Bagaimana cara memelihara ular cincin emas?

Ular cincin emas

Ular cincin emas ( Boiga dendrophila) termasuk ular yang berbisa, namun masih banyak para pecinta hewan yang masih berminat untuk memelihara ular tersebut bagaimanakah cara memelihara ular cincin emas yang baik dan benar?

Dalam pemeliharaan ular ini tidak beda dengan ular arboreal lainnya, pastikan setting terra atau kandang sesuai habitatnya seperti denga aksesoris pepohonan dan aksesoris aksesoris lainnya yang dapat membuat kandang terasa alami.

Untuk ular cincin emas hasil tangkapan alam sangat sering mengalami luka pada monyongnya hingga rubbing saat dipelihara, hal ini disebabkan oleh karakter ular ini yang sangat jumpy dan berusaha keras keluar dari kandang dengan menyundul nyundul kanda terus menerus jadi pastikan kandang aman dari sisi sisi yang tajam agar saat ular ini berusaha kabur tidak sampai terluka hingga akhirnya ular cincin emas dapat beradaptasi dalam kandang dan lingkungan tempat pemeliharaan.

image

Pemberian pakan bisa menggunakan mencit tikus atau burung pipit, jika hasil tangkapan alam mungkin susah untuk membuat ular cincin emas mulai makan atau lancar makan hal ini karna tingkat stress ular ini cukup tinggi sehingga proses adaptasi memerlukan waktu yang lama tentunya di imbangi dengan usaha usaha penjinakkan yang efektif. alangkah baiknya biarkan ular ini lancar makan dulu dan nyaman dalam kandang baru dilakukan penjinakkan karna biasanya jika kita menjinakkan terlebih dahulu dengan cara sering handle memang seperti membuahkan hasil yaitu ular cincin emas tidak menggigit lagi tapi ini adalah salah satu gejala stress dari ular ini dan diikuti dengan mogok makan yang bisa berlangsung hingga ular mati. untuk pemberian minum cukup sediakan wadah minum dalam kandang, tidak disarankan pemberian minum dengan spray karna ukuran ular ini cukup besar lebih baik mencukupi kebutuhan minumnya dengan air dalam wadah minum.

Ular cincin emas tidak termasuk dalam jenis ular yang dilindungi, sama seperti Ular Jali (Ptyas Korros), Ular Pucuk dan Ular Tali Picis (Dendrelaphis Pictus) hampir semua ular cincin emas yang dipelihara para penghobby adalah hasil tangkapan alam dan Captive Hatch ( CH ) yaitu telur yang didapat dari alam atau indukan hamil dan di tetaskan.

Jenis morph yang pernah terlihat di forum reptile dari ular cincin emas selain normal ada juga ular cincin emas hypo dengan motif warna coklat soft dengan cincin kuning soft juga dan juga cincin emas albino & Lucy.

image

Bagi teman teman yang tidak berkenan memelihara ular cincin emas, jika menemukannya di alam liar mohon untuk jangan dibunuh karna bahaya ular cincin emas tidak berefek serius pada manusia dan juga keberadaan ular ini sangat membantu menjaga ekosistem di alam terutama dalam pengurangan jumlah tikus atau burung yang sering menjadi hama bagi para petani. jadi cukup pindahkan aja ke sawah atau tempat lainnya yang jauh dari pemukiman warga. salam lestari reptile indonesia semoga bermanfaat.