Bagaimana cara memelihara burung beo agar sehat?

Burung beo tergolong burung berumur panjang sehingga dibutuhkan komitmen kuat untuk memeliharanya. Jika anda tidak benar-benar berniat memeliharanya maka sebaiknya pertimbangkan lagi niat anda untuk memelihara beo. Karena beo tidak hanya memerlukan perawatan fisik namun juga butuh perhatian dan diajak bermain. Jika kurang diperhatikan ia bisa merasa bosan dan stres sehingga melakukan kebiasaan buruk seperti mencabuti bulunya sendiri. Selain itu beo juga dikenal cerdas, pintar, serta memiliki keingintahuan yang kuat.

image

1. Kenali jenis beo peliharaan anda

Ketika anda akan memelihara seekor beo terlebih dahulu anda harus mengenali jenis dan karakteristiknya sehingga anda dapat memperlakukannya dengan tepat. Seperti makanan apa yang cocok dan disukai, penyakit-penyakit yang bisa menyerangnya, bagaimana cara memperlakukannya, dan lain sebagainya. Selain itu anda juga harus mengetahui apakah beo yang akan anda pelihara termasuk jenis yang dilindungi atau tidak karena memelihara hewan yang dilingungi adalah tindakan ilegal.

2. Beri kandang yang berukuran sedang
Ya, tidak seperti burung kakatua sebaiknya beo ditempatkan pada kandang yang tidak terlalu besar karena akan membuat ia semakin agresif. Berdasarkan pengalaman pemelihara burung, pada bulan-bulan pertama beo dapat mengalami cidera atau kerusakan pada bulu karena masalah kandang namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena lama-kelamaan ia akan terbiasa dan lukanya dapat sembuh seiring waktu.

3. Bersihkan kandang setiap hari
Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan beo peliharaan anda serta menghindarkannya dari infeksi kuman penyakit jangan lupa untuk membersihkan kandangnya secara rutin setiap hari. Ada kotoran, sisa makanan, bulu burung yang rontok, dan kotoran lainnya yang dapat mengotori kandang sehingga kegiatan bersih-bersih ini harus dilakukan secara rutin. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan handuk basah yang dilapkan pada kandang. Anda juga dapat melakukan pembersihan besar-besaran sekali seminggu dimana kandang dicuci dengan air yang telah dicampur sabun cuci piring. Setelah itu kandang dibilas bersih dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan kembali oleh burung.

4. Bersihkan wadah makanan dan minuman
Yang juga tidak kalah penting adalah membersihkan wadah makanan dan minuman minimal seminggu sekali sehingga makanan dan minuman yang dikonsumsi terjaga kebersihannya dan meminimalisir kontaminasi kuman penyebab penyakit.

5. Beri makan dan minum secara teratur
Sebagai makhluk hidup tentu burung beo butuh yang namanya makanan dan minuman. Untuk itu berilah ia makan secara teratur 2 kali sehari. Ada beragam makanan yang dapat dikonsumsi oleh beo mulai dari pelet yang dapat dibeli dengan mudah di petshop, berbagai jenis buah, susu, biji-bijian, sayuran, roti, hewan seperti jangrik dan ulat hongkong, dan lain sebagainya. Pokoknya sebagian besar makanan manusia bisa dimakan oleh beo. Sediakan juga air segar sehingga anda harus mengganti air minumnya minimal sekali sehari.

6. Variasikan jenis makanan dan cara penyajiannya
Agar beo tidak bosan gantilah menu makanannya secara berkala. Selain itu anda juga bisa memvariasikan cara penyajiannya. Alih-alih meletakkan buah-buahan pada wadah makanannya anda dapat menggantung buah di kandangnya sehingga beo bisa makan sambil bermain. Atau bisa juga dengan menaruh makanan pada sepotong lidi dan menjulurkannya kepada beo sambil ditarik ulur seperti bermain. Hal ini tidak hanya menghindarkan beo dari kebosanan namun juga untuk mendekatkan hubungan beo dan pemilik sehingga beo semakin jinak.

7. Berikan vitamin dan mineral tambahan
Untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya yang tidak terpenuhi secara sempurna dari makanan yang ia makan beri juga beo peliharaaan anda vitamin dan mineral tambahan yang banyak dijual di pasaran. Vitamin dan mineral tambahan ini bisa dicampurkan dalam makanan beo. Anda tidak perlu memberikannya setiap hari. Vitamin cukup diberikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu sementara mineral 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

8. Mandikan ia setiap hari
Untuk menjaga kebersihan tubuhnya madikanlah beo setiap hari secara rutin. Tubuh yang bersih tentu membuat beo merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu kebersihan tubuh beo juga dapat membantu stimulasi kicauan beo serta memperlambat jari kaki beo ditumbuhi sisik. Usahakan mandikan ia pada waktu yang sama setiap hari sehingga ia terbiasa dan disiplin untuk urusan mandi. Anda dapat memandikannya pagi pagi atau sore hari. Pada pagi hari sebelum jam 9 pagi dan sore hari sekitar jam 3 hingga 4 sore.

9. Mandikan ia di keramba khusus mandi
Beo sebaiknya jangan dimandikan secara langsung di dalam kandang. Siapkan keramba khusus untuk tempat mandinya. Sebaiknya jangan memilih teknik penyemprotan untuk memandikan beo karena dapat menyebabkan bulu burung menjadi pecah dan terluka akibat berlompatan ketika disemprot.

10. Beri perhatian dan ajaklah beo peliharaan anda bermain
Sebagai hewan peliharaan yang anda kurung di rumah tentu beo membutuhkan perhatian dan teman. Jika anda sudah berkomitmen memelihara beo maka anda juga sudah harus siap meluangkan waktu anda untuk memperhatikan dan mengajaknya bermain sehingga ia merasa diperhatikan, senang, dan terhindar dari stres.

11. Berikan ia mainan
Beri juga ia mainan sehingga ia tidak merasa bosan ketika anda tidak sempat bermain dengannya. Beo yang bosan bisa menjadi stres dan biasanya ia akan mulai mencabuti bulunya sendiri. Anda dapat membeli atau membuat sendiri mainan yang dapat dimainkan atau dikunyahnya. Contohnya mainan berupa balok dari kayu dapat menjadi mainan bagi beo yang membuatnya sibuk selama beberapa waktu sehingga terhindar dari kebosanan. Selain itu mainan juga bermanfaat untuk meminimalisir suara berisik beo karena ia terlalu sibuk.

12. Latih ia berkata-kata
Seperti yang diketahui bersama beo terkenal akan kemampuannya menirukan dan melafalkan kata-kata sehingga sebagai pemilik anda dapat mengajarinya beberapa kata dasar yang sopan seperti salam, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Jangan mengajarinya kata-kata kasar karena tentu tidak enak dan tidak baik didengar terutama oleh anak-anak.

13. Hindarkan dari kebisingan
Jika rumah anda ramai dengan anak-anak sebaiknya anda perlu mempertimbangkan lagi untuk memelihara burung beo. Mengapa demikian? Karena anak-anak cenderung berteriak-teriak dan ribut sehingga dapat membuat beo merasa ketakutan.

14. Jangan memaksa
Tidak ada orang yang suka dipaksa termasuk hewan sekalipun. Demikian pula dengan burung beo. Jika ia sedang malas baik malas mandi atau malas makan jangan lantas dipaksa karena dapat menyebabkan ia menjadi stres yang justru tidak baik bagi perkembangannya. Lakukan secara bertahap hingga akhirnya menjadi kebisaaan. Misalnya jika ia malas mandi jemur sebentar terlebih dahulu. Kemudian secara perlahan ajak ia mandi sehingga lama-kelamaan ia terbiasa mandi. Anda juga dapat membiarkan ia mandi kapan saja ia mau dengan cara menyediakan wadah agak besar di dalam sangkar sebagai tempat mandinya. Dengan begitu ia merasa lebih nyaman dan bebas. Baru nanti secara perlahan diajari mandi di keramba.

15. Tetap berhati-hati
Meskipun beo kesayangan anda telah jinak dan dekat dengan anda namun anda harus tetap berhati-hati. Bisa saja ia merasa terancam atau ketakutan karena hal tertentu sehingga bertindak agresif dan menggigit anda. Oleh karena itu kotak P3K penting disediakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu anda juga harus terus mengawasinya agar tidak berkelahi dengan hewan peliharaan lain yang ada di rumah seperti kucing atau anjing.