Bagaimana Cara Membuat Pikiran Tetap Tenang?

berpikir tenang

Kondisi yang tenang adalah tidak gelisah: tidak rusuh; tidak kacau; tidak ribut; aman dan tenteram (tentang perasaan hati, keadaan).

Bagaimana cara membuat pikiran tetap tenang?

Setiap kali ada masalah atau keadaan yang enggak sesuai dengan keinginanmu, sering kali panik dan rasa khawatir timbul. Kamu langsung enggak bisa berpikir dengan jernih dan enggak bisa mencari solusi. Akhirnya keputusanmu juga enggak tepat. Nah, makanya kamu harus berusaha selalu tenang.

Ketika merasa tertekan, terkadang tubuh menerjemahkan tekanan yang dirasakan sebagai sebuah serangan dan membawa kita untuk berada dalam ‘modus bertarung’ (tubuh seolah-olah disiapkan untuk bertarung). Keadaan ini memicu pengeluaran hormon-hormon seperti adrenalin yang dapat mempersempit pembuluh darah, mempercepat (dan memperpendek) napas, serta meningkatkan detak jantung. Seiring berjalannya waktu, otak Anda akan terbiasa dengan adanya respon panik yang ditunjukkan tubuh seperti itu. Hal ini dikenal juga sebagai reaktivitas otomatis (automatic reactivity).

Berikut beberapa tips agar bisa tetap tenang:

  1. Ketika kamu stress saat keadaan menjadi kacau, kendalikan amarahmu. Kamu juga harus tahu kalau kemarahanmu bisa menyebabkan ‘kekalahan.’ Mungkin kamu enggak pernah menyadarinya, tapi kamu akan menyesal setelahnya karena amarahmu menuntunmu untuk melakukan hal yang harusnya enggak kamu lakukan.

  2. Ketika kamu menemukan ketidakadilan atau ketidaksesuaian, jangan langsung naik pitam. Cari tahu dulu apa yang terjadi. Analisa masalah yang sedang terjadi. Baru kemudian kamu bisa memikirkan langkah apa yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

  3. Menenangkan diri pada situasi yang dihadapi. Salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri ketika merasa tertekan adalah berhenti berinteraksi dengan penyebab stres (jika memungkinkan). Terkadang, berhenti sejenak selama beberapa detik sebelum Anda kembali menangani masalah cukup efektif untuk membuat Anda lebih tenang

  4. Terkadang, kita terlalu memikirkan apa yang pernah terjadi di masa lalu sampai kita merasa tertekan. Anda tidak dapat mengubah masa lalu, namun Anda dapat menanggapi apa yang ada saat ini dan mempersiapkan untuk masa depan.

  5. Anda harus mencoba membuat rencana dan keputusan jika Anda sedang merasa tenang dan rileks. Jika Anda merasa tertekan atau marah, penilaian yang Anda buat mungkin tidak adil sehingga Anda cenderung membuat keputusan yang terburu-buru dan kurang bermanfaat.

Berikut adalah tips untuk menenangkan pikiran.

meditasi

Kedamaian pikiran sebenarnya mudah kita capai ketika kita mulai belajar untuk sejenak meninggalkan rutinitas kita selama ini. Seperti halnya tubuh yang perlu istirahat, demikian pula pikiran perlu beristirahat. Kita bisa mengistirahatkan pikiran dengan melakukan meditasi . Meditasi sangat baik karena membantu kita belajar mengenali kesadaran. Sering kita beraktifitas namun dalam melakukan gerakan atau aktifitas tersebut kita tidak menyadarinya atau lebih tepatnya kita tidak hadir di masa sekarang. Seperti halnya ketika sekarang kita membaca, maka kita perlu menyadari dalam pikiran dan rasa kita bahwa kita sedang membaca dan bukan hanya sekedar menjalankan aktifitas membaca.

Cara lain agar hati pikiran tetap tenang adalah dengan cara selalu mendekatkan diri pada Tuhan. Sangat perlu dalam dunia ini yang sudah semakin tua untuk semakin mendekatkan diri pada Tuhan. Mendekatkan diri pada Tuhan hingga sampai pada level merasa dekat. Mendekatkann diri pada Tuhan tentu saja tidak hanya terbatas menjalankan ritual agama semata, kita juga perlu merasakan kedekatan itu di dalam hati kita. Dengan kita merasa dekat dengan Tuhan akan tercermin dalam tingkah laku kita sehari hari , dalam pikiran kita juga akan kelihatan. Ketika mendapati masalah kita tidak akan panik melainkan menyikapinya dengan lebih tenang yang membuat semuanya terasa lebih mudah.

Tidak hanya dua cara saja agar hati pikiran tetap tenang, kita juga bisa gunakan cara hipnoterapi. Hipnoterapi membantu kita untuk merelaksasikan tubuh fisik dan juga pikiran kita. Jadi kita dapat semuanya. Dengan melakukan hipnoterapi kita bisa merasakan tubuh kita jauh lebih segar dan jauh lebih damai dan nyaman. Hipnoterapi berfungsi untuk kita bisa melepaskan semua beban emosi dan pikiran yang selama ini bercokol di tubuh kita dengan efektif. Ketik kita melakukan hipnoteterapi kita bisa merasakan perubahan nyata dalam tubuh fisik dan pikiran kita. Banyak orang yang stress atau cemas sangat terbantu dengan motode hipnoterapi. Mereka yang cemas dan stress karena pikiran mereka tegang terus . Dengan melakukan hipnoterapi maka pikiran bisa jauh lebih kendor dan badanpun lebih ringan dan lebih merasakan mampu mengatasi semua masalah yang ada.

Kita juga bisa mendapatkan peace of mind dengan cara kita berderma. Kita bisa mendapatkan ketenangan lebih dalam hati ketika kita mulai mengucap syukur dalam bentuh berderma. Dengan kita berderma didasari rasa syukur maka vibrasi ketenangan ini akan muncul dari hati kita yang paling dalam. Setiap kali kita berderma dengan rasa syukur , jika kita melakukannya, pasti akan muncul rasa yang sungguh luar biasa dalam hati yang tidak bisa digambarkan dengan kata kata. Berderma bukan atas dasar kasihan, berderma bukan atas dasar ingin mendapatkan timbal balik dari Tuhan. Berdermalah dengan dilkitasi rasa syukur, dilkitasi dengan rasa kebahagiaan atas berkat yang telah Tuhan berikan selama ini pada diri kita. Jadi ketika kita berderma siapkan batin kita terlebih dahulu dan asal jangan transfer atau memberikan uang saja tanpa ada lkitasan syukur didasar hati kita. Jumlah derma tergantung pada kemampuan finansial kita masing masing, tergantung pada kesanggupan kita.

Dengan tenangnya diri kita baik fisik maupun mental, sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari akan jauh lebih semangat. Dan tentu kita jadi bisa melakukan multitasking lebih tenang karena pikiran sudah bersih alias segar kembali setelah proses penenangan pikiran tersebut.