Bagaimana Cara Membuat Pikiran Kita Rileks?

membuat pikiran kita rileks

Rileks adalah suatu kondisi ketika pikiran kita tidak stress dan tegang, biasanya ketika kita rileks, kita dapat belajar dengan lebih fokus, dan mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan akurat.

Bagaimana cara membuat pikiran kita rileks ?

Tugas yang banyak, pekerjaan yang menumpuk, atau mungkin masalah yang ada dapat membuat pikiran kita tidak tenang. Hal hal itu dapat membuat kita menjadi stres dan tidak bahagia. Sebenarnya, untuk melatih otak kita menjadi tenang adalah hal yang tidak begitu sulit. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti bermediasi, melakukan aktifitas yang lebih sehat seperti olahraga, melakukan aktifitas yang tenang seperti mendengarkan musik, dan menghindari pemicu dari stress kita seperti sosial media. Ketika anda menemukan metode yang bekerja bagi anda, lakukan metode itu dan latih terus. Pada waktunya, anda akan bisa rileks dengan waktu yang lebih cepat dan cara yang lebih mudah.

Metode pertama adalah meditasi, yaitu dengan melakukan latihan menarik nafas yang dalam. Lakukan hal ini setiap hari dan ketika anda stres untuk mengurangi ketegangan anda. Pertama tama tutup bibir anda, hiruplah udara sedalam dalamnya dan usahakan 4 detik. Selanjutnya tahan nafas anda selama 8 detik, lalu lepaskan nafas anda selama 8 detik. Lakukan hal tersebut selama 4 kali.

Metode kedua adalah dengan melakukan perenggangan otot. Kita dapat melakukanya dengan menegangkan otot kita terlebih dahulu, lalu merilekskan oto kita. Merilekskan otot otot kita yang sebelumnya telah tegang dapat membantu mental kita, dan membuat pikiran kita berada dalam kondisi sama seperti tubuh kita, yaitu rileks. Langkah langkahnya adalah, mulai dengan menegangkan otot otot anda, seperti meregangkan tangan, tubuh dan lain lain. Lakukan dari otot kepala anda sampai kaki anda. Tahan otot yang anda tegangkan untuk 5-10 detik sebelum anda melepaskannya.

Metode ketiga adalah dengan melakukan kebiasaan yang sehat. Contoh kebiasaan pertama adalah dengan berlatih yoga. Hal terbaik untuk memulai kebiasaan ini adalah dengan melakukan kelas yoga bersama sama dengan instruktur yoga. Hatha yoga adalah yoga yang paling dasar dan memiliki manfaat yang baik dalam relaksasi. Hindari melakukan yoga jika anda memiliki masalah tubuh seperti osteoporosis atau resiko darah beku. Kebiasaan lainya adalah dengan meminum banyak air. Air berperan penting dalam menjaga tubuhmu agar segar dan melepaskan racun racun.

Hal ini dapat membantu anda untuk menjadi lebih fokus dan lebih rileks. Kebiasaan baik lainya adalah dengan berolahraga. Olahraga berpengaruh pada hormon endorfin yang akan memberikan perasaan senang kepada anda. Lakukan olahraga secara sendiri, temukan area di gym yang sepi, sehingga anda tidak diganggu oleh orang disekitar anda.

Cobalah untuk menemukan olahraga yang tidak begitu membutuhkan pikiran seperti berenang, dan berlari. Kebiasaan baik yang lain lagi adalah dengan berpartisipasi didalam aktivitas favorit anda. Seperti bermain basket bersama teman, bermain sepak bola, atau bermain band. Hal ini akan membantu membersihkan pikiran anda dan menurunkan ketegangan anda.

Metode keempat adalah melakukan kegiatan yang dapat membuat ada rileks. Yang pertama adalah dengan membuat diri anda berada dalam aktifitas yang tidak begitu membutuhkan pikiran dan terulang ulang. Seperti dengan menggambar, menyanyi, menyapu, mengepel, dan lain lain. Yang kedua adalah dengan mendengarkan lagu lagu santai. Hindarilah lagu lagu yang berinstrumen keras dan suaranya kencang, karena akan mempersulit anda untuk merileksan pikiran anda ketika mendengarkan musik ini. Selain musik dari lagu, anda juga mendengarkan suara suara dari alam seperti ciutan burung, suara air laut, samudera, dan hutan. Coba untuk mendengarkan musik yang memiliki banyak pengulangan dan vokal yang tak begitu banyak. Aktivitas lainya adalah dengan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan anda. Penelitian menunjukan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan hewan, atau menyentuh hewan dapat mengurangi tekanan darah mereka.

Metode terakhir adalah dengan menghindari hal hal yang dapat membuat anda stres. Seperti dengan mematikan handphone anda untuk sementara dengan tujuan menghindari sosial media. Mematikan laptop anda, televisi anda, dan menghabiskan waktu sendirian.

Hal hal diatas merupakan metode metode untuk mengurangi stres dan merilekskan pikiran kita.

Referensi:

Ketika pekerjaan dirasa terlalu berat ataupun tidak ada waktu untuk beristirahat, tentunya kita merasa jenuh bahkan bisa-bisa membuat pikiran kita stres. Jika kita stres, apa saja bisa terjadi dan tentunya diluar kendali kita atu kemauan kita. Banyak kasus yang terjadi akibat orang tersebut stres dan tidak bisa menjernihkan pikirannya. Contohnya jika kita stres kita bisa melakukan tindakan kriminal bahkan bunuh diri. Hal tersebut adalah tindakan yang sia-sia untuk kita lakukan sebagai akibat dari stres. Oleh karena itu, untuk menghindari stres dibutuhkan relaksasi terhadap jasmani maupun rohani kita. Dengan kita sering melakukan relaksasi, dijamin stres akan hilang dan kita dapat melakukan pekerjaan dengan senang hati. Terdapat pula cara-caranya sebagai berikut :

1. Meditasi

Langkah yang pertama adalah meditasi. Meditasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah lakukan latihan atau exercise tarik nafas dalam-dalam dengan cara tarik nafas lewat hidung lalu hembuskan lewat mulut. Cara ini sangat berpengaruh untuk merelaksasi pikiran kita. Yang kedua, meditasi bisa kita lakukan dengan berdiam diri membayangkan sesuatu atau tempat yang menenangkan dan indah dengan fokus dan memjamkan mata. Ketiga bisa juga dengan melakukan peregangan otot. Hal ini berguna supaya tubuh kita bugar kembali setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan.

2. Lakukan Kebiasaan yang Menyehatkan

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan juga untuk menyehatkan tubuh kita. Yang pertama dan yang paling mudah adalah biasakan diri anda utuk minum air mineral dengan jumlah yang banyak setiap harinya. Pakar menyarankan agar kita meminum air setidaknya 8 gelas air per harinya. Air ini selain menyehatkan, juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih relelaks. Yang kedua kita juga bisa melakukan yoga secara rutin. Yoga membuat pikiran anda tenang dan dapat membuath tubuh anda selalu bugar. Lalu bisa juga dengan memakan makanan yang dapat menstimulus kebahagiaan seperti coklat. Selain itu, sebisa mungkin lakukan olahraga atau lakukan aktivitas favorit anda secara rutin agar terhindar dari rasa bosan.

3. Lakukan Aktivitas yang Membuat Relax

Banyak sekali aktivitas yang dapat membuat anda tenang dan bahagia. Yang pertama lakukan sesuatu yang tidak membuat anda berpikir keras. Contohnya adalah menyapu lantai dan membereskan barang-barang lainnya. Hal ini dapat mengisi waktu luang anda ketika sedang libur atau tidak ada jam kerja. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang membuat anda sibuk sehingga membuat anda stres. Yang kedua anda bisa juga mendengarkan musik yang lembut dan membuat anda menikmatinya sambil bersantai. Hal itu dapat merelaksasi pikiran dan membuatnya lebih fresh. Kemudian anda bisa juga berjalan-jalan di pagi atau sore hari untuk mencari udara segar yang jauh dari kesibukan. Jika kita sedang libur, sebisa mungkin ajak keluarga kita untuk liburan ke suatu tempat yang menenangkan dan jauh dari keramaian.

4. Hindari Hal yang Dapat Membuat Stres

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebisa mungkin hindarilah hal yang dapat mebuat stres seperti sosial media. Sosial media merupakan platform dimana kita bisa berinteraksi dengan orang banyak tanpa harus bertemu dengan mereka. Di sosial media juga terdapat berita-berita yang masih diragukan kebenarannya. Sosial media ini juga bisa membuat anda menjadi kecanduan sehingga tidak memperhatikan interaksi sosial di lingkungan sekitar. Jika anda mulai meras stres, jauhilah sosial media tersebut dan mulailah berinteraksi secara langsung, bercengkrama, dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang berada di dekat anda. Yang kedua berilah anda waktu untuk sendiri.

Cobalah beristirahat, kemudian luangkan waktu untuk berpikir sejenak, serta hindari interaksi sosial yang malah dapat membuat anda semakin stres. Dan yang terakhir adalah hindari apa saja hal yang menurut anda akan membuat anda stres. Contohnya menerima pekerjaan diluar kemampuan anda. Meskipun upah yang anda terima bernilai besar, tapi apa gunanya kita melakukan pekerjaan jika tidak dilakukan dengan hati yang bahagia.

1. Lakukan latihan pernapasan dalam.

Meskipun idenya mungkin tampak jelas, latihan pernapasan yang mendalam rupanya membuat keajaiban untuk menenangkan pikiran Anda. Berlatihlah ini setiap hari dan pada saat stres untuk membantu menenangkan kecemasan Anda. Tutup mulut Anda dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda. Usahakan waktu menghirup ini sehingga berlangsung selama empat detik. Tahan napas Anda selama delapan detik, lalu keluarkan napas Anda selama hitungan delapan detik. Ulangi total empat kali.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk memperlambat pernapasan Anda sejauh ini, mulailah dengan kecepatan lebih cepat dan perlahan-lahan lanjutkan dengan cara Anda sampai waktu yang lebih lama. Merasa bebas untuk menyesuaikan waktu setiap nafas dan hembusan napas berlangsung, tapi pastikan bahwa hembusan napas Anda berlangsung dua kali selama inhale Anda. Jeda di antara setiap napas.

2. Berlatih meditasi, atau mencoba bersukacita dan doa.

Inilah proses membersihkan pikiran Anda dengan memusatkan perhatian pada pemikiran, tempat, kata, warna, atau objek tertentu. Bermeditasi, duduk (berlutut atau berbaring) dalam posisi yang nyaman dan pikirkan (atau berdoa) tentang satu hal yang spesifik. Mungkin perlu waktu lebih dari sepuluh menit untuk benar-benar membersihkan pikiran Anda, tapi itu normal.

Anda bisa duduk atau berbaring saat bermeditasi, namun jaga agar mata tetap tertutup untuk membantu Anda fokus secara mental / spiritual.

Adalah hal yang normal jika pikiran gelisah mengganggu meditasi Anda. Cobalah untuk mengabaikannya sebaik mungkin, dengan sengaja memusatkan perhatian pada (menghargai / memuji) satu hal yang spesifik.
Gunakan citra terpandu untuk membantu membersihkan pikiran Anda. Bayangkan sebuah tempat, nyata atau fiktif, di mana Anda merasa damai dan bebas stres. Fokuslah untuk berada di tempat ini, termasuk rincian seperti apa dan bagaimana perasaan Anda di tempat ini.

Bermeditasi selama yang Anda mau, tapi beristirahat setidaknya selama sepuluh menit setelah Anda berhasil membersihkan pikiran Anda terbukti bermanfaat bagi tingkat stres dan fokus keseluruhan.
Bermain menenangkan musik, suara atau ungkapan lagu yang positif (seperti: “Saya hanya merasa sesuatu yang baik akan terjadi. Saya hanya merasa sesuatu yang baik sedang dalam perjalanan …”) dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada meditasi Anda Selalu lakukan apapun yang diperlukan agar Anda merasa paling nyaman.

Meditasi telah terbukti memiliki manfaat kesehatan selain menyebabkan relaksasi mental, termasuk menurunkan tekanan darah, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi.

3. Cobalah visualisasi.

Ini serupa dengan citra terpandu dalam meditasi, di mana Anda membayangkan pemandangan yang damai. Bayangkan adegan di kepala Anda selama yang Anda mau, tapi fokuskan semua pemikiran dan energi Anda untuk memvisualisasikan tempat ini di dalam pikiran Anda.

4. Lakukan relaksasi otot progresif.

Ini adalah proses dimana Anda tegang dan kemudian rileks semua otot di tubuh Anda. Bersantai otot-otot Anda setelah mereka mengalami ketegangan mengubah keadaan mental Anda, dan membantu pikiran Anda agar sama-sama ditenangkan tubuh Anda.

Mulailah dengan menegangkan otot di wajah Anda satu per satu. Ini mungkin termasuk mengerutkan kening, merajut alis Anda, meremas dahi Anda, dan menyetel rahang Anda. Kemudian, biarkan setiap otot rileks.
Saat Anda selesai dengan wajah Anda, turunkan tubuh Anda sampai Anda melakukan ini dengan semua otot Anda.

Pegang otot tegang selama 5-10 detik masing-masing sebelum melepaskan untuk mendapatkan relaksasi paling banyak dari prosesnya.

5. Berlatihlah yoga.

Yoga adalah jenis peregangan dan latihan dengan dampak rendah yang membantu mengendurkan otot di tubuh Anda. Karena Anda harus fokus pada setiap pose yoga, pikiran Anda tidak membiarkan ruangan merenungkan stres dan dipaksa memasuki keadaan damai.

Cara terbaik adalah memulai yoga adalah dengan mengambil kelas yoga. Kelas yoga dibuat untuk menciptakan keadaan relaksasi, meski mungkin ada banyak orang yang hadir. Carilah instruktur atau kelas lokal di gym terdekat.

Hatha yoga adalah gaya yoga yang paling mendasar dan sangat bagus untuk relaksasi. Carilah hatha yoga pose yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Hindari melakukan yoga jika Anda memiliki masalah fisik seperti hernia disk, osteoporosis, atau Anda berisiko mengalami penggumpalan

6. Minum banyak air.

Air penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik dan bebas dari racun, yang membantu pikiran Anda untuk fokus lebih baik. Untuk membantu latihan relaksasi lainnya, banyak minum air putih.

7. Konsumsilah makanan yang mempromosikan relaksasi.

Makanan tertentu membantu menurunkan hormon yang terkait dengan rasa cemas sekaligus meningkatkan hormon yang bertanggung jawab untuk menciptakan rasa bahagia dan damai.

Makanan tinggi dalam bantuan selenium dalam menurunkan kecemasan dan depresi, dan termasuk kacang-kacangan (terutama kacang Brazil), jamur shiitake, dan tuna, cod, atau salmon.

Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi, seperti bayam, biji labu, dan halibut.
Carilah makanan dengan kandungan tryptophan tinggi, karena ini membantu menghasilkan serotonin kimiawi yang meningkatkan kebahagiaan. Cobalah coklat gelap, kacang-kacangan, dan daging merah

8. Berolahraga secukupnya.

Latihan bertanggung jawab untuk melepaskan endorfin, yang pada gilirannya menciptakan perasaan bahagia. Cobalah melakukan sedikit latihan setiap hari untuk membantu menenangkan pikiran Anda setelah menghadapi jadwal stres.

Berolahraga di tempat yang sepi atau sediakan waktu agar Anda sendiri. Jika Anda berolahraga di gym Anda, carilah area atau ruangan yang kebanyakan sepi, sehingga Anda tidak terganggu oleh pikiran akan hal-hal di sekitar Anda. Cobalah untuk menemukan latihan berulang yang tidak berperasaan untuk berpartisipasi. Ini mungkin termasuk berenang atau berlari lap.

Sumber : https://ww.wikihow.com/Relax-Your-Mind

Ketika pekerjaan dirasa terlalu berat ataupun tidak ada waktu untuk beristirahat, tentunya kita merasa jenuh bahkan bisa-bisa membuat pikiran kita stres. Jika kita stres, apa saja bisa terjadi dan tentunya diluar kendali kita atu kemauan kita. Banyak kasus yang terjadi akibat orang tersebut stres dan tidak bisa menjernihkan pikirannya. Contohnya jika kita stres kita bisa melakukan tindakan kriminal bahkan bunuh diri. Hal tersebut adalah tindakan yang sia-sia untuk kita lakukan sebagai akibat dari stres. Oleh karena itu, untuk menghindari stres dibutuhkan relaksasi terhadap jasmani maupun rohani kita.

Dengan kita sering melakukan relaksasi, dijamin stres akan hilang dan kita dapat melakukan pekerjaan dengan senang hati. Terdapat pula cara-caranya sebagai berikut :

  1. Meditasi
    Langkah yang pertama adalah meditasi. Meditasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah lakukan latihan atau exercise tarik nafas dalam-dalam dengan cara tarik nafas lewat hidung lalu hembuskan lewat mulut. Cara ini sangat berpengaruh untuk merelaksasi pikiran kita. Yang kedua, meditasi bisa kita lakukan dengan berdiam diri membayangkan sesuatu atau tempat yang menenangkan dan indah dengan fokus dan memjamkan mata. Ketiga bisa juga dengan melakukan peregangan otot. Hal ini berguna supaya tubuh kita bugar kembali setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan.

  2. Lakukan Kebiasaan yang Menyehatkan
    Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan juga untuk menyehatkan tubuh kita. Yang pertama dan yang paling mudah adalah biasakan diri anda utuk minum air mineral dengan jumlah yang banyak setiap harinya. Pakar menyarankan agar kita meminum air setidaknya 8 gelas air per harinya. Air ini selain menyehatkan, juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih relelaks. Yang kedua kita juga bisa melakukan yoga secara rutin. Yoga membuat pikiran anda tenang dan dapat membuath tubuh anda selalu bugar. Lalu bisa juga dengan memakan makanan yang dapat menstimulus kebahagiaan seperti coklat. Selain itu, sebisa mungkin lakukan olahraga atau lakukan aktivitas favorit anda secara rutin agar terhindar dari rasa bosan.

  3. Lakukan Aktivitas yang Membuat Relax
    Banyak sekali aktivitas yang dapat membuat anda tenang dan bahagia. Yang pertama lakukan sesuatu yang tidak membuat anda berpikir keras. Contohnya adalah menyapu lantai dan membereskan barang-barang lainnya. Hal ini dapat mengisi waktu luang anda ketika sedang libur atau tidak ada jam kerja. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang membuat anda sibuk sehingga membuat anda stres. Yang kedua anda bisa juga mendengarkan musik yang lembut dan membuat anda menikmatinya sambil bersantai. Hal itu dapat merelaksasi pikiran dan membuatnya lebih fresh. Kemudian anda bisa juga berjalan-jalan di pagi atau sore hari untuk mencari udara segar yang jauh dari kesibukan. Jika kita sedang libur, sebisa mungkin ajak keluarga kita untuk liburan ke suatu tempat yang menenangkan dan jauh dari keramaian.

  4. Hindari Hal yang Dapat Membuat Stres
    Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebisa mungkin hindarilah hal yang dapat mebuat stres seperti sosial media. Sosial media merupakan platform dimana kita bisa berinteraksi dengan orang banyak tanpa harus bertemu dengan mereka. Di sosial media juga terdapat berita-berita yang masih diragukan kebenarannya. Sosial media ini juga bisa membuat anda menjadi kecanduan sehingga tidak memperhatikan interaksi sosial di lingkungan sekitar. Jika anda mulai meras stres, jauhilah sosial media tersebut dan mulailah berinteraksi secara langsung, bercengkrama, dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang berada di dekat anda. Yang kedua berilah anda waktu untuk sendiri. Cobalah beristirahat, kemudian luangkan waktu untuk berpikir sejenak, serta hindari interaksi sosial yang malah dapat membuat anda semakin stres. Dan yang terakhir adalah hindari apa saja hal yang menurut anda akan membuat anda stres. Contohnya menerima pekerjaan diluar kemampuan anda. Meskipun upah yang anda terima bernilai besar, tapi apa gunanya kita melakukan pekerjaan jika tidak dilakukan dengan hati yang bahagia.