Bagaimana cara membuat perencanaan bisnis atau business plan yang baik ?

rencana_bisnis

(Amalia Laisa) #1

Rencana bisnis

Rencana bisnis adalah dokumen tertulis tentang masa depan bisnis, sebuah dokumen yang memberitahu apa yang direncanakan untuk dilakukan dan bagaimana berencana untuk melakukannya. rencana bisnis secara inheren strategis

Bagaimana cara membuat perencanaan bisnis atau business plan yang baik ?


(rafky sanjaya) #2

Perencanaan bisnis adalah langkah awal dalam memulai sebuah bisnis. Langkah ini bisa dibilang fundamental berkaitan dengan tujuan yang juga penting untuk kelangsungan bisnis kedepannya. Para pebisnis tentu sudah mengetahui mengenai hal tersebut, itu kenapa para pebisnis tidak pernah ketinggalan untuk menyusun perencanaan bisnisnya. Sama halnya seperti dengan kegiatan lainnya, bisnis yang memiliki perencanaan pasti jauh lebih jelas arahnya, dibandingkan dengan suatu bisnis tanpa perencanaan. Selain itu, ada tujuan lain yang dimiliki oleh sebuah perencanaan bisnis. Nah, berikut ini adalah beberapa hal mengenai tujuan dari perencanaan bisnis yang dimaksud yaitu:

  • Lebih Fokus

    Sesuatu yang sudah direncanakan tentu memiliki kelebihan tersendiri, jika dibandingkan dengan yang belum terencana. Begitupun dengan bisnis, sebuah bisnis apapun itu bentuknya, ketika sudah memiliki tujuan dari perencanaan bisnis dari awal tentu akan jauh lebih mudah dijalankan. Hal tersebut karena Anda akan dimudahkan dalam fokus pada satu titik.

  • Sarana Komunikasi dengan Pihak Lain

    Dalam sebuah perbisnisan tentu akan muncul para investor, kemudian distributor dan pihak lain dari luar yang akan berperan dalam pengembangan bisnis. Nah, mereka hanya akan memilih para pebisnis yang serius dengan bisnisnya dan memiliki tujuan dari perencanaan bisnis yang jelas. Serius di sini berarti mampu memprediksi langkah bisnis yang dikembangkan di masa depan. Anda akan tertolong dengan perencanaan bisnis. Kenapa? Karena salah satu keseriusan Anda akan terlihat dari program yangs sudah dirancang dengan baik dan tegas.

  • Mengetahui Estimasi Modal

    Modal selalu diikut campur dalam sebuah bisnis. Modal yang besar identik dengan bisnis yang besar pula, begitupun sebaliknya. Modal adalah salah satu faktor internal yang harus dimiliki oleh para pebisnis untuk merealisasikan gagasan. Modal tersebut akan terekam dengan baik dan jelas, ketika Anda memutuskan untuk membuat perencanaan bisnis. Dari sinilah nantinya Anda akan mengetahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh.

  • Mempermudah pengawasan

    Tujuan lain yang bisa Anda temui adalah adanya kemudahan dalam melakukan pengawasan. Kenapa pengawasan perlu? Karena apapun bisa terjadi dengan bisnis yang masih Anda jalankan. Sesuatu itu bisa buruk dan bisa baik. Yang kemudian menjadi perhatian adalah pengawasan terhadap hal buruk, karena bagaimanapun sebuah bisnis adalah usaha kolektif antar elemen produsen. Jangan menunggu rugi, baru kita mau melakukan pengawasan. Semakin dini, Anda menanggulangi kesalahan dalam bisnis, maka akan kecil kerugian yang akan Anda terima.

Seperti itulah beberapa tujuan dari perencanaan bisnis yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Hal lain yang juga tidak kalah penting dalam pembahasan ini adalah mengenai penyusunan bisnis plan . Langsung saja akan saya paparkan, yaitu:

  1. Kenali Bisnis

    Pelajari semua ide bisnis Aanda secara mendalam. Mulai dari peluang, pasar, pemasaran, dan bahkan para kompetitor. Analisis yang bisa digunakan adalah analisis SWOT. Sebuah analisis yang mampu membantu Anda dalam melihat keadaan internal dan eksternal bisnis yang akan dijalankan.

  2. Tentukan Arah

    Seperti yang sudah kita sepakati bahwa perencanaan bisnis bisa dibilang “kompas”nya bisnis. Penting posisinya untuk Anda membuat kompas sebaik mungkin, untuk mempermudahkan langkah selanjutnya. Karena ketika bisnis tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan, keuntungan yang akan didapatpun akan maksimal. Itulah point penting dari sebuah arah yang jelas.

  3. Tentukan Target Bisnis

    Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak suka dengan target. Target sudah seperti pegekang dalam bisnis, dan memang harus ada target untuk seorang pebisnis. Kenapa bisa saya katakan seperti itu? karena targetlah yang akan menjadi semau beroperasi sesuai tuntutan dan tepat waktu. Semakin Anda bersantai, bersiaplah untuk semakin tertinggal.

Demikianlah mengenai tujuan dan cara menyusun perencanaan bisnis (Business Plan) yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan. Selain tujuan perencanaan yang jelas, Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan bisnis plan bagi bisnis. Bisnis merupakan sebuah proses. Jadi, tidak ada piihan selain menikmati setiap step nya dengan bahagia. Semoga bermanfaat.


(Rapikandotcom) #3

Komen diatas sudah lengkap. Namun sebagai referensi tambahan yang tidak kalah penting, sobat bisa cek Perencanaan Bisnis yang Mantap. Terima kasih.