Bagaimana cara membuat pakan untuk Burayak Koi ?

ikan koi

Burayak atau anakan ikan membutuhkan pakan khusus karena ukuran mulutnya masih sangat kecil. Pakan biasa saja seperti cacing atau pelet tidak mau dilahap oleh burayak ini. Bagaimana cara membuat pakan untuk Burayak Koi ?

Salah satu pakan yang bisa dijadikan pakan untuk anakan koi adalah kutu air. Kutu air mempunyai gizi yang bagus untuk anak ikan dan mempunyai ukuran yang kecil.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membudidayakan kutu air memakai kol :

  1. Anda membutuhkan kol sebagai bahan bakunya. Kol dipilih karena sayuran ini telah terbukti sanggup menarik perhatian kutu air untuk berdatangan hingga membuat sarang. Jadi Anda sama sekali tidak perlu membeli starter. Gunakanlah kol yang sudah hampir busuk sehingga gampang hancur saat direndam di dalam air.

  2. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk menampung air dan kol. Wadah tersebut sebaiknya dipilih yang cukup luas, tetapi tidak terlalu tinggi. Jika Anda tidak mempunyai ember yang besar, buatlah kolam untuk beternak kutu air ini dari beton atau terpal.

  3. Masukkan air secukupnya ke dalam wadah tadi. Tidak perlu terlalu penuh, cukup sampai seluruh area wadah terisi oleh air. Anda harus menggunakan air yang diambil dari sumur atau sungai yang telah didiamkan selama semalaman sehingga kotorannya mengendap.

  4. Kol dibersihkan seperlunya di bawah air mengalir. Kemudian masukkan semuanya ke dalam wadah tadi. Agar tidak menjadi sarang nyamuk, maka wadah tersebut perlu ditutup rapat. Namun jika Anda juga membutuhkan jentik-jentik nyamuk untuk pakan ikan dewasa, silakan biarkan wadah tetap terbuka.

  5. Lama proses budidaya kutu air ini biasanya akan berlangsung dalam waktu seminggu. Selama proses ini, air yang tadinya jernih akan berubah warna menjadi kehitam-hitaman akibat tercemar dari kol yang membusuk. Biarkan air tersebut dan jangan pernah mengaduknya. Seiring berjalannya waktu, kotoran akan mengendap di dasar air sehingga air pun terlihat jernih kembali. Biasanya setelah air berubah warna menjadi jernih kembali ini juga tampak kutu-kutu air yang berjumlah sangat banyak di dalam wadah tersebut. Kutu air ini bisa dipanen menggunakan saringan yang sangat halus untuk selanjutnya diberikan kepada burayak ikan.

Sumber : Cara Membuat Pakan Burayak dari Kol - Tips Ikan