Bagaimana cara memelihara ikan mickey mouse?

Ikan ini disebut mickey mouse karena di bagian pangkal ekornya terdapat tiga buah bulatan berwarna hitam, yang satu berukuran besar di tengah dan yang dua berukuran kecil kecil di atas bulatan besar yang pertama yang mirip dengan telinga. Keunikan inilah yang menjadikan nama ikan ini dinamakan ikan mickey mouse.

Bagaimana cara yang benar untuk memelihara ikan mickey mouse?

Merawat ikan mickey mouse ini dapat ditempatkan di akuarium yang ukuranya kecil, seperti misalnya aquascape. Perlu diperhatikan dalam memilih subtrat sebaiknya yang agak gelap, supaya kecantikan ikan mickey mouse ini lebih menyala. Tanaman aquascape harus dipilih dengan baik, karena ikan hias mickey mouse ini termasuk jenis ikan hias menengah atas. Selain itu, persiapan segala sesuatu tentang akuarium yang menunjang kehidupan biota akuarium juga harus dipersiapkan dengan baik, seperti misalnya filter akuarium agar air tetap dalam keadaan baik. Pengatur suhu juga diperlukan, karena ikan mickey mouse ini idealnya dan akan hidup dengan baik ketika suhu airnya 64-77 F (18-25 C). Sedangkan pH-air nya 7,0-8,2.

Sebaiknya makanan ikan mickey mouse disesuaikan dengan ketika masih di alam, yakni berupa pakan alami. Akan tetapi, karena yang ada di pasaran adalah hasil budidaya, maka makanan juga bisa diseuaikan dengan ketika ada di budidaya. Pada dasarnya mickey adalah jenis ikan omnivora, jadi akan memakan apa saja, baik pakan alami seperti jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra atau pakan yang sudah dibekukan. Mickey juga akan memakan pakan komersial seperti pelet dan sebagainya. Hanya saja yang perlu diperhatikan pakan berkualitas untuk si mickey adalah pakan yang diberikan secara bervariasi, tentunya yang memenuhi kebutuan nutrisinya.