Bagaimana cara memelihara kura-kura ambon?

Kura-kura ambon

Bagaimana cara memelihara kura-kura ambon yang baik ?

Kandang Kura Kura Ambon bisa menggunakan aquarium, Wadah / Bak tuperware atau juga bisa dipelihara dalam kolam. intinya hanya jangan terlalu kekecilan untuk kura kura kita agar pergerakannya lebih bebas. Umumnya banyak yang memelihara dalam wadah tuperware karna alasan mudah untuk dibersihkan dan mengganti air. Lebih baik dalam wadah pemeliharaan diberi pijakan batu atau kayu untuk memberi kenyamanan untuk kura kura kita saat berjemur.

Kura-Kura Ambon

Makanan Kura-Kura Ambon

Kura-Kura Ambon tergolong Omnivora (Pemakan segala), umumnya memang memakan sayuran seperti kangkung dll yang berada disekitar habitat aslinya, tapi kura kura ini juga pemakan daging, terbukti saat saya memancing di rawa di daerah Krui Pesisisr Barat beberapa pemancing dengan umpan cacing mendapat Kura Kura Ambon.

Beberapa teman pemelihara Kura Kura Ambon lebih sering memberi pakan jangkrik dari pada sayuran seperti kangkung, alasannya adalah lebih praktis dan sekali makan habis sehingga kebersihan kandang terjaga. Yang lebih praktis lagi agan agan bisa menggunakan pakan pelet khusus kura kura yang banyak di jual di pasar ikan hias atau Petshop.

Jika Kura Kura Ambon agan agan belum mau memakan pakan pelet bisa di latih dengan cara dibiarkan lapar beberapa waktu lalu dikasi pakan pelet, jika dimakan maka kura kura ambon agan agan udah bisa di beri pakan pelet setiap hari, jika belum dimakan maka beri pakan jangkrik/menu hariannya lalu latih untuk jadwal makan selanjutnya dengan durasi tahan lapar lebih lama. Kura kura ini tergolong rakus jadi tidak terlalu susah untuk melatih memakan pelet.