Bagaimana Cara Membuat Wajik Kletik?

Inilah varian lain dari kue wajik. Wajik kletik berasal dari Blitar. Wajik kletik juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama.

imageimage

Bahan:
Ketan putih sebanyak 250 gram
Gula putih sebanyak 1 kg
Agar-agar sebanyak 2 bgks
Kelapa sebanyak 2 buah
Vanili sebanyak 1 sendok teh
Kertas minyak ukuran 10×10 cm bentuk segi empat

Langkah-langkah cara membuat wajik kletik :

  1. untuk membuat wajik hal pertama yang harus di lakukan adalah mengkukus ketan hingga matang dan teksturnya lunak lembek. Parut nanas serta kelapa lalu campurkan jadi satu, masukan vanili, gula putih, aduk dengan menggunakan tangan sambil di remas-remas hingga tercampur menjadi satu bahan.
  2. Masak parutan kelapa dan nanas, aduk-aduk agar tidak gosong hingga setengah matang, masukan ketan aduk hingga merata. tambahkan agar-agar bubuk, aduk hingga adonan menggumpal, apabila di pinggiran wajan ada warna putih-putih tandanya sudah matang.
  3. Ambil adonan sebanyak 1 sedm kemudian simpan di atas kertas minyak yang telah di sediakan, bungkus hingga menyatu setiap ujungnya.
  4. Wajik kletik siap untuk disajikan

referensi:
http://www.resepnasional.com/cara-membuat-wajik-kletik-enak-lezat/