Bagaimana cara membuat tahu gimbal?

Tahu gumbal merupakan makanan khas Semarang.

hubal

Bahan
Garam cukup dengan ½ sdm
Bawang goreng sekiranya 2 sdm
Minyak goreng secukupnya saja
Tauge panjang diseduh menggunakan air hangat sebanyak 100 gram
Tahu pong cukup dengan 8 buah
Telur ayam sebanyak 4 btr, direbus dikupas

Bahan gimbal udang
Garam secukupnya
Udang dibuang kepala dan kulitnya sebanyak 100 gram
Tepung terigu dengan protein sedang sebanyak 125 gram
Bawang putih cukup 2 siung, dihaluskan
Air putih matang sebanyak 200 ml
Merica bubuk sekitar ½ sdt

Bumbu petis
Kecap manis sebanyak 2 sdm
Bawang putih cukup dengan 2 siung
Petis udang sebanyak 4 sdm
Air putih matang sebanyak 300 ml
Minyak goreng sekitar 2 sdm
Garam sesuai kebutuhan
Cabe rawit hijau cukup sekitar 10 buah (sesuai selera)
Gula merah sekitar 1 sdm

Cara membuat

  1. Setelah semuanya siap, sekarang mari kita mengolah resep tahu gimbal ini. Pertama kalinya panaskan minyak secukupnya dalam wajan. Kemudian goreng tahu yang telah dibumbui dengan bumbu bawang sampai matang semua, angkat dan tiriskan.
  2. Jangan matikan api terlebih dahulu, tapi gunakan lagi minyak yang tadi untuk menggoreng telur. Apabila sudah matang, silahkan potong tahu menjadi bentuk dadu dan telur menjadi 2 bagian. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Setelah selesai menggoreng tahu dan telur, sekarang kita dapat membuat gimbal udangnya. Campurkan terlebih dahulu bawang putih, tepung, garam, dan merica dalam sebuah wadah. Tuang sedikit demi sedikit air yang telah dipersiapkan, sambil menuang air Anda aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.
  4. Selanjutnya ambil 1 sendok makan adonan tersebut dan tuang dalam sebuah wadah. Letakan udang pada bagian atasnya, lalu biarkan sejenak. Setelah itu, goreng adonan yang telah ada udangnya tadi sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan, sisihkan dulu.
  5. Sekarang kita akan membuat bumbu petisnya. Pertama panaskan minyak sedikit dalam wajan, kemudian tumis bawang putih sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukan udang petis, cabe rawit, gula merah, kecap manis, dan bahan-bahan lainnya. Masak sampai matang dan mengeluarkan aroma harum.
  6. Terakhir, kita masuk ke dalam proses penyajian. Siapkan terlebih dahulu mangkuk saji kemudian tata tahu, gimbal, telur, dan taoge ke dalamnya. Siram semua bahan-bahan tersebut dengan bumbu petis secara merata. Agar semakin nikmat, jangan lupa taburi bawang goreng pada bagian atasnya sesuai selera.

Tips
Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, maka silahkan tambahkan takaran cabe rawit hijau yang digunakan. Sebab takaran di atas memiliki tingkat kepedasan standar. Namun jika tidak suka pedas, maka Anda juga boleh tidak menggunakannya.

Referensi: