinya tidak mudah terkena air sehingga lebih terjaga kualitasnya.

Namun, pilihlah kemasan jar apabila Anda ingin mengoleskan scrub dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan kemasan ini, Anda dapat melakukannya lebih cepat karena Anda tinggal mencolek scrub dengan menggunakan tangan. Jika ingin digunakan dalam jangka waktu yang lama, gunakanlah spatula. Spatula dapat menjaga supaya body scrub tetap higienis dan tidak mudah rusak.

4. Pilih aroma yang anda sukai

Pilihlah body scrub dengan aroma favorit supaya Anda dapat merawat tubuh dengan lebih nyaman. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba body scrub , kami merekomendasikan aroma musk dan lavender. Saat Anda sedang membersihkan kulit, aroma-aroma tersebut dapat sekaligus Anda manfaatkan untuk relaksasi.

Ada beberapa kandungan dalam body scrub yang sekaligus dapat mengencangkan kulit, seperti misalnya pepper . Saat memakainya, Anda akan memperoleh aroma yang eksotis. Contoh aroma lain yang eksotis adalah aroma oriental dan aroma khas Asia. Apabila Anda kesulitan untuk membayangkan aroma suatu produk, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lainnya.

Saat memilih scrub, pastikan untuk memilih scrub yang mengandung eksfoliasi yang menggosok kulit Anda dalam jumlah yang tepat, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Anda pada dasarnya harus memilih lulur wajah atau tubuh tergantung pada jenis kulit Anda serta tujuan di balik perawatan.

1. Kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit yang cerah dan kulit yang sangat sensitif terhadap sengatan matahari atau alergi, Anda memerlukan scrub yang lembut untuk kulit dan cukup efektif untuk menangkal sel-sel mati yang ada pada kulit Anda. Setiap spa yang bagus akan menawarkan perawatan menggosok yang ringan.

Penggemar krim yang dibuat menggunakan ekstrak buah atau madu sangat cocok untuk Anda. Sementara madu bersifat anti-jamur dan anti-bakteri, ekstrak buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk membawa cahaya pada kulit apa pun dan membuat kulit bersinar dengan sehat.

Salah satu jenis scrub yang umum tersedia di spa adalah campuran minyak almond, gula merah, madu, dan vanila. Humektan, seperti gliserol, juga dapat ditambahkan ke scrub ini.

2. Kulit kering

Lulur terbaik bagi mereka yang memiliki kulit kering adalah yang tidak menghilangkan minyak alami dari kulit. Banyak spa menggunakan scrub yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering. Lulur bermanfaat ini tidak hanya mengelupas kulit, tetapi juga memberi nutrisi pada kulit pada saat yang bersamaan.

Lulur untuk kulit kering umumnya mengandung oatmeal, kacang almond dan madu. Almond memelihara kulit dengan minyak alami dan oatmeal yang dikenal dapat menggosok kulit dengan lembut. Madu menambah kehalusan pada lulur dan melindungi kulit dari serangan bakteri atau jamur.

3. Kulit Normal

Mereka yang memiliki kulit normal dapat melanjutkan dengan garam laut atau scrub gula. Mereka yang ingin memilih opsi yang lebih ringan harus menggunakan scrub gula karena butirannya lebih kecil dari garam laut dan lebih mudah meleleh di kulit daripada yang terakhir. Menggunakan scrub gula pada wajah juga tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Pastikan wajah Anda digosok dengan gerakan memutar karena mendorong produksi kolagen. Lulur gula dan garam yang tersedia di spa dicampur kembali dengan minyak yang menunda peleburan butiran dan juga memiliki aroma lulur yang enak.

4. Kulit berminyak

Hampir semua spa memanfaatkan scrub oatmeal untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Oatmeal yang dicampur dengan gula merah, jus lemon dan Aloe Vera menyerap minyak ekstra dari kulit, melembutkan kulit, meningkatkan penyembuhan kulit dan juga mengurangi produksi minyak sampai batas tertentu.

5. Lulur Selulit

Banyak spa menawarkan scrub selulit yang dibuat menggunakan jahe dan garam. Jahe dan garam saat digunakan bersama sebagai scrub menghasilkan efek pemanasan pada kulit sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan melawan selulit.