Bagaimana cara memelihara Ikan Blue Elektrik ?

ikan_hias

(Bima Satria) #1

Ikan blue elektrik (electric blue fish), termasuk keluarga Cichlidae dari klas Actinopterygii dan mempunyai nama latin Sciaenochromis ahli, merupakan ikan endemik dari danau Malawi. Ikan ini lebih suka hidup di gua atau lubang-lubang batu. Ikan ini dapat tumbuh hingga 20 centimeter dan banyak dipelihara sebagai ikan hias.

Bagaimana cara memelihara Ikan Blue Elektrik ?


(Gadis Demam) #2

Ikan blue elektrik tidak disarankan untuk pemula, tetapi tidak terlalu sulit untuk mempertahankannya. Satu pasang dapat ditempatkan di akuarium 20 galon, sementara dua pasang akan membutuhkan tangki minimal 40 galon. Seperti biasa, lebih banyak air berarti akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaga kualitas air tetap tinggi dan stabil, dan karena blue elektrik sensitif terhadap sampah organik, seperti nitrat, tidak bijaksana untuk berhemat pada ukuran tangki jika Anda berhasil dapatkan ikan langka dan mahal ini.

Karena blue elektrik adalah menyediakan lingkungan yang mirip dengan habitat liar. , idealnya dengan menyertakan tanaman air atau vegetasi lahan terendam di setup. Area yang ditanami dan penutup permukaan, dikombinasikan dengan setidaknya satu area terbuka untuk berenang, akan ideal. Selain tanaman, blue elektrik harus diberikan beberapa gua untuk berlindung.

Jika Anda berniat untuk mengembangbiakkan blue elektrik, berikan dengan beberapa batu datar atau papan tulis pembiakan di dalam tangki untuk dipilih, karena ikan ini suka menyimpan telurnya pada permukaan datar dan horizontal.

Tank yang Cocok


Blue elektrik tidak boleh ditempatkan dengan ikan agresif atau spesies cepat dan energik yang akan melahap semua makanana. Kesalahan yang umum terjadi adalah dengan menabrakkan ram cichlid dan blue elektrik jantan dengan cichlid kerdil lainnya — hindarilah ini dengan segala cara. Memelihara blue elektrik jantan sendiri juga tidak direkomendasikan; mereka membutuhkan spesies yang tenang dan jinak di akuarium agar merasa aman. Pergi untuk spesies yang bergerak lambat dan tenang yang tidak akan mengalahkan blue elektrik jantan di waktu makan.

Jika blue elektrik Anda mulai menunjukkan kecenderungan agresif terhadap anggota tank, cobalah memasukkan lebih banyak titik bersembunyi di dalam pengaturan. Kelangkaan tempat berteduh yang sesuai dapat menyebabkan perilaku agresif. Selain itu, blue elektrik selalu agresif selama periode pembiakan karena mereka harus menjaga anak-anak mereka tetap aman.

Menjaga blue elektrik


Blue elektrik tidak boleh ditempatkan di akuarium yang baru didirikan; mereka membutuhkan lingkungan yang stabil dengan tingkat sampah organik yang rendah. Pembagian yang sukses biasanya meliputi filtrasi mekanis dan biologis serta perubahan air biasa. Gerakan air yang kuat tidak akan dihargai karena cichlids ram liar hidup di air yang mengalir lambat.

Kisaran suhu normal untuk cichlids ram liar adalah 78 ° hingga 85 ° F, dan air di mana mereka hidup adalah lunak dan asam. Nilai pH dalam kisaran 5 hingga 6 sangat ideal untuk blue elektrik, tetapi spesimen yang dibangkitkan oleh akuarium biasanya beradaptasi dengan apa pun di bawah pH 7.1.

Memberi Makan blue elektrik


Blue elektrik adalah omnivora dan perlu terus diet makanan. Stres karena dipindahkan ke lingkungan baru dapat membuat ikan kehilangan nafsu makannya, jadi bersiaplah untuk membujuknya dengan jentik nyamuk atau makanan serupa. Setelah cukup makan, Anda dapat mulai memperkenalkan jenis makanan lain, seperti serpihan dan pelet, juga.blue elektrik yang terbiasa dengan baik biasanya menerima berbagai jenis makanan.

Awasi ikan selama waktu makan. Seperti yang saya sebutkan, blue elektrik jantan agak lambat bergerak dan mungkin kelaparan jika dipelihara dengan spesies yang lebih cepat bergerak.

Sexing and Breeding blue elektrik

Blue elektrik sangat sulit untuk berhubungan seks, dan pasangan yang sudah mapan, karenanya, cukup mahal. Jika salah satu ikan Anda memiliki sirip dorsal yang sedikit lebih panjang, mungkin itu jantan. Jika Anda tidak ingin membayar pasangan yang mapan, metode yang paling dapat diandalkan untuk mendapatkan pasangan adalah dengan membeli sekelompok remaja dan membiarkan mereka tumbuh bersama. Ketika mereka sudah cukup besar, mereka akan membentuk pasangan mereka sendiri — asalkan, tentu saja, kelompok tersebut mengandung setidaknya satu anggota dari setiap jenis kelamin.

Blue elektrik membentuk pasangan monogami, dan kedua jenis kelamin adalah orang tua yang aktif, tetapi kesuburan rendah dan perawatan induk yang buruk tampaknya menjadi masalah yang lebih umum dengan warna ini dari pada dengan jenis ikan liar. Ini terkenal dalam hobi; peningkatan sensitivitas dan penurunan kesuburan telah diamati di hampir semua varian warna dan bentuk ram cichlids yang dikembangkan untuk perdagangan akuarium. Ini tidak berarti bahwa sangat sulit untuk menjaga dan memelihara induk blue elektrik, hanya saja aquaris yang terbiasa dengan ram cichlid biasa mungkin kecewa.

Seperti disebutkan sebelumnya, jika Anda ingin mengembangbiakkan blue elektrik jantan , masukkan beberapa batu datar atau papan tulis perkembangbiakan di setup. Bagian bawah akuarium harus ditutupi dengan substrat yang ramah, karena beberapa individu telah menunjukkan preferensi untuk menggali lubang selama periode pembibitan.

Anda dapat mencoba untuk membujuk ikan ke dalam mode pemuliaan dengan memastikan air benar-benar lembut dan asam (pH 5,5-6,5) dan meningkatkan suhu air sedikit-idealnya, kenaikan dari ujung bawah kisaran suhu yang direkomendasikan hingga 82 ° F. Gunakan pengatur waktu untuk mengontrol lampu, karena pola cahaya yang tidak menentu dapat membingungkan ikan.

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai dengan perkembangbiakanblue elektrik, penting untuk disadari bahwa, seperti kebanyakan cichlid lain yang menunjukkan perawatan indukan, induk blue elektrik akan menjadi lebih agresif dari pada biasanya selama masa penangkaran. Ini tidak harus menjadi masalah selama akuarium cukup besar dan mengandung banyak tempat bersembunyi dan batas wilayah alami.

Pemijahan


Sebelum pemijahan, batu datar akan dibersihkan atau lubang akan digali di substrat, kadang-kadang berdekatan dengan batu. Menyenggol dan memutar-mutar adalah dua tanda lain yang jelas dari pemijahan yang akan datang, dan kadang-kadang ramuan listrik listrik laki-laki dapat diamati melesat menjauh dari atau meluncur ke arah tubuh betina.

Selama pemijahan yang sebenarnya, ram betina akan menyetor telur-telur perekat ke batu atau di dalam lubang. Telur kecil, biasanya 0,9 hingga 1,5 mm panjangnya. Angka yang berasal dari perkembangbiakan ram cichlid menunjukkan bahwa rata-rata perempuan akan menyetor 150 hingga 300 telur, tetapi apapun antara hanya 20 dan lebih dari 500 telah dilaporkan. Juga, angka yang benar untuk cichlid ram wild type tidak selalu berlaku untuk warna morphs. Lebih banyak peternak blue elektrik perlu mempublikasikan jumlah telur mereka sebelum jumlah yang dapat diandalkan dapat diperoleh.

Tidaklah bijaksana untuk memisahkan keturunan dari indukan mereka karena blue elektrik dari kedua jenis kelamin akan bekerja sama untuk memastikan kelangsungan hidup kelompok itu. Satu orang indukan akan menjaga teritori dari pemangsa potensial sementara yang lain menghirup air segar di atas telur untuk menjauhkan bakteri dan jamur. indukan juga akan memakan telur yang tidak dibuahi untuk mencegah mereka menarik patogen.

Jika suhu air tetap di bagian atas kisaran yang direkomendasikan, Anda dapat mengharapkan telur menetas dalam waktu 40 jam setelah pembuahan. indukan akan terus merawat anak-anaknya dan membesarkan mereka biasanya bebas berenang setelah lima hari atau lebih, tetapi tidak akan diizinkan untuk mencari makan sendiri — indukan akan selalu menemani mereka untuk menjaga mereka tetap aman.

Karena perawatan indukan sangat penting untuk kelangsungan hidup keturunan blue elektrik, tidak jarang bagi pasangan yang tidak berpengalaman untuk kehilangan beberapa kelompok pertama mereka. Jika ini terjadi, biarkan mereka terus bertelur; sebagian besar pasangan akhirnya menguasainya. Setelah pemijahan awal, Anda dapat mengharapkan pasangan yang sudah mapan untuk memiliki kelompok baru setiap bulan atau lebih. Pasangan yang baru terbentuk sering sering bertengkar satu sama lain, jadi pastikan akuarium memiliki banyak tempat bersembunyi untuk mencegah cedera dan stres.

Jika pasangan blue elektrik yang berpengalaman terus kehilangan keturunannya, Anda perlu menyelidiki apakah ada masalah dalam akuarium. Apakah sesuatu yang membuat ikan Anda stres, seperti kualitas air atau suhu yang tidak tepat? Apakah ada tempat persembunyian yang cukup? Apakah pasangan Anda ditindas oleh anggota tank mereka? Apakah mereka mendapat cukup makanan pada waktu makan, atau lebih cepat anggota tank mengambil sebagian besar ongkos? Apakah ada ikan di akuarium yang begitu kuat atau liciknya sehingga pasangan itu tidak dapat melindungi keturunan mereka? Seperti disebutkan di atas,

Sumber : ​cara budidaya ikan blue elektrik