Bagaimana cara memelihara kesehatan gigi anak?

bagaimana cara memelihara kesehatan gigi pada anak usia dini?

Ada beberapa cara memelihara kesehatan gigi anak, agar membantu Anak untuk tidak merasakan sakitnya ketika gigi rusak. Apalagi, Anda akan mengalami kesulitan untuk mengajak anak ke dokter gigi karena kebanyakan anak akan takut dengan peralatan dokter gigi.

Di bawah ini, setidaknya ada 5 cara memelihara kesehatan gigi anak di rumah (Dikutip dari emaksuper.com):

  1. Ajarkan Kebiasaan MenyikatGigi Sedini Mungkin

Anakdi usia 2 hingga 5 tahun akan menjadi peniru yang baik terhadap semua hal yangdilakukan oleh orang tuanya. Untuk itu, ajarkanlah kebiasaan menyikat gigisedini mungkin, setidaknya 2 kali sehari, di pagi hari dan di malam harisebelum tidur.

  1. Pastikan Pasta Gigi AnakAnda Mengandung Fluoride

Pastagigi yang mengandung Fluoride sangat dianjurkan untuk digunakan pada saat anakmenggosok gigi. Apalagi, ketika gigi susunya sudah muncul semuanya. Fluoride berfungsi untuk mencegah serta mengendalikan kerusakan pada gigi anak sejak dini.
Tetapi, disarankan ketika mengajarkan anak untuk menggosok gigi, maka terlebih dahulu ajarkan bagaimana cara untuk berkumur. Ini dimaksudkan, agar pasta gigi tidak tertelan dan termakan oleh anak Anda.

  1. Ajarkan Teknik Menyikat GigiYang Benar

Sangatdisarankan agar mengajarkan teknik menyikat gigi yang benar pada anak. Inidimaksudkan, agar anak memiliki kebiasaan yang benar dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Disarankan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak,atau berilah contoh cara menggosok gigi yang baik dan benar.

  1. Memilihkan Makanan YangBergizi

Memilih makanan yang bergizi tentu saja dapat mendukung tumbuh kembang gigi pada anak.Hindari makanan yang manis ketika sudah malam. Serta, berikan air mineralsetelah anak minum susu ketika hendak tidur di malam hari.

  1. Ajaklah Anak Untuk RutinMemeriksakan Kesehatan Gigi Ke Dokter

Cara memelihara kesehatan gigi anak yang terakhir, ajaklah anak untuk memeriksakan kesehatan gigi ke doktergigi secara rutin. Minimal 2 kali dalam satu tahun.