Bagaimana cara membuat tahu bulat ikan tuna?

Bagaimana cara membuat Tahu Bulat Ikan Tuna?

Cemilan ini termasuk cemilan sehat bergizi tinggi karena terdiri dari protein nabati yang berasal dari tahu dan protein hewani yang berasal dari ikan tuna.

Resep Tahu Bulat Ikan Tuna

Bahan-bahan untuk membuat tahu bulat ikan tuna :

  1. 10 buah tahu putih yang sedang ukurannya.
  2. 50-100 gram ikan tuna, kukus/goreng sebentar, lalu buang durinya kemudian suwir-suwir.
  3. 2 butir kuning telur.
  4. Minyak goreng

Bumbu-bumbu untuk membuat tahu bulat ikan tuna :

  1. Satu siung bawang putih haluskan/cincang

  2. setengah sendok teh bubuk lada/sesuai selera

  3. soda kue/baking soda seujung sendok teh (menggunakan baking soda/soda kue tidak boleh terlalu banyak nanti pahit rasanya)

  4. Penyedap rasa bagi yang suka, saya tidak pakai penyedap rasa.

  5. Garam secukupnya

Cara membuat tahu bulat ikan tuna :

  1. Hancurkan tahu putih, bila tahu sangat berair kita bisa menghancurkannya di wadah yang berlubang halus agar air yang ada di tahu bisa tus di lubang-lubang wadah yang kita gunakan. Dengan demikian air tahu akan berkurang saat kita menekan-nekan tahu dalam proses menghancurkan tahu.
  2. Tambahkan kuning telur, ikan tuna suwir, bawang putih, lada bubuk, soda kue, garam dan penyedap rasa. Hati-hati saat menambahkan garam karena biasanya tahu sudah berasa asin. Ratakan dengan cara mengaduk-aduk adonan tahu tersebut.
  3. Kemudian bentuk bulat-bulat sesuai selera, saya membuat bulatan sebesar telur puyuh. Lakukan sampai adonan tahu habis menjadi bulatan-bulatan.
  4. Panaskan minyak dalam wajan atau kuali (belanga) secukupnya, kemudian gorenglah tahu bulat ikan tuna hingga kuning kecoklatan.
  5. Nah sekarang tahu bulat ikan tuna siap untuk disantap. Untuk lauk teman makan nasi ok atau dicocol saos sambal sebagai cemilan teman minum teh lebih ok lagi. Rasanya luar biasa mantaf deh pokoknya nyesel kalau tidak merasakannya. Silahkan dicoba dan rasakan setiap sensasi dari gigitan tahu bulat ikan tuna ini.
Referensi

https://jelmayatiasa.blogspot.co.id/2017/08/tahu-bulat-ikan-tuna.html