Bagaimana Cara memilih acne patch?

Cara memilih acne patch

Bagaimana Cara memilih acne patch?

Acne patch atau sering disebut plester jerawat adalah produk perawatan jerawat yang populer di Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, pengguna acne patch ini semakin banyak karena terbukti efektif mengatasi jerawat. Bahan aktif di dalamnya mampu melindungi area kulit yang berjerawat serta mempercepat proses penyembuhannya.

Berbagai merek terkenal, seperti COSRX, The Face Shop, dan Missha telah mengeluarkan produk acne patch andalan yang layak dicoba. Kami akan membantu Anda dalam memilihnya dengan memberi rekomendasi produk beserta cara memilih yang tepat. Mari simak artikelnya sampai habis untuk mengetahui acne patch lebih jelas lagi.

Di Indonesia, kini telah banyak orang yang tertarik menggunakan acne patch untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Mungkin saja Anda salah satunya. Sebelum memutuskan produk yang akan dibeli, sebaiknya periksa terlebih dahulu poin-poin berikut ini!

Pilih berdasarkan tipe acne patch-nya


Secara garis besar, terdapat dua tipe acne patch, yaitu tipe acne care dan tipe protection. Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

1. Tipe acne care yang mengandung bahan aktif

Tipe acne care yang mengandung bahan aktif

Tipe ini mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengempiskan jerawat hanya dengan menempelkannya. Jika Anda ingin menggunakan acne patch sebagai pengganti krim jerawat dan essence, pilihlah tipe acne care ini.

2. Tipe protection yang mampu menyerap sekresi jerawat

Tipe protection yang mampu menyerap sekresi jerawat

Tipe berikutnya adalah acne patch tanpa kandungan bahan-bahan aktif acne care dan hanya berperan sebagai plester penutup. Tipe ini dapat melindungi jerawat dari kekeringan, kontaminasi bakteri, dan faktor eksternal lain yang bisa memperparah kondisi jerawat. Ada juga beberapa produk yang dapat menyerap sekresi jerawat, misalnya nanah. Tipe ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering tidak sengaja menyentuh jerawat.

Periksa kandungan bahan aktifnya ketika memilih tipe acne care


Acne patch tipe acne care biasanya diformulasikan dengan kandungan tertentu yang memiliki fungsi bakterisida. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa contoh kandungan yang sering digunakan dalam tipe acne care.

1. Isopropyl methylphenol : Memiliki efek bakterisida

Isopropyl methylphenol : Memiliki efek bakterisida

Isopropyl methylphenol (IPMP) merupakan kandungan yang memiliki efek bakterisida tinggi. Kandungan ini sudah sering dipakai sebagai bahan utama produk perawatan jerawat, seperti sabun muka. IPMP tidak mengiritasi kulit sehingga aman digunakan untuk kulit kering atau kulit sensitif sekalipun.

Namun, penggunaan IPMP untuk acne patch masih jarang ditemukan pada produk yang beredar di Indonesia. Selain IPMP, bahan yang memiliki efek bakterisida tinggi adalah chlorhexidine diacetate. Pilihlah produk-produk yang mengandung bahan yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

2. Salicylic acid : Memberi efek peeling dan antibakteri

Salicylic acid : Memberi efek peeling dan antibakteri

Salicylic acid juga merupakan kandungan yang sering digunakan pada produk perawatan jerawat. Kandungan ini biasanya digunakan untuk mengangkat lapisan keratin yang telah mati.

Produk acne patch yang mengandung salicylic acid sangat direkomendasikan bagi kulit yang memiliki masalah pori-pori tersumbat. Acne patch tipe ini juga efektif digunakan sebagai tindakan awal untuk mengatasi jerawat-jerawat yang belum muncul ke permukaan.

3. Tea tree dan lavender oil : Bahan alami dengan efek bakterisida

Tea tree dan lavender oil : Bahan alami dengan efek bakterisida

Tea tree dan lavender oil merupakan essential oils yang mampu membasmi bakteri. Kedua bahan ini banyak digunakan pada produk perawatan jerawat. Jika Anda menginginkan produk yang berbahan alami dan ramah di kulit, acne patch dengan kandungan tea tree atau lavender oil adalah pilihan tepat.

Pilih berdasarkan ukuran dan warna


Pilih berdasarkan ukuran dan warna

Acne patch tersedia dalam berbagai varian warna. Misalnya yang transparan dan tidak terlalu mencolok atau warna yang mirip dengan warna kulit seperti beige. Sebenarnya, Anda tidak perlu memikirkan warna jika hanya menggunakannya saat tidur. Namun, jika Anda menggunakannya untuk beraktivitas di siang hari, pilihlah acne patch dengan warna yang tidak mencolok.

Acne patch juga tersedia dalam berbagai ukuran. Bahkan ada pula produk yang menawarkan ukuran berbeda dalam satu set. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan Anda, yakni ukuran jerawat atau pun areanya.

1. Sesuaikan daya rekat produk dengan waktu penggunaan

Sesuaikan daya rekat produk dengan waktu penggunaan

Daya rekat pada acne patch berbeda-beda tergantung pada produknya. Jika kulit Anda tergolong sensitif atau Anda ingin menggunakannya hanya saat tidur, pilihlah produk yang daya rekatnya relatif rendah. Sebaliknya, pilihlah produk berdaya rekat tinggi jika Anda ingin beraktivitas di luar rumah dalam jangka waktu lama. Lebih baik lagi bila Anda memilih acne patch yang tahan air dan tahan keringat.