Bagaimana cara membuat sebuah aplikasi (date) lebih baik daripada tinder?

Sumber: https://techcrunch.com/2017/07/18/with-new-tappable-gestures-tinders-photos-become-more-like-stories/

Tinder adalah aplikasi layanan pencarian sosial berbasis lokasi (menggunakan Facebook) yang memfasilitasi komunikasi antara pengguna yang saling tertarik, yang memungkinkan kecocokkan pengguna untuk mengobrol. Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai layanan kencan, dan telah bercabang untuk memberikan layanan yang lebih, sehingga lebih umum di aplikasi sosial media. Bagaimana cara membangun sebuah aplikasi (date) lebih baik daripada tinder?

Memang benar bahwa aplikasi tinder mencapai kesuksesan dan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi jika kita menganalisa lebih dalam, apakah aplikasi ini sudah sesuai? dapat kita lihat dari sebuah research academic tentang kesesuain penggunaan aplikasi tinder dimana 70% pengguna bahkan tidak sampai berifikir untuk melakukan date, akan tetapi ada kemungkinan ini juga tergantung dari sisi individual masing-masing orang.

Masih ada jalan untuk memperbaiki atau membuat aplikasi yang lebih baik daripada tinder dengan penerapan sebagai berikut:

  1. Tweak the concept
    lihat kembali konsep tujuan pembuatan aplikasi, apakah aplikasi ini dapat mengatasi permasalahan yang ada seperti kesepian dan lain-lain.

  2. Enhance the UI design
    UI dari tinder sudah cukup bagus dengan kualitas gambar yang bagus dan mungkin yang perlu ditambahkan adalah format card untuk penempatan foto, spasi untuk pitch elevator dll

  3. Personalize UX
    Seperti smart photos yang meningkatkan peluang untuk mencocokkan pengguna melalui AI.

  4. Tweak the algorithms

  5. Find your audience
    jangan mencoba untuk menjadi sesuatu untuk orang lain. Pilihlah sesuatu yang berbeda

  6. Provide user safety

  7. Use common sense

Sumber: