Bagaimana cara membuat pedoman belajar ?

membuat pedoman belajar

Saya adalah seorang mahasiswa baru. Karena ini saat peralihan ke masa kuliah, saya kebingungan dalam hal akademik. sepertinya saya membutuhkan sesuatu agar belajar saya menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat dengan mudah mencapai target saya.

Bagaimana cara membuat pedoman belajar ?

Bagaimana cara membuat pedoman belajar?
Pedoman belajar adalah alat yang dapat kamu gunakan agar belajarmu menjadi lebih terarah. Dengan menggunakan pedoman belajar kamu akan tahu apa yang akan kamu pelajari secara terstruktur. Sehingga belajarmu menjadi lebih efisien.

Membuat format pedoman belajar

Setiap orang memiliki tipe belajar berbeda yang cocok baginya. Kamu harus tahu apa tipe belajar yang cocok denganmu. Itu menentukan bagaimana tipe pedoman belajar yang akan kamu buat.

  • Penyuka visual
    Gunakanlah beberapa warna dalam pedoman belajarmu dan gunakan gambar yang menarik untuk memudahkan mengingat.

  • Pemikir beruntut
    Buatlah meteri menjadi terstruktur secara berurutan sesuai kronologi, alfabetis, dan tipe dapat memudahkan untuk belajar.

  • Menghubungkan dengan emosi
    Untuk memudahkan belajarmu, kamu dapat menghubungkan materi dengan suatu cerita-cerita pendek sebagai sarana mengingat sebuah materi tersebut.

  • Penghafal cepat
    Jika kamu adalah tipe penghafal cepat, kamu bisa merekam suaramu sendiri mengenai materi yang ingin kamu pelajari lalu mendengarkan kembali di iPod sepanjang hari.

Gambar peta konsep utama dan informasi prioritas

Peta konsep digambar dengan menentukan terlebih dahulu manakah materi pokoknya. Lalu buatlah cabang-cabang dari pokok tersebut yang berisi tentang rangkuman setiap sub pokok informasi/materi.

Contohnya adalah materi tentang perjuangan bangsa Indonesia setelah proklamasi. Judul utamanya “Perjuangan setelah proklamasi”. Lalu diberi cabang macam-macam dan daerah terjadinya, tokoh, tanggal, dan berhasil atau tidak.

Jika suatu saat kamu mendapatkan tugas untuk membuat artikel/essay dari materi tersebrt, maka kamu akan mudah untuk membuatnya dengan cara melihat peta konsep yang pernah kamu buat. Peta konsep tersebut menunjukkan apa saja garis besar dari materi tersebut. Jika masih sulit melakukannya, cobalah mencari cara lain.

Diagram informasi dapat membantu menggambarkan secara visual dari serangkaian langkah-langkah yang ada. Berurutan dari konsep utama dan selanjutnya adalah penjelasannya.

Metode ini sering diterapkan dalam pelajaran yang menjelaskan tentang kejadian atau sesuatu bersifat kronologis/berurutan seperti sejarah, politik, dan biologi.

Menggunakan grafik atau tabel

Buatlah panduan atau pedoman menggunakan grafik membandingkan materi yang saling memiliki keterkaitan dan tabel untuk membedakan materi apakan itu dan juga prioritasnya.

Sebagai contohnya adalah membuat tabel pengelompokan jenis-jenis tanaman. Dibagi menjadi beberapa kolom yang menyatakan kingdom, famili, dan genus. Jenis tabel seperti ini memudahkan kita dalam mengelompokkan sesuatu.

Kamu juga bisa menggunakan kolom perbandingan saat membaca beberapa literatur. Hal ini dapat memudahkan untuk mengingat informasi dari masing-masing literatur.

Menggunakan kartu sebagai media dalam menghafal kosa kata atau materi. Umumnya kartu ini dibuat dengan ukuran 5x7 inci dan berisi tentang materi yang sedikit sehingga memudahkan untuk dihafalkan. Cara ini sangat efektif dalam mempelajari kosa kata bahasa dan sejarah.

Tulislah 1 konsep kunci di bagian depan kartu dan kemudian digian belakan berisi tentang detail materinya. Kaitkan dengan konsep utama. Gunakan kartu tersebut untuk mengulang-ulang informasi yang ingin kamu hafalkan. Mintalah orang lain untuk melakukan tes kepadamu. Cara ini sangat baik untuk belajar kosa kata bahasa asing.

Membuat soal tes sendiri

Membuat tes latihan sendiri menjadi cara yang sangat baik agar bisa menguji kemampuanmu. Saat kamu membuat soal, kamu juga akan memikirkan kemungkinan apa saja materi yang akan ditanyakan. Hal itu bisa mengantisipasi pertanyaan yang sekiranya sulit untuk dijawab menjadikan kamu selangkah lebih maju dari yang lain.

Cobalah mencari tahu soal model apa yang akan diberikan. Apakan pilihan ganda, isian singkat, atau esai. Siapkan dengan membuat pertanyaan model itu. Biasanya pengajar akan memberikan soal tidak jauh dengan tahun-tahun sebelumnya. Coba cari tahu dari kakak tingkat kamu. Ini akan menjadi salah satu cara belajar yang baik, bahkan kamu bisa memprediksi soal apa yang akan diberikan.

Gunakan beberapa metode

Buatlah dengan beberapa metode menurut minatmu. Hal itu akan mendukung satu sama lain.
Beberapa orang akan menulis ulang catatan dan mengelompokkan materi ke dalam pedoman belajar dengan menggunakan tulis tangan. Memori anda akan lebih mudah menyimpan informasi saat kamu menulis dengan tangan.

Sebagai alternatif, jika kamu mempunyai masalah dengan tulisan yang kurang bagus sehingga malas untuk membaca, cobalah memanfaatkan komputer untuk membuatnya. Tetapi dengan tampilan yang menarik juga.

Sumber: http://www.wikihow.com/Create-Study-Guides

Seorang mahasiswa berbeda dengan siswa dimana kita dituntut untuk lebih mandiri lagi. Waktu kita akan lebih banyak diigunakan untuk belajar mandiri. Permasalahan yang sering terjadi pada mahasiswa baru adalah kesulitan dalam belajar mandiri atau belajar di luar jam kuliah karena sudah terbiasa sejak sekolah dasar belajar dengan dibimbing oleh seorang guru. Kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai bagaimana cara belajar yang efektif untuk mencapai target akademik.

Ketahui karakteristik cara belajar kita

Dalam dunia pendidikan terdapat 3 karakteristik cara sesorang dalam menyerap informasi yakni Auditory (mendengarkan), Visual (melihat), Kinaesthetic (bergerak atau melakukan sesuatu).

Cara belajar terbaik untuk karakteristik Auditory :

  • Membaca buku atau informasi dengan suara yang keras.
  • Merekam informasi yang didengar dan memutar ulang ketika belajar mandiri.
  • Mendengarkan musik ketika belajar
  • Berdiskusi dengan teman.

Cara belajar terbaik untuk karakteristik Visual :

  • Menggunakan pena berwarna ketika menulis.
  • Memvisualisasi semua informasi yang diterima seperti membuat diagram, tabel.
  • Menggunakan kertas berwarna

Cara belajar yang terbik untuk karakteristik kinaesthetic :

  • Berjalan ketika belajar
  • Menggerakkan salah satu anggota badan ketika belajar
  • Menggunakan bahasa tubuh ketika memahami sesuatu
  • Menggunakan salah satu jari untuk menulis di meja atau dimana saja ketika mengingat sesuatu.
  • Menulis ulang semua informasi yang telah diterima
  • Berdiskusi dengan teman

Mengatur waktu dengan baik

Mengatur waktu adalah hal yang tidak mudah. Untuk mengatur waktu sebaiknya kita buat jadwal kegiatan kita selama satu minggu dan kita harus komitmen dengan jadwal yang kita buat. Untuk mengatur waktu kita harus bisa menentukan prioritas kegiatan yang akan kita lakukan agar ketika ada jadwal yang tidak sesuai dengan rencana kita dapat mengantisipasinya.

Membuat catatan

Ketika kita belajar mandiri atau ketika mendapat materi dari dosen sebaiknya kita membuat cactatan. Dengan membuat catatan ingatan kita akan kuat karena ketika kita membuat catatan secara tidak langsung otak kita menyerap informasi lagi dari pa yang kita tulis. Selain menulis kita juga dapat membuat catatan dengan model diagram yang menarik. Seperti menggunakan diagram laba-laba yang sering dipakai oleh mahasiswa dalam menghubungkan inti pembahasan.

Membentuk pribadi yang bersemangat

Belajar setiap hari terkadang membuat seseorang menjadi jenuh dan akhirnya banyak yan tidak bersemangat lagi dalam belajar. Untuk menjaga semangat belajar kita, kita harus dapat memotivasi diri sendiri dengan membuat afirmasi diri, memikirkan sesuatu hal yang positif, membuat catatan di depan pintu.

Ketika kita dapat memotivasi diri sendiri kita akan lebih bersemangat lagi menyambut hari esok. Kita akan merasa bahwa hari esok adalah sebuah harapan menuju jalan kesuksesan.

Tingkatkan kemampuan membaca

Menjadi mahasiswa berarti kita akan banyak melakukan pembelajaran mandiri. Kita akan lebih sering membaca. Jika kemampuan membaca kita sudah lebih baik kita tidak akan kesulitan dalam mengerjakan tugas dan mancari informasi dengan cepat.

Sering berdiskusi

Berdiskusi adalah suatu kegiatan yang sangat besar damapaknya dalam proses belajar-mengajar karena ketika kita berdiskusi ilmu kita akan bertambah dan ilmu yang telah kita pelajari akan semakin kita ingat.

Dengan berdiskusi juga otak kita akan bekerja lebih keras karena ketika berikusi otak kita mengingat apa yang telah kita pelajari dan menganalisa informasi yang baru. Ketika beriskusi kita juga melati softskill kita dalam berkomunikasi.

Sumber : University Of Newastle Upon Tyne. 2004. Study Skills Giude.

Belajar yang baik bukanlah hanya belajar dengan keras melainkan juga harus belajar dengan cerdas.Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki banyak disiplin ilmu, kebanyakan dari mereka belum tahu cara belajar sebagi seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Seorang mahasiswa harus dapat mengembangkan kemampuan belajar yang efektif sehingga anda dapat belajar dengan cara yang lebih cerdas dan akan lebih berhasil di pendidikan anda.

Fakatanya masih banyak mahasiswa yang memandang belajar sebagai sesuatu yang sangat menakutkan, tetapi jika anda mengetahui dan menerapkan cara belajar yang efektif, maka belajar akan terasa menyenagkan dan tidak akan menyita waktu anda. Berikut adalah tips agar belajar anda menjadi efektif :

  1. Pahamilah bahwa belajar tidak sama dengan mengerjakan tugas rumah

    Kebanyakan siswa percaya bahwa mengerjakan tugas dan belajra dianggap sesuatu yang sama.Bagaimanapun belajar dan mengerjakan tugas adalah dua hal yang sangat berbeda. Pekerjaan rumah yang diberikan kepada kita merupakan suatu kewajiban yang memang harus dikerjakan oleh para siswa yang diberikan oleh guru.

    Tujuan umum tugas rumah adalah untuk memperkuat pemahaman kita terhadap materi yang telah diberikan di kelas, tugas ini memungkingkan memberikan latihan extra sehingga anda dapat mengasah pemahamam dan ketrampilan anda dengan mengerjakan tugas rumah tersebut.

    Belajar, di sisi lain, mengacu pada waktu yang dihabiskan siswa sendiri untuk membahas materi yang mereka pelajari di kelas. Banyak siswa berpikir bahwa belajar hanya dilakukan untuk mempersiapkan ujian.

    Sebenarnya pengertian dari belajar adalah menyisihkan waktu untuk belajar kembali dan memastikan bahwa anda memahami semua konsep yang anda pelajari di kelas sehingga anda tidak ketinggalan materi. Secara garis besar belajar dapat berupa membuat flashcards, mencatat secara rinci, membuat garis besar, dan membaca.

  2. Pilih tempat yang sepi untuk belajar

    Penting agar anda menemukan tempat yang sepi dimana anda dapat melakukan studi anda. Temukan tempat yang tidak mengganggu anda dalam belajar. Misalnya jika anda mudah terganggu anda sebaiknya jangan belajar di tempat yang ramai seperti di depan televisi.

    Sebagai gantinya pilihlah ruang yang sepi seperti perpustakaan,toko buku, ataupun dimanapun aslkan tidak menganggu anda dalam belajar dan hindari tempat yang ramai akan orang yang sedang bersosialisasi. Selain itu ada juga orang yang belajar sambil mendengarkan musik.

    Pada intinya pilihlah lingkungan yang menurut anda nyaman jika digunakan untuk belajar.

  3. Tetapkan waktu tertentu untuk belajar

    Sama seperti anda jika mempunyai janji atau komitmen lain, tandai waktu khusus di kalender anda yang anda dedikasikan khusus untuk waktu belajar. Pilih hari dan waktu tertentu yang paling sesuai menurut diri anda dan anda harus berkomitmen untuk belajar pada waktu tersebut.

    Hal ini juga membantu anda dalam menghargai waktu. Dalam belajar penuhilah juga kebutuhan diri anda, seperti membuat kopi terlebih dahulu sebelum belajar, istirahat sebentar jika mata mulai lelah sehingga otak kembali fresh.

  4. Jaga pandangan positif tentang belajar

    Banyak siswa yang takut belajar, mungkin karena mereka tidak melakukanya dengan benar atau mereka beranggapan bahwa belajar tidak membuat mereka menjadi sukses. Selalu berpikiran positif tentang belajar akan membuat anda merasa nyaman dan enjoy saat belajar. Meskipun anda dihadapkan dengan topik yang menantang anda akan tetap bersikap tenang dan tidak merasa terbebani jika anda harus belajar lagi dengan keras.

    Sehingga akan membantu anda memahami materi dan mengasah kemampuan anda dalam menyelesaikan suatu masalah dengan metode-metode yang tepat.Anda akan mengesplorasi metode studi secara lebih rinci dan mempelajari ketrampilan belajar penting yang akan membuat anda lebih mudah bersikap positif.

  5. Jangan Menunda-Nunda

    Anda mungkin diperingatkan untuk tidak menunda nunda waktu untuk belajar, tapi mungkin anda tidak mengetahui apa kerugian jika anda menunda-nunda waktu untuk belajar. Tidak hanya membuat waktu belajar anda menjadi singkat menunda pekerjaan dapat membuat belajar di bawah tekanan, walaupun dengan belajar singkat dapat membuat skor di ujian anda menjadi tinggi namun metode ini tidak akan belangsung lama.

    Setelah ujian pasti materi yang anda pelajari hanya dengan semalam akan hilang. Untuk itu belajar dengan teratur akan lebih efektif daripada belajar yang ditunda tunda. Hasilnya pun akan terlihat jika anda telah lulus nanti.

Sumber :