Bagaimana cara membuat warna hitam?

Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki.

Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan.

Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Bagaimana dengan warna hitam?

Cara Membuat Warna Hitam

Warna hitam merupakan kelompok Warna Netral (putih, hitam). Warna hitam dapat dibuat dengan mencampurkan tiga warna primer (merah, kuning, biru), dengan campuran yang pas dapat menghasilkan warna hitam pekat.

Untuk penggunaan warna hitam pada saat melukis dengan cat minyak atau cat air disarankan tidak menggunakan cat warna hitam (bukan hasil campuran). Warna hitam bukan hasil campuran sering membuat pudar dan mematikan warna, akhirnya menghilangkan kejelasan warna. Untuk itu, disarankan menggunakan warna hitam hasil campuran warna.

MERAH + BIRU + KUNING = HITAM