Bagaimana cara membuat peta konsep ?

Peta konsep

Peta konsep adalah suatu alat yang digunakan untuk menyatakan hubu-ngan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. Pro-posisi-proposisi merupakan dua atau lebih konsep-konsep yang dihubungkan oleh kata-kata dalam suatu unit semantik.

Bagaimana cara membuat peta konsep ?

Peta konsep adalah alternatif otak untuk berfikir pada garis yang linier. Peta konsep merupakan alat untuk berpikir yang luar biasa. Jika bisa diibaratkan, ini adalah pisau Swiss army dari otak kita. Peta konsep bisa jadi cara termudah untuk menaruh informasi ke otak kita dan mengeluarkan informasi dari otak kita. Ini merupakan cara kreatif dan efektif dan benar-benar mengeluarkan semua pemikiran kita. Dan membuat peta konsep sangatlah mudah.

Kita bisa membandingkan peta konsep dengan sebuah peta kota. Bayangkan, biasanya di tengah kota yaitu pusat dari kota tersebut. Sama halnya dengan peta konsep, yang berada di tengah-tengah sebuah peta konsep adalah pemikiran utama di dalam proses berpikir. Ada juga pemikiran sekunder yang merepresentasikan pemikiran-pemikiran yang lainnya.

Jika berbicara tentang peta konsep, kita juga berbicara tentang orang-orang jenius di luar sana yang menggunakan peta konsep sebagai elemen utama dan menjadikannya sebagai panduan untuk membuat pemikiran mereka terealisasikan. Peta konsep bahkan juga membantu mereka untuk membuat loncatan untuk kedisiplinan mereka. Alasan mengapa mereka menggunakan bahasa yang kuat untuk mengorganisasikan, mengembangkan, dan mengingat pemikiran mereka karena otak kita mempunyai bakat dalam pengenalan visual dan ini merupakan faktanya.

Ini mengapa kita lebih mengingat sebuah informasi saat kita menggunakan gambar dalam merepresentasikannya.

Ada tujuh cara untuk membuat sebuah peta konsep, antara lain:

1. Mulai di tengah kertas kosong
Kenapa? Karena memulai di suatu titik tengah memberikan otak kita kebebasan untuk menyebarkan semua informasi ke segala arah dan lebih mengekspresikan lebih bebas dan lebih natural.

2. Buat sebuah gambar atau foto di tengah ide anda tersebut
Kenapa? Karena sebuah gambar bisa merepresentasikan ribuan kata dan mengembangkan imajinasi kita untuk lebih berkembang.

3. Buat peta konsep tersebut berwarna
Kenapa? Karena otak kita berpikir bahwa warna sangatlah mengesankan, sama halnya pada gambar.

4. Sambungkan cabang utama ke gambar utama dan sambungkan juga cabang tingkat kedua dan ketiga ke yang pertama, kedua, dan seterusnya
Kenapa? Karena otak sangat senang sebuah persatuan. Otak kita suka menghubungkan banyak informasi sekaligus. Jika anda menghubungkan cabang-cabang tersebut, anda lebih mudah dalam mengingat.

5. Buat cabang tersebut melengkung-lengkung dibandingkan dengan garis lurus
Kenapa? Karena garis lurus membuat otak kita menjadi lebih bosan. Menggambar cabang seperti ranting pada pohon membuat gambar anda lebih menarik dan lebih disukai otak.

6. Gunakan satu kata kunci per garis
Kenapa? Karena satu kata membuat peta konsep lebih kuat dan fleksibel.

7. Buatlah gambar di sepanjang peta konsep tersebut
Kenapa? Karena satu gambar tadi merupakan rangkaian dari ribuan kata. Jadi jika satu gambar saja mewakili 10.000 kata yang ada di otak kita.

Referensi :
• Tony Buzan (Mind Mapping) - How To Make the Most of Your Creative Mind : Learning Technologies 2013
• The Ultimate Book of Mind Maps - Tony Buzan.pdf (PDFy mirror) https://archive.org/details/pdfy-MEuyCwZKGT3fqH56

Mind map adalah alat pemikir visual yang bisa diterapkan pada semua fungsi kognitif, terutama memori, pembelajaran, kreativitas dan analisis. Mind Mapping adalah proses yang melibatkan kombinasi yang berbeda antara citra, warna dan pengaturan spasial visual. Teknik memetakan pikiran Anda menggunakan kata kunci yang memicu asosiasi di otak untuk memicu gagasan lebih lanjut. Mind map dapat kita buat dengan cara manual atau dengan menggunakan aplikasi.

Langkah-langkah membuat suatu mind map adalah sebagai berikut :

1. Membuat dan merencanakan ide utama kita

Gagasan utama adalah titik awal dari Peta Pikiran Anda dan mewakili topik yang akan Anda jelajahi. Gagasan utama Anda sebaiknya berada di tengah halaman Anda dan harus menyertakan gambar yang mewakili topik Peta Pikiran. Ini menarik perhatian dan memicu asosiasi, karena otak kita merespons rangsangan visual dengan lebih baik. Dengan adanya gagasan utama ini, kita dapat lebih terfokus pada apa yang ingin kita capai atau kita lakukan atau intinya kita bisa tau apa inti dari mind map yang telah kita buat tersebut.

2. Tambahkan cabang-cabang pada Mind map kita

Setelah kita membuat sebuah central dari ide kita, maka kita perlu membuat cabang-cabang pada mind map kita. Cabang utama yang mengalir dari citra sentral adalah tema utama.kita bisa menambahkan cabang-cabang pada mindmap kita dengan sesuka hati kita. Keindahan Peta Pikiran adalah Anda dapat terus menambahkan cabang baru dan Anda tidak dibatasi hanya pada beberapa pilihan. Ingat, struktur Peta Pikiran Anda akan muncul secara alami saat Anda menambahkan lebih banyak gagasan dan otak Anda dengan bebas menarik asosiasi baru dari konsep yang berbeda.

3. Tambahkan kata kunci

Bila Anda menambahkan cabang ke Peta Pikiran Anda, Anda perlu memasukkan ide kunci. Prinsip penting Pemetaan Pikiran menggunakan satu kata per cabang. Sehingga lebih memudahkan dan menfokuskan pemikiran kita. Satu kata per cabang juga bekerja dengan baik untuk memasukkan informasi ke topik inti dan tema. Penggunaan kata kunci memicu koneksi di otak Anda dan memungkinkan Anda mengingat sejumlah besar informasi. Jadi akan lebih mudah bagi kita untuk memahami mind map kita sehingga mind map yang ktelah kita buat benar-benar dapat membantu kita. Tidak sedikit orang yang telah membuat mind map malah tidak mengerti dengan mind map yang mereka buat.

4. Beri warna identitas pada setiap cabang

Pemberian warna pada cabang-cabang di mind map membuat kita lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang ada dalam mind map kita. Karena warna membuat otak kita lebih mudah untuk mengolah informasi yang kita perlukan. Dengan penambahan warna pada mind map kita bisa membeda-bedakan fokus kita, misalnya warna hijau untuk rencana pendidikan, biru untuk rencana kedepan dan merah untuk hal-hal yang ingin kita capai.

5. Masukan gambar pendukung

Gambar memiliki kekuatan untuk menyampaikan lebih banyak informasi daripada sebuah kata, kalimat atau bahkan esai. Mereka diproses langsung oleh otak dan bertindak sebagai rangsangan visual untuk mengingat informasi. Lebih baik lagi, gambar adalah bahasa universal yang bisa mengatasi hambatan bahasa. Dengan memasukkan gambar pendukung pada mind map kita itu akan membuat kita lebih tertarik dan lebih ingat dengan apa yang ingin kita capai sesuai dengan apa yang kita buat dalam mind map kita.

Sumber :
https://imindmap.com/how-to-mind-map/

Sebelum kita membahas tentang cara membuat mind map , lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu mind map atau peta konsep.

Mind map atau peta konsep adalah informasi visual atau rencana yang di rangkum atau disusun secara rapi dan biasanya di gambarkan. Mind map memudahkan kita untuk menstruktur, mengorganisasi , mengingat , menyusun , pemikiran dan informasi pembelajaran ataupun rencana dengan cara yang khusus.

Mind mapping telah banyak berevolusi semenjak Tony Buzan memperkenalkannya pertama kali. Sekarang mand mapping telah menjadi alat utama bagi pelajar, pebisnis, dan individu lainnnya untuk mengontrol banyak nya informasi setiap harinya. Mind map sekarang bukan hanya tentang gambar (map) nya. Mind map sekarang mentransformasi sudut pandang dan cara berpikir kita ke dalam kehidupan sehari hari.

Beberapa manfaat dari mind map itu sendiri antar lain , meningkatkan kapasitas untuk melihat gambaran besar, meningkatkan kapasitas untuk melihat informasi secara detail, menginkatkan kemampuan untuk mengingat informasi kompleks, meningkatkan imaginasi, dan masih banyak lagi.

Berikut cara membuat peta konsep / mind map :

  1. Ambil selembar kertas besar , posisikan bebas , baik secara horizontal maupun vertical, tergantung keinginan pengguna
  2. Gambar topik yang jadi menjadi inti pembicaraan di tengah, usahakan berwarna
  3. Gambar minimal 4 cabang dari gambar sentral / gambar topik tadi ke arah luar . Usahakan tiap cabang warna nya berbeda
  4. Tulis kata kunci / hal hal pokok / gambaran besar dari topik utama yang tadi di setiap cabang
  5. Gambarkan cabang- cabang tambahan, dari cabang-cabang sebelumnya, disini akan diisi sub-topik dari kata kunci yang ditulis di cabang tadi
  6. Terus kembangkan kunci kunci topik tadi dengan sub – sub topik lainya , atau cabang- cabang lainnya.
  7. Hias dengan sebaik mungkin agar menambah daya tarik untuk menelaah maksud mind map

Peraturan dalam membuat mind map , agar mampu mengingat mind map dalam waktu lama:

  • Gunakan simbol – simbol untuk mengklasifikasi masing-masing tipe ide yang berbeda
  • Gunakan kata kunci yang tepat , simple tapi jelas
  • Gunakan tanda panah yang bervariasi dari segi warna ukuran maupun bentuknya
  • Gunakan kode-kode untuk memberi perhatian lebih pada bab-bab spesifik
  • Gunakan jarak yang ideal untuk masing-masing topik yang berbeda
  • Gunakan gambar untuk mendepskripsikan suatu topi secara jelas atau nyata
  • Buatlah pembatas untuk cabang-cabang spesifik
  • Buatlah gambar pusat yang mudah diingat dan gambar-gambar lain yang berhubungan
  • Gambar masing masing topik dengan bentuk yang berbeda
  • Gunakan variasi huruf besar dan huruf kecil
  • Gunakan variasi warna yang berbeda tiap cabang
  • Variasakan tiap gambar, warna, dan ukuran, untung merangsan memori dan ingatan.

Daftar Pustaka :