Bagaimana cara membuat racun ikan dari tumbuhan ?

Racun ikan

Racun ikan adalah racun yang dipergunakan untuk membuat lemas atau membunuh ikan, agar supaya ikan itu mudah ditangkap. Di antara pemakainya, ada yang memakai tumbuhan. Bagaimana cara membuat racun ikan dari tumbuhan ?

Berikut ini daftar tumbuh-tumbuhan yang dapat dibuat menjadi racun alami yang bisa membuat ikan merasa pusing tetapi tetap aman dikonsumsi oleh manusia :

  1. Akasia merupakan tumbuhan peneduh yang banyak ditanam di sepanjang jalan raya. Tanaman ini juga kerap ditemukan hidup secara liar di aliran sungai. Anda bisa menggunakan daun dan biji akasia sebagai racun alami untuk membuat ikan merasa lemas. Caranya yaitu tumbuk daun dan biji akasia sampai cukup halus, lalu taburkan ke suatu spot perairan yang disinyalir sebagai sarang ikan. Hati-hati saat menggunakan tumbuhan ini sebab akasia juga cukup beracun bagi manusia.

  2. Tuba sering dipakai oleh masyarakat di Asia Pasifik untuk meracuni ikan. Spesies tanaman ini yang paling banyak digunakan adalah Derris elliptica. Bagian yang dapat dibuat menjadi racun ikan dari tanaman ini ialah akarnya. Akar tuba mengandung rotenona yakni suatu senyawa beracun yang juga dapat diolah menjadi insektisida untuk mengendalikan serangga. Untuk membuat racun ikan dari tuba, Anda perlu menggali akar tanaman ini lalu dipotong dan dikeringkan selama 3-4 hari. Setelah itu, akar tuba kering tadi lantas ditumbuk dan dicampur air secukupnya.

  3. Tephrosia atau dikenal pula dengan sebutan tanaman kedelai liar. Julukan ini bukan tanpa sebab karena tephriosa memang kerap ditemukan tumbuh secara liar di kebun atau ladang. Batang dan akar tephriosa ternyata cukup ampuh membuat ikan-ikan di sungai mabuk kepayang. Anda hanya perlu menumbuk kasar bagian batang dan akar dari tanaman kedelai liar ini. Kemudian merendamnya di dalam air dan menggoyang-goyangkannya supaya air sari yang terkandung di dalam tanaman bisa keluar dan bercampur dengan air.

  4. Baringtonia juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan racun ikan alami. Tanaman ini mudah dikenali dari bentuk buahnya yang sangat unik. Namun di balik keunikan buah tersebut terdapat kandungan senyawa yang cukup mematikan bagi ikan. Anda juga bisa menggunakan biji baringtonia. Pembuatan racun ikan menggunakan baringtonia cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu memetik beberapa buah baringtonia. Berikutnya tumbuklah buah tersebut sampai halus. Hasil dari tumbukan ini lantas bisa Anda tebarkan di sungai.

  5. Pacing Tawar adalah tanaman hias yang kini banyak digemari oleh masyarakat perkotaan. Keindahan utama dari tanaman ini terletak pada bagian bunganya yang sangat unik dan menyerupai sikat botol. Tak disangka, akar tanaman yang begitu indah ini ternyata dapat membuat ikan-ikan yang memakan air sarinya akan mengalami pingsan untuk sementara waktu. Anda hanya perlu mengambil beberapa akar pacing tawar lalu menumbuknya sampai halus. Kemudian tumbukan akar pacing tawar ini dimasukkan ke air yang menurut Anda banyak terdapat ikan di dalamnya.

Sumber: