Bagaimana cara memelihara kura kura kecil agar tetap sehat?

Kura-kura kecil

Bagaimana cara memelihara kura kura kecil agar tetap sehat? Adakah tips untuk memelihara kura kura kecil agar tetap sehat?

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan memelihara kura kura kecil agar tetap sehat antara lain :

  • Makanan
    Hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan dan gizi kura-kura adalah dengan memberikan makanan yang cocok dan baik untuk kura-kura. Kura-kura sangat menyukai pelet kecil makanannya, selain disukai oleh kura-kura, pelet juga sudah mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura. Untuk variasi makanan kura-kura agar tidak bosan, kamu bisa sesekali merubah makanannya dengan cacing sutra atau daging ikan yang sudah dicincang. Hindari memberi makan sayuran karena kurang baik untuk pencernaannya.

  • Pencahayaan yang Cukup
    Setiap harinya, kura-kura perlu berjemur untuk menjaga kebersihan dan kekuatan cangkangnya. Sehingga, aquarium kura-kura lebih ditaruh pada tempat yang terjangkau oleh sinar matahari. Selain itu, sinar UV matahari juga membantu proses pencernaan kura-kura. Apabila lokasi di rumahmu tidak memungkinkan menaruh kura-kura di tempat yang terkena sinar matahari, maka kamu boleh lampu ultra-violet sebagai penggantinya.

  • Tempat Bermain dan Istirahat
    Walaupun diletakkan di akuarium, perlu diingat bahwasannya kura-kura merupakan hewan amfibi yang hidup di darat dan air. Oleh karenanya, kura-kura tidak suka apabila terus menerus berenang di dalam air, kamu perlu menyiapkan sebuah tempat alternatif dari daratan asli di akuarium sebagai tempat bermain, berjemur dan tempat istirahatnya. Kamu bisa menggunakan batu ataupun kayu di dalamnya, tapi perlu diingat, usahakan kayu atau batu tersebut tidak memiliki sisi yang terlalu tinggi agar tidak menyulitkan kura-kura kecil menggapainya.

    Berjemurnya kura-kura selain untuk beristirahat, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan cangkangnya. Apabila cangkang kura-kura selalu dalam keadaan basah, itu akan mengganggu kenyamanan kura-kura dan ia menjadi lebih berpotensi memiliki lumut di atas cangkangnya.

    Penting untuk diketahui, agar tidak menaruh kayu-kayu kecil di dalam akuarium, pakailah kayu atau batu yang agak besar. Serpihan kayu kecil bisa jadi dikira makanan oleh kura-kura sehingga apabila sampai ia memakannya, kura-kura akan sakit.

  • Serba-serbi Akuarium
    Walau sekilas terlihat sepele, namun ukuran akuarium cukup penting untuk diperhatikan agar kura-kura tidak stres. Tinggi akuarium minimal 4 kali panjang tubuh kura-kura sehingga ia tidak bisa memanjat keluar. Sedangkan lebarnya, disarankan agar panjangnya sekitar 30-50 cm supaya kura-kura bisa berenang bebas.

    Ukuran akuarium sebesar itu bisa diisi 3-4 ekor kura-kura. Memberikan teman kepada kura-kura juga tidak kalah penting, selain menambah koleksi hewan peliharaan, hal ini akan membuat kura-kura lebih enjoy di akuarium. Tambahkan juga beberapa tanaman air yang tidak membahayakan kura-kura, karena mereka sangat suka bermain dan bersembunyi.

  • Kondisi Air
    Air yang ada di dalam akuarium harus diganti setiap 3 hari sekali untuk menjaga kebersihannya. Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak, cukup seperempat atau sepertiga akuarium saja. Kura – kura berbeda dengan ikan yang bernapas dengan insang. Kura-kura masih bernapas menggunakan hidung, sehingga airnya tidak perlu banyak.

    Disarankan untuk tidak menggunakan air keran sebagai air tempat berenangnya. Karena, di air keran banyak mengandung fluride dan klorin yang bisa merusak kandungan sehat di air. Lebih baik mencari air segar alami dari sungai, mata air atau sumur. Apabila memang sulit untuk mencari air segar dan hanya bisa memakai air keran, maka air tersebut harus didiamkan dulu 24 jam. Cara ini dikenal ampuh untuk mengurangi kandungan klorin.

Sumber: https://satujam.com/cara-memelihara-kura-kura/