Bagaimana cara memilih alat penyedot komedo?

cara memilih alat penyedot komedo

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Bagaimana cara memilih alat penyedot komedo?

Salah satu alat untuk merawat wajah adalah penyedot komedo. Alat ini digunakan untuk perawatan pori-pori wajah dan efektif mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat. Ada banyak produk yang dipasarkan oleh beberapa perusahaan, seperti Xpreen dan Wigo dengan spesifikasi dan keunggulan yang beragam.

Beberapa produk memiliki fitur khusus, misalnya kedap air atau bisa juga berfungsi sebagai mist spray. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih alat penyedot komedo yang tepat.

Pertama-tama, kami akan menjelaskan beberapa poin penting untuk memilih alat penyedot komedo yang mudah digunakan. Jadikanlah poin-poin ini sebagai acuan Anda untuk memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan!

Sesuaikan daya sedot alatnya dengan kondisi kulit wajah


Sesuaikan daya sedot alatnya dengan kondisi kulit wajah

Besarnya daya sedot alat terhadap pori-pori dinyatakan dalam satuan kPa. Semakin besar angka pada satuan ini, semakin kuat daya sedotnya. Banyak yang beranggapan bahwa produk dengan daya sedot yang besar akan lebih efektif dalam mengangkat kotoran. Padahal jika daya sedotnya terlalu kuat, justru dapat merusak jaringan kulit.

Umumnya, alat penyedot komedo memiliki daya sedot sekitar 50 kPa. Sementara itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk dengan daya sedot sekitar 40 kPa. Akan lebih baik lagi jika daya sedotnya bisa diatur sehingga dapat disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

Pilih tipe sumber daya berdasarkan tempat dan frekuensi penggunaannya


Ada 3 tipe sumber daya yang biasa digunakan pada alat penyedot komedo, yaitu baterai, daya yang bisa diisi ulang, dan kabel listrik. Berikut ini kami akan membahas perbedaan di antara ketiganya. Simak baik-baik, ya!

1. Tipe baterai : Mudah dibawa dan digunakan di mana pun

Tipe baterai : Mudah dibawa dan digunakan di mana pun

Alat penyedot komedo yang menggunakan batu baterai bisa digunakan di mana pun dan lebih tidak merepotkan saat dibawa-bawa. Cocok dipakai saat dinas ke luar kota maupun saat sedang berlibur. Selama Anda membawa batu baterai cadangan, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Selain itu, harga batu baterai juga cukup murah dan banyak dijual di toko.

Namun, daya sedot tipe ini akan melemah seiring menurunnya daya pada batu baterainya. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli baterai cadangan. Jika Anda sering menggunakan alat penyedot komedo, kami tidak menyarankan tipe ini. Akan tetapi, jika Anda menggunakannya sesekali saja, tidak ada salahnya memilih tipe ini.

2. Tipe rechargeable : Cocok untuk frekuensi pemakaian tinggi

Tipe rechargeable : Cocok untuk frekuensi pemakaian tinggi

Keunggulan alat penyedot komedo yang rechargeable atau bisa diisi ulang dayanya adalah lebih fleksibel karena bisa dipakai di mana pun selama dayanya masih cukup. Berbeda dengan tipe kabel yang harus dicolokkan ke stopkontak setiap saat.

Selain itu, untuk pemakaian sering dan jangka panjang, tipe ini lebih hemat dari yang menggunakan baterai. Jika dayanya habis, ada juga produk yang bisa diisi dayanya dengan USB charger, atau digunakan langsung dengan dicolokkan ke stopkontak seperti halnya tipe kabel. Sebelum membeli, periksa terlebih dahulu berapa jam penggunaan yang memungkinkan dalam kondisi daya penuh.

3. Tipe kabel : Memiliki daya sedot yang stabil

Tipe kabel : Memiliki daya sedot yang stabil

Tipe baterai dan tipe yang bisa diisi ulang dayanya biasanya akan berkurang kekuatan sedotannya seiring menurunnya daya. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada tipe kabel karena terhubung langsung dengan sumber listrik. Selain itu, kekuatan sedotannya juga lebih stabil dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Namun, tipe ini tidak dapat digunakan di kamar mandi atau di tempat yang tidak terdapat colokan listrik. Anda hanya dapat menggunakannya di wastafel dan ruangan yang memiliki colokan listrik. Jika Anda lebih sering menggunakan alat ini di luar kamar mandi, tidak perlu khawatir untuk memilih tipe ini.

Pilih produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan


Pilih produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan

Kami sarankan pilihlah produk yang memiliki berbagai jenis kepala tambahan, misalnya produk dengan ujung kepala penyedot yang ramping untuk menyedot komedo di sekitar lubang hidung. Ada juga produk dengan kepala penyedot lebar yang efektif untuk menyedot komedo di area pipi dan kening. Produk yang tidak memiliki kepala tambahan memang relatif lebih murah, tetapi terkadang tidak dapat memberikan efek yang optimal.

Pilih produk yang mudah digenggam dan periksa ukurannya


Pilih produk yang mudah digenggam dan periksa ukurannya

Biasanya, alat penyedot komedo memiliki ukuran yang beragam. Namun, yang terpenting Anda harus memilih produk yang mudah digenggam dan mudah disimpan agar tidak merepotkan. Rata-rata alat penyedot komedo memiliki ukuran sekitar 17 cm. Jika Anda menginginkan yang lebih praktis, pilihlah yang berukuran sekitar 15 cm. Apabila Anda sering membawanya untuk bepergian, jangan lupa untuk perhatikan beratnya juga.

Perhatikan fitur spesial dari produk tersebut


Dengan memilih produk yang memiliki fitur spesial ini, tentunya Anda akan menemukan banyak kemudahan dalam penggunaannya. Beberapa produk dilengkapi fitur tambahan seperti kedap air atau bisa digunakan sebagai mist spray.

1. Produk yang tahan air dapat digunakan di kamar mandi dan mudah dibersihkan

Produk yang tahan air dapat digunakan di kamar mandi dan mudah dibersihkan

Alat penyedot komedo efektif digunakan saat pori-pori kulit terbuka sehingga banyak orang memakainya ketika mandi. Oleh karena itu, fitur kedap air sangat penting jika Anda ingin menggunakannya di kamar mandi. Anda tidak perlu khawatir jika alat penyedot komedonya terkena air. Terlebih lagi, setelah memakainya Anda dapat langsung mencucinya sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Produk yang tidak kedap air membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkannya dari sisa komedo atau minyak yang menempel. Jika Anda ingin menghemat waktu dan tenaga dalam merawat alat penyedot komedo, pilih produk yang kedap air. Namun, produk penyedot komedo yang kedap air masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

2. Fitur mist spray memudahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori

Fitur mist spray memudahkan menghilangkan kotoran dari pori-pori

Jika Anda ingin membuka pori-pori wajah sebelum menggunakan penyedot komedo, pilih produk dengan fitur mist spray. Dengan mengunakan mist spray sebelum menyedot komedo, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal karena komedo jadi lebih mudah terangkat. Mungkin produk dengan fitur ini tidak banyak dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mencarinya.

Tips mengoptimalkan efek pemakaian alat penyedot komedo


Tips mengoptimalkan efek pemakaian alat penyedot komedo

Kunci untuk dapat membersihkan pori-pori dari kotoran secara maksimal adalah membuka pori-pori sebelum menggunakannya. Untuk dapat membuka pori-pori, gunakanlah uap hangat atau handuk hangat pada wajah. Hal itu akan membuat komedo dapat terangkat dengan mudah dan mengurangi risiko iritasi kulit.

Kami juga menyarankan untuk menggunakan alat penyedot komedo di saat Anda mandi. Tentunya dengan menggunakan produk yang kedap air. Saat mandi, pori-pori terbuka secara alami sehingga Anda tidak perlu menggunakan uap hangat atau handuk hangat lagi. Jika produk yang Anda pakai tidak kedap air, gunakan uap hangat atau handuk hangat ke wajah sebelum menyedot komedo.