Bagaimana cara membuat product roadmap di dalam sebuah agile development?

Product Roadmap adalah cara yang ampuh untuk menggambarkan bagaimana produk dapat berkembang, untuk menyelaraskan pemangku kepentingan, dan untuk memperoleh anggaran untuk mengembangkan produk. Tetapi menciptakan roadmap efektif tidak mudah, terutama dalam konteks agile mana perubahan sering terjadi dan tak terduga.

  1. Focus on Goals and Benefits
    Setiap kali dihadapkan dengan lingkungan agile, baik itu produk muda dan mengalami perubahan signifikan atau pasar dinamis dengan pesaing baru atau teknologi yang memperkenalkan perubahan, tetap harus bekerja dengan produk berorientasi pada tujuan Roadmap. Berorientasi pada tujuan roadmap berfokus pada tujuan, sasaran, dan hasil seperti memperoleh pelanggan, meningkatkan keterlibatan dan menghilangkan utang teknis. Fitur masih ada, tetapi berasal dari tujuan dan harus digunakan secukupnya. Gunakan fitur tidak lebih dari tiga sampai lima per tujuan, sebagai sebuah aturan.

  2. Do the Necessary Prep Work
    Menggambarkan dan memvalidasi strategi produk-jalan untuk mewujudkan visi — sebelum membuat roadmap dan memutuskan bagaimana strategi terbaik dilaksanakan.
    StrategyAndProductRoadmap-300x119
    Board menangkap visi, kelompok sasaran, masalah yang harus diselesaikan atau manfaat akan diberikan, fitur kunci dari produk, dan tujuan bisnis.

  3. Keep It Simple
    Menjaga roadmap sederhana dan mudah dipahami. Menangkap apa yang benar-benar penting dan meninggalkan sisanya dengan berfokus pada tujuan. Menjaga fitur pada peta jalan dan memperolehi tujuan. Rincian, termasuk epos, kisah pengguna, skenario dan desain UI, termasuk dalam produk backlog dan bukan pada peta jalan.

  4. Secure Strong Buy-in
    Peta jalan terbaik sia-sia jika orang-orang yang diperlukan untuk mengembangkan, pasar, dan menjual produk tidak membeli ke dalamnya. Cara terbaik untuk membuat perjanjian adalah untuk berkolaborasi dengan stakeholder kunci untuk membuat dan memperbarui peta jalan produk. Hal ini memungkinkan untuk memanfaatkan ide-ide dan pengetahuan dan menciptakan sebuah lokakarya kolaboratif roadmapping. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk melibatkan semua orang dan membuat peta jalan bersama produk.

  5. Determine Cost Top-Down
    Menentukan berapa banyak orang yang mungkin diperlukan untuk membuat rilis yang diinginkan pada peta jalan. Menarik pada pengalaman mengembangkan produk serupa atau versi sebelumnya dari produk yang sama; Pertimbangkan apakah cukup banyak orang dengan keahlian tepat tersedia di perusahaan. Ini akan memberikan indikasi biaya tenaga kerja yang mungkin diperlukan. Kemudian tambahkan biaya untuk fasilitas, infrastruktur, bahan, lisensi, dan item lainnya yang relevan.

  6. Regularly Review and Adjust the Roadmap
    Jika berada dalam lingkungan agile, maka perubahan mungkin terjadi. Karena itu secara teratur harus meninjau dan memperbarui produk roadmap — antara setiap empat minggu untuk setiap tiga bulan tergantung pada betapa muda produk dan bagaimana dinamis pasar.

References

https://www.romanpichler.com/blog/10-tips-creating-agile-product-roadmap/