Bagaimana cara membuat video dari kamera handphone agar terlihat professional?

kamera handphone

Kita kan sudah tahu nih kamera sekarang kan makin canggih canggih tuh ya. nah tapi saya bingung bagaimana ya cara untuk membuat hasil video yang profesional dari kamera handphone ? karena pasti akan keren jikabisa menghasilkan video profesional hanya dengan handphone.

Cara untuk membuat video terlihat professional yaitu :

  1. Gunakan kamera belakang
    Ini mungkin tampak seperti aturan yang jelas, tetapi mudah dilupakan. Sementara kamera depan menjadi lebih andal untuk Face Time dan panggilan video, mereka belum mencapai titik di mana Anda bisa mendapatkan kualitas video yang layak dan konsisten. Kecuali Anda merekam video singkat (Snapchat / WhatsApp) dari diri Anda untuk dibagikan, selalu gunakan kamera utama di bagian belakang perangkat Anda untuk merekam video.

  2. Stabilitas dan Fokus
    Penting untuk memegang perangkat Anda dengan kedua tangan saat merekam video. Gunakan tripod atau letakkan kamera Anda di permukaan yang stabil untuk hasil terbaik jika Anda bisa. Hal lain yang perlu diingat adalah selalu melihat telepon Anda untuk memastikan rekaman Anda lancar. Hindari godaan untuk melihat adegan yang Anda rekam. Beberapa aplikasi kamera memungkinkan Anda mengetuk layar untuk fokus pada subjek yang ingin Anda rekam.

  3. Rekam dalam Mode Landscape
    Seperti ponsel menjadi lebih besar, potret tampak seperti cara logis (dan nyaman) untuk merekam video. Meskipun itu bagus untuk dilihat di perangkat seluler, perlu diingat bahwa video paling baik dilihat di layar besar, seperti PC atau TV. Mode potret tidak adil untuk layar tersebut karena Anda membuang-buang real estat berharga. Jadi bahkan jika Anda harus merekam sesuatu dengan terburu-buru, biasakan merekam dalam mode lanskap.

  4. Tambahkan Kotak
    Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada menonton video yang direkam dalam mode potret adalah menonton video yang diambil pada sudut yang salah. Menambahkan grid memungkinkan Anda menggunakan latar belakang Anda sebagai titik acuan untuk memastikan bahwa rekaman Anda selalu lurus. Beberapa perangkat tidak memiliki opsi ini. Pada yang melakukannya, ini adalah setelan yang mungkin perlu Anda aktifkan dalam aplikasi kamera Anda.

  5. Pencahayaan
    Pencahayaan memainkan peran yang lebih besar dalam videografi daripada fotografi karena mudah untuk mengedit, mencerahkan, atau menerapkan filter dan lolos dengan foto gelap, tetapi melakukan hal yang sama pada video dapat merusak kualitasnya. Sebagai aturan umum, pastikan bahwa subjek Anda diterangi oleh sumber cahaya terang yang sangat ideal di belakang Anda. Gunakan senter ponsel cerdas Anda hanya sebagai upaya terakhir mutlak.

  6. Angles
    Cara terbaik untuk merekam video adalah sudut lebar. Singkatnya, ini berarti Anda harus memposisikan diri beberapa meter dari aksi sehingga Anda dapat menangkap semuanya tanpa harus memindahkan kamera Anda. Kadang-kadang, saat memotret hal-hal seperti perayaan ulang tahun, sebaiknya Anda mencoba dan memposisikan diri Anda pada ketinggian yang aman dari apa yang Anda rekam sambil mengarahkan kamera ke bawah untuk menangkap semua tindakan dari atas.

  7. Eksperimen dengan Efek
    Efek video setara dengan filter foto. Dalam keduanya, triknya adalah mengetahui kapan menggunakan efek apa. Periksa aplikasi kamera yang Anda gunakan untuk melihat apakah ada fitur atau pengaturan tersembunyi yang perlu ditelusuri.

Sumber

(https://www.makeuseof.com/tag/10-simple-tips-to-record-great-looking-home-videos/)