Bagaimana cara membuat rakit layaknya di film petualangan?


(Rizky Perintan) #1

Jika kita melihat film-film layar lebar yang bergenre Adventure atau petualangan, seringkali kita melihat para aktor yang berlaga membuat perahu seadanya dengan menggunakan kayu atau bambu sekitar untuk dapat menyeberangi sungai yang deras dan dalam yang tentunya tidak bisa diseberangi dengan jalan kaki. Tapi bagaimana sih cara membuat perahu itu yang sesungguhnya dengan bahan dan alat yang ada dengan tangan kita sendiri.

Apabila anda memiliki tutorial cara membuat sampan tersebut, yuk Reply topik ini dan sertakan jawabanmu! Terimakasihh.


(ahyarm) #2

image

Perahu sampan ini pebuatannya tidaklah sulit, mari kita uraikan tahap demi tahap:

Bahan

  • Bambu
  • Gabus/stereoform bekas
  • Harfa/jaring plastik
  • Tali plastik

Setelah bahan-bahan didapatkan langkah selanjutnya adalah merangkai bahan-bahan tersebut untuk menjadi sebuah perahu sampan.

  1. Pertama siapkan bambu ( panjang ) sepanjang ± 3.5 m sejumlah 4 lonjor. Pilih bambu bagian ujung, agar mudah untuk dibuat profil lengkung.
  2. Kedua siapkan bambu ( pendek ) sepanjang ± 1.75 m , kemudian belah menjadi dua bagian dan raut bagian yang tajam dan rapikan.
  3. Setelah cukup banyak kemudian bambu pendek dan panjang dirangkai/diikat dengan tali plastik yang sudah disiapkan.
  4. Cara merangkainya cukup mudah, yaitu letakkan 2 bambu panjang di tanah yang datar, pisahkan dengan jarak sepanjang bambu pendek. Kemudian ikan pangkal bambu panjang dan pendeng dengan tali plastik. Ikatan dimulai dari pangkat sampai ke ¾ ujung bambu panjang. Jenis ikatan terserah, tapi kalau mau kencang boleh diikat dengan ikatan palang. Intinya yang paling penting, kencang dan tidak lepas. Setelah ¾ panjang bambu, kemudian ujung bambu panjang diikat menjadi satu, kemudian lanjutkan merangkai ikatan bambu tadi mengikuti lengkungan dari bambu panjang tersebut, nantinya kalau sudah selesai bentuk rangkaian bambu panjang dan pendek akan seperti bentuk memanjang dan meruncing dibagian ujungnya. Setelah terangkai dan terbentuk , tambahkan bambu dibawah pas ditengah-tengah dan ikat seperti pada ikatan pertama tadi.
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat 2 pelampung dari bahan stereoform dan jaring harfa.
    Yaitu lembaran jaring harfa dijahit membentuk sebuah karung bulat panjang dengan diameter ± 40 cm, dengan panjang ± 3 meter, menyesuaikan panjang bambu panjang. Setelah dibuat karung bulat panjang, kemudian masukkan stereoform tadi, dan isikan dengan rata serta padat. Setelaah terisi penuh dan padat, ikat/jahit bagian pangkalnya sehingga setereoform tidak keluar. Pelampung ini dibuat sebanyak 2 buah, natinya akan dipasang di bagian kiri dan kanan.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengikat pelampung tadi dengan rangkaian bambu yang tadi sudah dibuat, ikat memanjang dibawah rangkaian bambu dengan kencang, tempatkan sehingga bagian luar dari pelampung segaris dengan perahu, kiri kanan dibuat sperti itu…
  7. Agar perahu sampan yang dibuat lebih kuat dan kokoh, dapat ditambah bambu panjang di kiri-kanan pelampung, ataupun di atas papan rangkaian yang sudah jadi tersebut…nah selesai deech perahunya, tinggal dipakai

Demikian caranya, mudah kan?