Bagaimana cara memelihara Ikan Aligator Gar ?

ikan aligator gar

Memelihara ikan aligator gar sangat berbahaya apabila tidak berhati-hati dalam merawatnya. Apa saja yang harus diperhatikan ketika merawat ikan ini dan Bagaimana cara memelihara Ikan Aligator Gar ?

Tips Memelihara Ikan Aligator Gar

Berikut ini faktor-faktor perawatan ikan aligator gar yang harus diperhatikan:

  1. Akuarium Yang Berukuran Cukup Luas
    Untuk memelihara ikan aligator harus menggunakan akuarium yang proporsional terhadap ukuran tubuhnya. Ukuran standarnya 90 x 45 x 45 cm. Jiak semakin luas ukuran akuarium tersebut, maka semakin bagus pula untuk digunakan karena memungkinkan ikan dapat berenang lebih bebas. Akuarium yang berukuran lebih besar juga dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan ikan aligator.

  2. Air Yang Bersih
    Yang jelas semua ikan senang hidup diperairan yang bersih. Akan tetapi untuk ikan buaya, ikan ini cukup tolerir terhadap kondisi air yang buruk sekalipun. Sehingga kalian bisa mengganti air di akuarium setiap 1 bulan sekali. Sedangkan untuk temperatur air yang ideal bagi ikan aligator berkisar antara 20-25⁰.

    Sebelum kalian melakukan proses penggantian air akuarium, sangat disarankan untuk mengendapkan air tersebut selama 1 hari terlebih dahulu. Tujuannya agar air tersebut terbebas dari kandungan kaporit ataupun mikrooragnisme lain yang dapat menjadi virus. Jangan lupa untuk menambahkan cairan methylene blue dan larutan antikaporit untuk membantu memurnikan air.

  3. Pakan Yang Bervariasi
    Ikan aligator gar merupakan ikan karnivora. Berarti, ikan ini mencukupi kebutuhan nutrisinya hanya dengan mengkonsumsi daging. Pakan yang bisa kalian diberikan ke ikan aligator misalnya seperti ikan-ikan kecil, udang, cacing, jangkrik, katak ataupun cacing. Namun jika kalian sering memeberi makan ikan aligator gan dengan cacing, seringkali aka menyebabkan akuarium cepat kotor. Sebisa mungkin, pakan yang akan kalian diberikan ke ikan buaya ini masih dalam kadaan hidup, karena jika pakan dalam keadaan hidup potensi dimakannya ikan hidup jauh lebih besar bila dibandingkan pakan yang mati berupa pelet. Pakan diberikan sebanya dua kali sehari dengan porsi yang secukupnya.

  4. Aksesoris Untuk Menciptakan Ekosistem Yang Mirip Dengan Habitat Aslinya
    Agar ikan spatula dapat menyesuaikan diri dengan habitatnya diakuarium, kalian bisa menambahkan aksesoris yang sesuai dengan ikan spatula. Perlu kalian ketahui, habitat ikan spatula berada di sepanjang sungai dangkal yang ditumbuhi dengan tanaman air. Jadi aksesoris yang bagus di antaranya seperti batu, tanaman air, kayu dan pasir.

  5. Dapat Dipelihara Bersama Ikan Hias Lainnya
    Meskipun Aligator fish merupakan predator yang buas, tapi ikan ini dapat dipelihara didalam akuarium bersama ikan hias lainnya. Asalkan ikan hias lain tersebut memiliki ukuran tubuh yang setara dengan ikan buaya kalian, atau bahkan ukuran tubuhnya lebih besar. Nah berikut contoh ikan hias yang dapat dipelihara bersama ikan aligator misalnya ikan naga, ikan sembilan, dan ikan hiu air tawar.