Bagaimana cara membuat subtitle sendiri?

subtitle

Sering kali kita ingin mencoba hal baru tertutama yang berkaitan dengan yang kita sukai, termasuk membuat subtilte. Bagaimana cara membuat subtitle sendiri?

Berikut langkah-langkah dalam membuat subtitle sendiri :

  1. Cari atau download subtitle apa saja kalau tidak ada subtitle Indonesianya (pilih file dengan format .srt, wajib).

  2. Download file srt tersebut. Setelah berhasil download, kalau dalam bentuk zip kamu harus meng-extract terlebih dahulu. Copy file srt tersebut karena hasil copy-annya itu yang akan kita edit dengan menggunakan notepad. Buka hasil copy-an tadi dengan menggunakan program notepad atau klik filenya, kemudian open with dengan notepad.

  3. Kemudian Tekan Ctrl+A lalu copy semua hasil sorotan tersebut dengan menekan Ctrl+C.

  4. Buka browser dan buka Google Translate.

  5. Setting terjemahannya dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia (kadang bahasa translatenya suka salah, kalau mau diperbaiki juga bisa).

  6. Paste semua data tadi dengan menekan CTRL+V.

  7. Tidak selalu sekali klik translate langsung berhasil mentranslate semua, solusinya lakukan reload (refresh) untuk mengulang proses translate Google, lakukan sampai benar-benar subtitle tertranslate, biasanya 2-3 kali reload sudah beres.

  8. Setelah semua subtitle inggris berhasil di translate, pilih semua terjemahan dengan Ctrl + A, kemudian tekan CTRL + C.

  9. Nah sekarang CTRL + V terjemahan tadi di notepad, simpan dengan nama yang kita inginkan. Jangan lupa memberi “.srt” dibelakang nama file tadi.

  10. Apabila tadi sewaktu kita menterjemahkan di Google, tanda –> berubah menjadi ->.

  11. Solusinya adalah buka kembali file terjemahannya tadi di notepad, kemudian pilih semua subtitlenya atau tekan Ctrl+A lalu copy atau Ctrl+C. Buka Microsoft Word, lalu paste (Ctrl+V) file tadi, kemudian klik CTRL+H. Kemudian pada menu yang muncul, tulis “ -> ” pada “ find what “ dan tulis “ –> “ pada “replace with” . Klik “ Replace All ” maka file tadi berhasil di perbaharui.

  12. Selanjutnya, copy lagi semua subtitle tersebut dan paste ke dalam notepad.

  13. Setelah itu simpan subtitle ke dalam folder yang sama dengan filmnya. Beri nama sesuai keinginan kamu, jangan lupa tambahkan “ .srt “. Klik OK . Setelah itu kamu harus klik kanan pilih rename copy nama dari subtitle yang kamu buat, lalu kamu klik kanan di film yang kamu mau tonton, pilih rename dan paste disitu. Subtitle siap kamu gunakan.

Referensi

https://idseducation.com/articles/cara-membuat-sendiri-subtitle-film-favoritmu/

Sekarang sudah banyak aplikasi untuk membuat sutitle video sendiri, Nah ini dia diantaranya:

1. Subtitle Workshop

Aplikasi pembuat subtitle yang berikut ini merupakan salah satu yang populer di kalangan penerjemah. Subtitle Workshop memiliki tampilan yang bersahabat dan terbilang cukup mudah digunakan, terutama untuk para pembuat subtitle amatir.

Selain mendukung format teks seperti .sub, .srt, .son, dan lain-lain, perangkat lunak ini juga bisa membuat subtitle ke dalam format DVD, Adobe DVD, DVD Pal, dan NTSC. Fitur manipulasi teks dan pengaturan waktu dapat disesuaikan sesuai dengan kenyamananmu dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Di samping itu, Subtitle Workshop menawarkan fitur lain seperti konversi FPS, pengecekan ejaan, pencarian, penyesuaian teks dengan waktu, dan sebagainya. Kamu juga bisa mengekspor file subtitle dengan format yang berbeda.

Dari semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi pembuat subtitle di laptop yang satu ini, yang terbaik adalah adanya fitur konversi. Fitur ini berfungsi untuk memisahkan maupun menggabungkan teks dan mengubah data dalam berbagai format secara bersamaan.

2. Aegisub

Sumber : https://selembar.com

Aegisub merupakan perangkat lunak pembuat subtitle yang tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Mac, Windows, dan Unix. Aplikasi yang sedang populer ini menyuguhkan serangkaian fitur yang dapat membantu proses pembuatan subtitle menjadi lebih optimal.

Fitur-fitur yang disajikan antara lain adalah fitur untuk mengatur dan mengedit file subtitle dan juga fitur untuk meninjau proses pengeditan secara real-time. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur waktu subtitle secara lebih mudah berkat adanya fitur untuk meninjau audio pada video.

Disisi lain, Aegisub mendukung beberapa fitur yang tidak ada di dalam file berformat .srt. Oleh sebab itulah, Kamu tidak bisa langsung menyimpan file subtitle ke format .srt. Apalagi jika Kamu menggunakan beberapa fitur yang otomatis akan hilang begitu Kamu menyimpannya ke jenis format tersebut.

Kamu masih bisa menggunakan aplikasi pembuat subtitle bahasa indonesia di laptop yang satu ini dan menyimpannya ke format .srt setelah proses pengeditan video selesai.

3. Jubler Subtitle Editor

Selain Subtitle Workshop, Jubler Subtitle Editor juga menghadirkan tampilan yang sederhana dan cukup interaktif. Aplikasi ini cocok bagi para pemula dalam pembuatan subtitle.

Selain digunakan untuk membuat subtitle dari awal, program ini juga bisa digunakan untuk mengonversi, memperbaiki, mengubah ataupun menyempurnakan subtitle yang sudah ada. Selain itu, Jubler memungkinkanmu untuk memperbaiki waktu subtitle yang tidak konsisten dengan menggunakan fitur optimasi bawaan.

Seperti aplikasi video editor pada umumnya, Jubler juga mendukung hampir semua jenis format subtitle. Di samping itu, program ini memungkinkanmu untuk melihat proses pembuatan subtitle secara real-time.

Jubler juga hadir dengan fitur pengoreksi ejaan dan penerjemahan. Kedua fitur ini terbukti sangat membantu terutama bagi para penerjemah film berbahasa asing. Gaya pengeditan yang ditawarkan pun sangat beragam sehingga Kamu tidak akan kehabisan ide untuk membuat tampilan subtitle yang menarik.